Berita

"Mendikbud Gagas Rapor Ganda Prestasi Non Akademik Siswa, Jadikan Kota Malang Sebagai Pilot Projek'

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 29 August 2017 Last Updated on Tuesday, 29 August 2017 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang 26/8/2017,  Kegiatan bertema "PESERTA DISKUSI INTERAKTIF KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN" MENDIKBUD DAN PEMANGKU PENDIDIKAN SE-MALANG-RAYA.bertempat di PPPPTK BOE Malang-Arjosari - Malang bersama  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bp.Prof.Dr Muhajir Effendy diikuti Kepala Dinas, Kepala Sekolah,stageholder dan Para Guru se-Malang Raya.

Kegiatan yang dihelat Jawa Pos Radar Malang bersama Kemendikbud di Aula PPPPTK BOE yang sebelumnya disambut Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotidf dan Elektronika Malang berlangsung gayeng, tamu undangan yang disebar kurang lebih dari 700 orang dari kalangan pendidik memenuhi ruang dalam dan luar gedung Aula Mitreka. Dalam diskusi tersebut Mendikbud menggagas “Rapor Ganda Prestasi Non Akademik Siswa” dapat terekam sejak SD hingga SLTA.

Kehadiran Pak Mendikbud disambut Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang Dr.Sumarno, Kegiatan ini Gagasan Pak Muhajir dilatarbelakangi, mengingat rapor yang diterima para siswa hanya memuat angka tidak dapat menggambarkan potensi kemampuan para siswa secara utuh, dalam arti kemampuan non akademik tidak terekam dengan jelas. Rapor kepribadian atau karakter dapat merekam perkembangan bakat dan minat beserta keahlian khusus yang diperoleh selama menempuh sekolah tentunya hal ini dapat memantau bakat dan minat secara utuh, tentunya diharapkan para guru aktif dalam memantau dan mengevaluasi para siswa didiknya baik didalam maupun diluar kelas.Diskusi disampaikan Mendikbud dengan beberapa contoh seperti rektruitmen pemain sepak bola tidak perlu lagi natuaralisasi pemain, jika dari awal pendidik dapat melihat raport non akedemik perkembangan siswa.

Dukungan SDM kota Malang sebagai kota pendidik yang mumpuni menjadikan Mendikbud menyakini dapat menerapkan Rapor Ganda dalam sisti penilaiannya. Dalam penjelasannya Bp.Muhajir Effendy menyampaikan bahwa setiap anak mempunyai karakter unik berbeda satu dengan lainnya. “kembangkan karakter sesuai potensi anak, Semester depan Kota Malang akan direncanakan sebagai Pilot Project Model Penilaian Rapor Ganda”.

Kegiatan ini sebagai ajang upaya dan sarana aspirasi/ menjalin persoalan seputar pendidikan dengan pemangku kebijakan dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mudah-mudahan kebijakan - kebijakan Pusat dapat tersosialisasi dengan baik pendidikan di Indonesia khususnya Pendidikan Se-Malang Raya semakin maju.(hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG