Berita

Prestasi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 30 January 2018 Last Updated on Wednesday, 31 January 2018 Published Date Written by Super User

Hotel Sahid Jakarta, Kamis, 25/01/2018 bertepatan dengan Pembukaan rapat Koordinasi Pelaporan Pelaksanaan Anggaran tahun 2018, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika

(PPPPTK BOE) Malang memperoleh Penghargaan sebagai Satuan Kerja Terbaik Pertama dalam Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Muhajir Efendi, M.Ap. kepada Kepala PPPPTK BOE Malang,  Dr. Sumarno disaksikan oleh Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bapak Asman Abrur, pejabat pada Unit Utama, Kepala satuan kerja dan pejabat pengelola perbendaharaan dari 179 satuan kerja pusat dan daerah di lingkungan Kemdikbud. Baiknya pengelolaan anggaran sejak perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan akan berkontribusi besar dalam mencapai predikat Laporan Keuangan Wajar Tanpa Perkecualian (WTP) Kemdikbud  tahun ini memasuki tahun ke lima.

Pada kesempatan tersebut bapak Menteri berpesan:”Predikat WTP sangat penting untuk kita raih karena hal tersebut menujukan keseriusan kita dalan pengelolaan anggaran dan sekaligus kepatuhan kita terhadap peraturan dan perundang-undangan yang harus diikutitetapi yang lebih penting adalah keberhasilan kita mewujudkan output dan outcome program kegiatan yang secara langsung dirasakan oleh masyarakat pendidikan”. Selanjutnya dipesankan kepada Satker yang terpilih untuk meningkatkan efektifitas kerja, memperbaiki perencanaan dan meningkatkan kepatuhan terhadap aturan pertanggungjawaban serta ketepatan waktu pelaporan.

Bagi PPPPTK BOE Malang, penghargaan ini adalah Penghargaan ke 3 diterima pada akhir tahun 2017 sampai awal tahun 2018, menyusul Penghargaan sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Menpan RB, Penghargaan SATKER Terbaik ke 3 dari KPPN Malang dengan tingkat Kepatuhan dan Ketepatan Pelaporan. Ketiga penghargaan tersebut merupakan bukti kekompakan dan kerja keras seluruh pegawai PPPPTK BOE. “Ini bukan prestasi saya, tetapi prestasi seluruh pegawai”, demikian pernyataan Kepala PPPPTK BOE Dr., Sumarno. Penghargaan yang kita terima merupakan bukti nyata kesungguhan kita memajukan lembaga ini menjadi lebih baik dalam prestasi dan melayani masyarakat yang membutuhkan.

Secara khusus Dr. Sumarno memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada pegawai yang bertugas dalam pengelolaan keuangan dan Barang Milik Negara (BMN)  tidak mengenal lelah untuk menyampaikan laporan akurat dan tepat waktu secara online,. karena seluruh pelaporan menggunakan aplikasi terpusat maka setiap saat dapat dipantau dari Kemdikbud di Jakarta.

Tahun 2018 akan lebih banyak lagi penilaian dan penghargaan pelaksanaan program kerja dan anggaran dalam berbagai sektor seperti Sistem Akuntansi dan Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), SIMAK BMN, SAIBA, SMPEG dan Pengelolaah Kehadiran online, Pengelolaan Sasaran Kerja Pegawai dan Penilian Prestasi Kerja Pegawai (SKP dan PPKP), Pengelolaan Website dan media sosial lain. Oleh karena itu mari kita semua bekerja lebih keras, melayani lebih baik, kepatuhan terhadap peraturan lebih tinggi, dan ketepatan waktu dalam kehadiran, bekerja, menyelesaikan tugas dan menyampaikan laporan.

Penilaian kinerja pelaksanaan anggaran ini sangat ketat, transparan dan telah diverifikasi oleh Kementerian Keuangan sesuai dengan aplikasi yang digunakan oleh seluruh satker Kementerian dan Lembaga.

Realisasi Anggaran atau yang dikenal dengan  daya serap bukan satu satunya kriteria. Pada tahun 2017 bobot realisasi anggaran masih 25 % tetapi kedepan akan dikurangi secara bertahap dan lebih fokus kepada ketepatan output yang ditunjukkan dengan kesesuaian renkas dan realisasi SP2D. Selengkapnya 12 kriteria penilaian dan bobotnya adalah sebagai berikut:

Indikator Penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kemdikbud tahun 2017

No

Kode

Indikator Kinerja

Nilai

1

RA

Realisasi Anggaran

25

2

TAG

Ketepatan Waktu Penyelesaian Tagihan

18

3

KTRK

Ketertiban Penyampaian data Kontrak

12

4

PUP

Ketertiban Pengelolaan Uang Persediaan

10

5

KSPM

Kesalahan SPM

6

6

RD

Revisi DIPA

5

7

DEVI

Deviasi Halaman III DIPA

5

8

LPJ

Ketepatan Waktu Penyerahan LPJ Bendahara

5

9

RTR

Rasio Retur SP2D

5

10

RKAS

Kesesuaian Renkas dengan Realisasi SP2D

3

11

PMIN

Pagu Minus

3

12

DISP

Dispensasi SPM

3

Jumlah Nilai

100

Semoga dengan kesungguhan dan kepatuhan yang kita kembangkan terus, kita dapat mewujudkan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani, pada gilirannya menaikkan grade penerimaan tunjangan kinerja  diatas rata rata Kemdikbud.(Sukirman)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG