Artikel

Percepatan Peningkatan Kompetensi

Percepatan Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

Biaya Diklat Guru Pembelajar

Dana untuk Diklat Guru Pembelajar

 

bahwa program guru pembelajar sebentar lagi akan dihelat, yang sebagian saat ini sudah dalam tahap diklat bagi instruktur nasional. Nantinya jika mereka istruktur nasional tadi selesai melaksanakan diklat, maka selanjutnya adalah program guru pembelajar dimasing-masing daerah dengan menggunakan berbagai moda pelatihan seperti tatap muka, campuran dan moda full online.

Nah pertanyaan yang muncul kemudian adalah siapa atau pihak mana yang membiayai diklat guru pembelajar ini? Apakah guru sendiri atau pemerintah daerah atau kemdikbud pusat? Program Guru pembelajar dilaksanakan mulai tingkat pusat untuk pelatihan Narasumber nasional, tingkat regional bagi Instruktur Nasional serta di masing-masing kabupaten kota atau propinsi bagi guru sasaran.

Dana dan biaya untuk diklat guru pembelajar
Biaya Diklat Guru Pembelajar


Tentunya hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk diklat narasumber dan instruktur nasional oke tentu dibiayai oleh Kemdikbud dalam hal ini Ditjen GTK. Nah bagaimana pembiayaan guru pembelajar di tingkat daerah?  Apakah dibiayai oleh pemerintah daerah atau guru sendiri?

Mengenai fasilitas tempat diklat, fasilitas internet, maupun pembiayaan lain barangkali akan ditanggung sendiri oleh dinas pendidikan setempat. Namun guru sendiri tentunya wajib memegang yang namanya modul diklat guru pembelajar. Modul diklat Guru Pembelajar ini terdiri dari 10 macam dari modul A, B hingga modul J. Namun tidak semua modul-modul tersebut akan dipelajari. Modul yang dipelajari sesuai moda diklat. Penjelasan lengkap bisa di buka dalam artikel 3 macam moda diklat guru pembelajar. Moda diklat daring atau online paling sedikit mempelajari modul yakni 3-5 modul dan dilaksanakan secara online. moda kombinasi mempelajari 6-7 modul.

Nah sedangkan bagi guru yang ikut diklat GP tatap muka wajib mempelajari 8-10 modul yang tidak memenuhi KCM UKG 2015 lalu. Jumlah halaman tiap modul rata-rata lebih dari 150 halaman. Seperti saya sebutkan di atas, guru wajib memiliki modul ini.

Sebagai contoh jika kita guru SD Jika kita memfotokopi modul tersebut katakan saja kita ikut diklat tatap muka dengan mempelajari 8 modul x 150 halaman dikalikan Rp 200/lembar fotokopi maka dana yang dibutuhkan adalah Rp 240.000,- .


Perhitungan diatas adalah perhitungan paling minim, karena kami berani memastikan dana yang dibutuhkan lebih dari itu, apalagi untuk guru bidang studi SMP dan SMA yang bukan tidak mungkin akan melaksanakan diklat di wilayah kabupaten bahkan propinsi. (tentu nambah lagi biaya transportasi dll) Berbeda dengan diklat GP guru SD yang jumlah gurunya banyak, mungkin bisa melaksanakan diklat di wilayah kecamatan (tingkat KKG).

Perhitungan biaya diklat guru pembelajar diatas, kesimpulannya adalah, jika guru ikut diklat terendah atau tatap muka, maka biaya yang dibutuhkan akan semakin banyak. Berbeda jika kita ikut diklat moda daring yang semuanya dilaksanakan secara online, mungkin paling banter hanya membutuhkan biaya untuk pembelian pulsa internet. Karena mempelajari atau membaca modul bisa lewat gadget atau komputer tanpa perlu memfotokopi modul tadi.

Sasaran Guru Pembelajar

Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

 

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru Sasaran program peningkatan kompetensi guru pembelajar adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK yang telah mengikuti UKG tahun 2015 yang dikelompokkan berdasarkan jumlah modul yang harus dipelajari menurut Peta Guru Pembelajar, dengan acuan umum sebagai berikut.

  1. Guru yang membutuhkan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 8-10 modul menggunakan Moda Tatap Muka.
  2. Guru yang membutuhkan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 6-7 modul menggunakan Moda Moda Daring Kombinasi.
  3. Guru yang membutuhkan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 3-5 modul menggunakan Moda Daring.
  4. Guru yang membutuhkan peningkatan kompetensi maksimal dengan mempelajari 2 modul dapat menjadi sasaran peserta pelatihan Instruktur Nasional/Mentor. 

 

Selanjutnya untuk menetapkan moda yang tepat untuk guru berdasarkan hasil UKG harus mempertimbangkan hal-hal seperti di atas:

Cara Mendapatkan Username & Password Guru Pembelajar

Cara Mendapatkan Username dan Password Akun Login Guru Pembelajar

 


Akun guru pembelajar terdiri dari username ID berupa alamat email dan password. Siapa yang membuat akun di web guru pembelajar tersebut. Sesuai juknis yang admin info guru pembelajar dapatkan, akun guru pembelajar ditentukan oleh admin operator dinas pendidikan yang menunjuk ketua atau koordinator komunitas. Koordinator Komunitas inilah yang nantinya akan mencetak dan membagikan kepada guru peserta, akun guru pembelajar tadi. Dibawah ini merupakan contoh lembaran cetak akun guru pembelajar.

Surat Akun Login Guru Pembelajar

Tampilannya mirip-mirip seperti pemberitahuan surat-surat masa padamu negeri. Jika Anda nanti mendapatkan surat seperti ini dari dinas pendidikan, artinya Anda resmi tercatat sebagai peserta guru pembelajar online atau moda daring atau moda daring kombinasi. Sedangkan bila Bapak Ibu tidak dapat maka Bapak Ibu dipastikan menggunakan diklat GP Moda Tatap Muka.

akun peserta guru pembelajar


akun login guru pembelajar akun username email dan password guru pembelajar


Akun ini dapat Bapak Ibu guru gunakan untuk login di guru pembelajar, dimana terdapat User ID dan password. Simpan baik-baik surat ini, karena sifatnya Sangat Rahasia, jangan sampai bocor (karena bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab) kecuali kepada orang yang bisa  Anda percaya.

Kapan distribusi atau pembagian akun guru pembelajar?

Melihat dari jadwal diklat guru pembelajar yang akan mulai dilaksanakan sekitar bulan Juli, maka akun peserta ini akan dibagikan ya pada bulan Juli. Namun ini juga tergantung kesiapan dinas pendidikan setempat dalam melaksanakan program GP di daerah.

Jadual Pelaksanaan Diklat

Jadwal Pelaksanaan "Diklat" Guru Pembelajar

 

 
Telah kita ketahui bagaimana mode atau metode diklat guru pembelajar. Dimana disebutkan ada 3 moda yakni tatap muka, kombinasi dan moda daring (full online). Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi info mengenai jadwal pelaksanaan program guru pembelajar tersebut. Silakan dilihat pada gambar tabel di bawah ini, klik aja gambarnya biar lebih jelas dan lebih besar.

jadwal pelaksanaan diklat guru pembelajar
Jadwal Pelaksanaan "Diklat" Guru Pembelajar

Melihat dari gambaran di atas jadwal guru pembelajar sudah dimulai dengan diklat bagi instruktur nasional guru pembelajar. Jika pemerintah daerah atau dinas pendidikan sudah siap, maka diklat guru pembelajar bagi guru sasaran akan bisa dimulai Agustus hingga bulan Nopember 2016 mendatang.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG