Berita

Konsep Pengembangan Inovasi Gedung Ecology Learning Center VEDC Malang

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 10 June 2014 Last Updated on Wednesday, 11 June 2014 Published Date Written by alpha

Global Warning menjadi isu permasalahan di dunia yang menjadi dampak perubahan iklim secara ekstrim,pembangunan tanpa memperhatikan lingkungan sekitar yang berakibat merusak ekosistem lingkungan. Pembangunan sebuah gedung tidak hanya memperhatikan aspek Estetika

atau keindahan saja tetapi perlu proses desain perencanaan yang memperhatikan wawasan dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Banyak pembangunan gedung tanpa konsep yang matang dan terencana. Departemen bangunan yang mempunyai peran dan tugas dalam pengembangan pendidikan   saat belum mempunyai tempat pengembangan  inovasi dan penggunaan teknologi tepat guna.

Berangkat dari permasalah yang ada maka VEDC Malang perlu suatu tempat atau wadah suatu gedung yang berfungsi  tempat  pusat pembelajaran desain bangunanan yang berdasarkan  ekologi lingkungan sekitar dan penggunaan teknologi bahan bangunan yang ramah lingkungan.dan diharapkan menjadi pelopor maupun landmark VEDC Malang sebagai pusat pendidikan dan perkembangan teknologi yang terdepan.

 9 - 10 April 2014 Departemen Bangunan yang meliputi semua prodi yang terkait mengadakan pertemuan ( meeting ) departemen membicarakan tentang perencanaan konsep desain dan pembangunan suatu gedung berdasarkan berwawasan lingkungan ,teknologi tepat guna dan efisiensi penggunaan energi yaitu pengembangan inovasi gedung ecology learning center VEDC Malang.

diharapkan bukan hanya departemen bangunan  saja yang berperan dalam memberi input/masukan dalam konsep desain bangunan tetapi depatemen lain dapat ikut berpartisi dan mempunyai kepentingan dalam mengembangkan inovasi masing-masing departemen.seperti Departemen Elekronika  dapat mengembangkan konsep dari sisi otomasi bangunan , Departemen Lingkungan Hidup (PLH ) dapat mengembangkan dari sisi ekologi atau bangunan ramah lingkungan ( Eco Green ), Departemen TI mengembangkan  Teknologi  informatika sehingga menjadi bangunan smart building dan terintegrasi,Departemen Logam dapat fabrikasi komponen struktur bangunan yang berteknologi tinggi dan Departemen Bangunan mengembangkan konsep desain desain dengan software yang berwawasan ekologi ( Sustainable Enviroments ),penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan , pengembangan sistem management Utilitas.


Dengan adanya  bangunan inovasi gedung ecology learning center VEDC Malang diharapkan dapat menjadi tempat penelitian inovasi,gedung percontohan masa depan dalam desain bangunan,tempat seminar ,tempat diklat , tempat display pengembangan inovasi dan juga menjadi icon atau landmark VEDC Malang sehingga menjadi kebanggaan  bersama bagi institusi. untuk itu perlu adanya dukungan maupun partisipasi dari berbagai pihak baik antar departemen maupun manajemen institusi dalam mewujudkan gedung  ecology learning center.

 

Gambar konsep desain bangunan Gedung Ecology Learning Center VEDC Malang
 

 

 

 

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG