Berita

Orasi Ilmiah & Pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama diberikan pada Empat WI PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 09 March 2018 Last Updated on Thursday, 15 March 2018 Published Date Written by Super User

Orasi ilmiah merupakan salah satuj jenis karya tulis ilmiah yang biasanya

disampaikan dalam kegiatan akademik di perguruan tinggi, secara umum orasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk  lisan di hadapan audiens (orang-orang yang hadir). Pada dasarnya merupakan metode penyampaian pesan, yang bisa berupa pikiran, pendapat, atau gagasan.

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggung jawab, wewenang untuk mendidik,mengajar, dan/atau melatih PNS pada lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pemerintah.Dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan MENPAN Nomor 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya, serta Peraturan Bersama Kepala Lembaga Administrasi Negara dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor1 dan 2 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya, terlihat jelas bahwa Widyaiswara adalah jabatan karier yang  menuntut  kompetensi  tinggi di masing-masing  jenjangnya.

Salah satu pertimbangan pelaksanaan orasi ilmiah widyaiswara sebagaimana diatur pada pasal 29 ayat (1) menyebutkan bahwa: “untuk dapat diangkat dalam jabatan atau kenaikan jabatan menjadi Widyaiswara Ahli Utama selain harus memenuhi Angka Kredit kumulatif yang ditentukan, wajib melaksanakan orasi ilmiah”.

Jakarta, Rabu-Kamis 7-8/03/2018, Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif Malang, Dr.Sumarno bertindak menjadi bagian dari majelis Orasi Ilmiah dan Pengukuhan yang digelar LAN (Lembaga Anministrasi Negara Republik Indonesia)  empat (4) Widyaiswara PPPPTK BOE Malang dan dua (2) WI PPPPTK PKn dan IPS, dalam kesempatannya Dr.Sumarno berpesan, “Semoga menjadi motivasi bagi Widyaiswara lainnya.”

Piagam pengukuhan diberikan  kepada  Widyaiswara Ahli Utama  PPPPTK BOE Malang  yang telah menyelesaikan Orasi pada Drs. Budi Martono, M.MT,dengan judul  "Hubungan Penilaian Prestasi Kerja Dan Penilaian Angka Kredit Dengan Motivasi Kerja Widyiswara di PPPPTK BOE Malang, sedangkan Drs. Gunawan,. M.Si dengan judul "Keefektifan Guru dan Kemenarikan Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan Se-Malang Raya, Drs. Supriyanto, MT,judul Orasi" Pengaruh Budaya Kerja dan Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kenerja Widyaiswara (Studi kasus di PPPPTK BOE Malang)" ketiga WI tersebut sudah menyelesaikan orasi pada 31 Agustus 2016 sedangkan  Drs Djanji, M.Pd dengan orasi “Hubungan Peran Kepala Sekolah Dan Pengawas Dalam meningkatkan Kompetensi guru Dalam Penerapan Pendekatan Saintifik Di SMK Se-Malang Raya.(hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG