Berita

"Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan"

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 03 May 2018 Last Updated on Thursday, 03 May 2018 Published Date Written by Super User

Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy  diunggah

dalam laman resmi https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/04/pidato-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-dalam-peringatan-hari-pendidikan-nasional-2018. Hari pendidikan tahun 2018 ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional seperti yang dituliskan dalam pidatonya, menjadikan momentum untuk melakukan musabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi terhadap pendidikan Nasional yang kita cita-citakan,”

Disisi yang lain kita berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya. Sebagaimana diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jenderal UNESCO, yaitu Fraseco Bandarin yang mengatakan bahwa indonesia adalah negara Adidaya ( super power) kebudayaan.

Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya ddengan cara itu , kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Apresiasi publik terhadap keberhasilan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur walau belum sepenuhnya selesai, namun manfaatnya sudah dapat dinikmati dengan semakin  mempermudah kerja pendidikan dalam memperluas akses, sebagai dampaknya Pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai kebutuhan.

Guru, orangtua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkankembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Tripusat pendidikan harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong,  bagi penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa

Peringatan Hardiknas 2 Mei 2018 di lingkungan PPPPTK BOE Malang diikuti seluruh PNS, PTT, KKWT, dengan memakai baju adat sedangkan Siswa Praktik Kerja Industri  memakai baju seragam sekolah, dan Peserta diklat Keahlian Ganda sekaligus bertindak sebagai petugas dan pasukan pengibar bendera menggunakan baju batik.

Diakhir upacara turut hadir dalam peringatan tersebut, pegawai yang memasuki purna tugas dan diberikan penghargaan atas pengabdian selama bekerja di PPPPTK BOE Malang  pada Putut Subiantoro, Sujarwo, Syamsul Wahyudi, Sutadji, disampaikan pula kenaikan pangkat dan golongan pada Ribut Effendi, Santosa Achmad, Pudji Samsul. (hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG