Berita

"Mengajar Bukan Berarti Berhenti Belajar"Diklat IN Guru Pembelajar SMK Mapel di PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 21 June 2016 Last Updated on Tuesday, 21 June 2016 Published Date Written by Super User

Menjaga profesionalitas guru, diklat bagi guru menjadi hal yang sangat penting harus dilakukan

dan selalu berkelanjutan, sejalan UUD No.4 Th.2005 tentang Guru dan Dosen diperkuat  UUD No.14 Th 2005. Hal tersebut sejalan dengan Diklat di PPPPTK BOE Malang “Calon Instruktur Nasional Guru Pembelajar SMK”, Angkatan 1  Senin, 20/06 s.d 1/07/2016 dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang, di Gedung SGB Arjuna.

Diklat Angkatan 1 setara 100 jam, diikuti 152 Guru SMK, dari data guru SMK yang telah mengikuti UKG Th.2015 dan telah ditetapkan sebagai Calon Instruktur Nasional Guru Pembelajar SMK, meliputi Mata pelajaran (Mapel) Matematika 40 orang, Kewirausahaan 40 orang, Fisika 40 orang, Kimia 32 orang.

Kegiatan dengan waktu 12 hari ini meliputi Materi Umum Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru dan Program Guru Pembelajar  disampaikan oleh Kepala Pusat Bp.Dr.Sumarno. Sedang untuk Materi pokok diantaranya; Overview Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar meliputi petunjuk teknis Moda Tatap muka dan Moda Daring, Literasi TIK Pendukung Pembelajaran Daring, Pendekatan Andragogi, Kajian dan Simulasi Penggunaan Modul Peningkatan Komptensi Guru Pembelajar diantaranya ; fitur-fitur modle, materi pedagogik, materi profesional, Simulasi Pembelajaran Moda Daring dan Pengembangan butir soal.Untuk materi penunjang dilakukan 4 jam meliputi Penyusunan Rencana Tindak Lanjut, tes awal yang dilakukan awal kegiatan dan tes akhir. Masing-masing kelas diampu oleh 2 Narasumber  yang telah lulus sertifikat sebagai NS Nasional.

Dalam sambutan kegiatan Diklat Bp.Dr.Sumarno menyampaikan Progress Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar di Indonesia, dengan mengangkat tema “Mengajar Bukan Berarti Berhenti Mengajar”. Dalam tayangan presentasinya beliau menyampaikan sekenario guru pembelajar meliputi TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB. Dimana masing-masing  guru tersebut harus mempelajari modul-modul yang telah dipersiapkan dalam direktori guru pembelajar, dapat  dilakukan secara mobile, mandiri/kerja kelompok. Dalam tanyangan presentasinya tak lupa Bapak Kepala Pusat menyampaikan Desain Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar dalam diagram blok meliputi; pengembangan instrumen UKG, Pengembangan dan Digitalisasi Modul, Program  Guru Pembelajar, Pelaksanaan  UKG melalui Kriteria Guru Pemeblajar yang disarankan.

Sambutan yang disampaikan lebih kurang 1 jam Bp.Dr.Sumarno menegaskan pula Program Guru Pembelajar jenjang Sekolah Dasar, Program Guru Pembelajar Guru Mapel SMK meliputi Instruktur/Mentor, Moda Daring Kombinasi, Moda Daring. Program Guru Pembelajar Jenjang SMK Paket Keahlian.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan Progres Daring di PPPPTK BOE Malang untuk proses digitalisasi angkatan 1 sudah 111 modul, dimana 81 modul sudah diupload di server pusat dan 30 modul masih di upload ke server internal BOE (proses finalisasi untuk segera di upload ke server PUSAT), sedang untuk Digitalisasi angkatan ke 2 sejumlah 119 Modul yang sudah dimulai  7  Juni 2016.

Disampaikan pula Rancangan Pelatihan program Guru Pembelajar di PPPPTK BOE meliputi Jadual Pelatihan IN/Mentor dan  Guru Pembelajar untuk Mata Pelajaran Guru SMK 397 peserta dalam 3 angkatan, Guru Produktif 508 peserta dalam 4 angkatan dilaksanakan di PPPPTK BOE Malang dan Guru Kelas SD 2.356 peserta direncanakan di 9 zona di Kab/Kota di Jawa Timur dari hasil pemetaan yang telah dilakukan oleh PPPPTK BOE Malang. Sedangkan untuk Guru Pembelajaran SMK direncanakan akan dilaksanakan bulan September  2016 Mata Pelajaran DK akan diikuti 880 peserta, Untuk Produktif DK sebanyak 1933 peserta dan Guru kelas/SD DK diikuti 52.353 peserta.

Berbagai kendala /permasalahan program kegiatan dan Laporan penyerapan anggaran tahun 2016 PPPPTK BOE Per 6 Juni 2016 disampaikan pula oleh Bp.Dr.Sumarno sebagai penutup bahwa Kegiatan secara resmi telah dibuka.(hmy)

 

 

 

 

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG