Berita

’Evaluasi On Service Program Keahlian Ganda Angk.2"

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 09 January 2018 Last Updated on Tuesday, 09 January 2018 Published Date Written by Super User

Evaluasi merupakan suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pembelajaran.

 

Evaluasi berkenaan dengan proses yang berhubungan dengan pengumpulan informasi yang memungkinkan untuk menentukan, Tingkat kemajuan pengajaran, Ketercapaian tujuan pembelajaran, Bagaimana berbuat baik pada waktu-waktu mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kabid Fasningkom Drs. Suprayitno dalam pengarahan  ’Evaluasi On Service Program Keahlian Ganda Angk.2 , diawal bulan Januari, Th.2018, Senin 8/01/2018 di Bima Hall Lt.2. Kegiatan dihadiri Widyaiswara dan Pegawai  yang terlibat dalam pembuatan modul digital. Dalam arahanya Kabid Fasningkom menekankan sejauhmana peserta  dapat mengikuti tugas-tugas yang diberikan oleh tutor dan bagaimana peserta dapat menggunakan aplikasi dengan benar?.

Dengan hasil penilaian yang diperoleh Widyaiswara/ Guru akan dapat mengetahui peserta mana yang sudah berhasil menguasai bahan, maupun mengetahui peserta yang belum berhasil menguasai bahan. Widyaiwara/Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi peserta sehingga untuk memberikan pengajaran di waktu yang akan datang tidak perlu diakan perubahan atau bahkan akan disesuaikan dengan lebih baik di masa datang.

Makna evaluasi bagi institusi, apabila Widyaiswara/guru mengadakan penilaian dan diketahui bagaimana hasil belajar peserta didiknya, dapat diketahui pula apakah kondisi belajar yang diciptakan oleh sekolah sudah sesuai dengan harapan atau belum.

Hasil belajar merupakan cermin kualitas sesuatu sekolah. Informasi dari guru tentang tidak tepatnya pembelajaran dapat merupakan bahan pertimbangan bagi perencanaan diklat untuk masa-masa yang akan datang. Informasi hasil penilaian yang diperoleh dari tahun ke tahun, dapat digunakan sebagai pedoman bagi Institusi, yang dilakukan untuk memenuhi standar atau belum.Pemenuhan standar akan terlihat dari bagusnya tidaknya angka-angka yang diperoleh peserta. (hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG