Berita

WSC ABU DHABI 2017 “PPPPTK BOE Malang, Siapkan Tenaga kerja Terampil Berkualitas Standar Internasional”

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 29 September 2017 Last Updated on Friday, 29 September 2017 Published Date Written by Super User

“Wordlskills merupakan ajang bergengsi Internasional, menjadi sarana tolok ukur kemampuan skill , transfer knowledge dan membuka peluang kerjasama

internasional dimasing-masing negara. Th.2017 diikuti 74 negara, ini mengindikasikan bahwa worldskill ajang internasional pilihan dan dipercaya oleh negara di dunia. Keikusertaan indonesia dalam perlombaan tingkat dunia sebagai wujud eksistensi SDM terampil dan berkualitas, diharapkan berimbas pada penyerapan  tenaga kerja yang berkualitas dan meningkatkan pemahaman standart kebutuhan industri”, disampaikan Drs.Haryono, MM dalam pembukaan pelatihan expert di gedung Bima hall Lt.2.PPPPTK BOE

Dalam sambutan laporan Pak Haryono selaku koordinator pelaksana dari PPPPTK BOE Malang menyampaikan  kegiatan persiapan WSC di institusi. Sekilas disampaikan  Prestasi-demi prestasi diraih kontingen Indonesia bekerja sama sebagai mitra Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah dengan PPPPTK BOE Malang untuk persiapan serta perumusan strategi dalam perekrutan calon competitor, untuk jalur kegiatan kompetisi ini yang pertama dilakukan seleksi tingkat sekolah, berikutnya kompetisi Propinsi dilanjutkan kompetisi Nasional (LKS)pemenang akan berlanjut di tingkat Asean Skill Competition (ASC), dilanjutkan ke tingkat dunia Worls Skills Competition (WSC).

Penetapan calon competitor dan penetapan delegasi saat pelaksanaan lomba diorganisasikan oleh Ditjen Tenaga Kerja, tentunya dengan berbagai kriteria yang telah ditentukan mengacu pada regulasi atau peraturan WSC serta kebijakan Dit.PSMK.

Penetapan Expert/pembimbing teknis delegasi Indonesia ditetapkan  pada test project yang berasal dari lembaga pelatihan , industri yang memiliki kemampuan teknis/skill sert non skill(membimbing,mendidik,membangun spirit) ditunjuk serta ditetapkan Direktorat Pembinaan SMK.

PPPPTK BOE Malang dipecaya sebagai mitra expert bidang lomba mulai th.2005 ,th2007. Th.2009, th.2011, th.2013, th.2015 dan th.2017 meliputi bidang lomba  Electrical Installations, Mekatronik, Bricklaying, Wall and Floor Tiling, Joinery, Plambing dan Mechanical Engineering CAD, “Kami menargetkan competitor dapat masuk  lima besar” ujar Drs.Tedjo Marjuki Ka.Dep Mesin dan CNC ketika Tim Reformasi Birokrasi disela-sela kegiatan melihat langsung, persiapan calon competitor di Workshop CNC.

Disampaikan juga bahwa bidang lomba Briclaying di th.2007, 2011, dan 2013  mendapat Medallion for Excellence (ME), sedang joinery mendapat ME di th.2011 dan Th.2015, sedangkan bidang lomba Wall and floor Tiling mendapat (ME) di Th.2009,Th.2011,Th.2013 dan Th.2015. untuk lomba Welding (ME) Th.2009dan Th.2011, sedang bidang lomba Mechanical Engineering-CAD mendapat  (ME) th.2009, th.2011, th.2013 dan th.2015. Th.2015 Indonesia menduduki peringkat 12 dari 55 negara.

 

Keikutsertaan PPPPTK BOE Malang dalam ajang WSC Abu Dhabi 2017 sebagai partisipasi ke 7 bagi kontigen Indonesia,sebagai mitra yang dipercaya Dir. PSMK dalam menyiapkan calon kompetitor, mengkoordinasikan pemusatan pelatihan teknis kejuruhan dengan pusat-pusat lain yang memliki kompetensi sesuai bidang lomba.

Kegiatan lomba dilaksanakan 15-17 Oktober 2017, persiapan dilakukan sejak th.2016 -th.2017 meliputi koordinasi Panitia PPPPTK BOE Malanng, pemanggilan peserta, pembukaan TCII Lanjutan, Pembekalan Awal, Pelatihan Skills, Seleksi Competitor, kesamaptaan Visa dan Passport, Pre Departure, pembinaan karakter hingga Pelaksanaan lomba.Try Out, Mock up(pemantapan).(hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG