Berita

Soal-soal High Other Thinking’s (HOT’s) - USBN

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 30 December 2016 Last Updated on Friday, 30 December 2016 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang - 18 s.d 22 Desember 2016, New Grand Park Hotel Surabaya,

telah menyelesaikan Pelatihan Penyusunan Soal USBN, Sasaran Pelatihan Penyusunan Soal USBN adalah 90 orang guru-guru terbaik dari setiap provinsi sasaran yang memiliki pengalaman menjadi instruktur nasional pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK , hadir 70 orang  dari 90 orang yang direncanakan. Pelatihan ini berlangsung di tiga tempat; Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kasi Penyelengga Ibu.Idama Tiuria, MM mewakili Kepala Pusat, yang sebelumnya disampaikan laporan oleh koordinator Widyaisawara  sekaligus sebagai fasilitator.

Pelatihan Penyusunan Soal USBN ini disambut positip oleh sebagian besar peserta, terbukti pada sesi hari ke 3 pembuatan kisi-kisi soal dan analis, banyak peserta baru menyadari dan paham bahwa membuat soal tidak hanya asal membuat, namum berdasarkan kaidah-kaidah yang ada, bahkan membuat soal yang salahpun ada kriterianya. Diakui secara oleh sebagian besar peserta banyak manfaat dari pelatihan ini yang nantinya akan disosialisasikan oleh peserta disekolah masing-masing.

Materi kebijakan GTK hari kedua disampaikan Kepala Pusat Bp.Dr.Sumarno, diantaranya bahwa Ujian Negara (UN) tetap dilangsungkan, bagiamanapun  dengan pelatihan ini peserta akan dapat membuat dan memahami pembuatan soal disekolah  yang lebih dikenal dengan USBN.

Dalam materinya Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang menyampaikan bahwa Guru sebagai pendidik yang berkualitas adalah guru yang mampu mengembangkan kompetensinya dalam mengembangakn perangkat-perangkat penilaian yang nantinya dapat menjadi tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam jenjang tertentu. Guru diharapkan memiliki kompetensi dalam mengembangan penilaian menggali kemampuan secara pegetahuan kedepan peserta didiknya.

Ujian Sekolah Berstandar Nasioanl (USBN) adalah program pemerintah yang mulai dirintis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan menyiapkan guru dan perangkatnya. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan (PPPPTK) dan Direktorat di lingkungan Ditjen GTK, sebagai pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turut ambil bagian untuk menyiapkan guru-guru agar mampu menyiapkan soal USBN sesuai standar yang diharapkan dengan sasaran guru-guru di Indonesia.

Pelatihan USBN ini bertujuan: Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat penilaian, Meningkatkan kemampuan dalam menganalisis soal-soal,Memahami dan mampu mengembangkan soal-soal High Other Thinking’s (HOT’s), Mampu menganalisis kemampuan dan kebutuhan peserta didik.(hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG