Berita

“Guru Yang Bagus Sebagai Kepala Sekolah, Kepala Sekolah Yang Hebat Menjadi Pengawas"

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 09 August 2018 Last Updated on Thursday, 20 September 2018 Published Date Written by muharyoso

“Guru yang bagus sebagai kepala sekolah, Kepala Sekolah yang hebat menjadi Pengawas”

ungkap Dr.Sumarno (Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang) dihadapan duaratus delapan (208) peserta diklat Kepala Sekolah pada Pelatihan Kurikulum 2013 Prop.Jawa timur, hari kedua diklat (Selasa,7/08)di  New Grand Park hotel-Surabaya peserta dari Kab.Sampang,Kab.Sidoarjo,Kab.Sumenep,Kab.Pamekasan dan Kab.Pasuruan.

Paparan beliau menyampaikan  Visi—Misi Presiden Joko Widodo Tertuang dalam RPJMN 2015-2019 dalam “NAWACITA” tahap ke dua (2), dalam  sembilan (9) pokok kebijakan pemerintah yang dijalankan  para menterinya, diantaranya melalui  Kebijakan Umum Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019.

Kepala Pusat menegaskan bahwa Kepala sekolah harus mampu menyerap perkembangan dinamika kurikulum, dengan mengibaratkan gelas harus dikosongkan, sehingga akan cepat menerima luberan ilmu dari para  pembimbing. Kebijakan Kurikulum 2013 harus tuntas disosialisasikan pada tahun 2019 melalui target implementasi K13 jenjang SD, SMP, SMA/SMK, sehingga nantinya tinggal Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB).

Beliau menyampaikan bahwa yang dikembangkan melalui Kurikulum 2013 Kecakapan Abad 21 diantaranya kualitas karakter (Bagaimana menghadapi lingkungan yang terus berubah, kompetensi (Bagaimana  mengatasi tantangan yang kompleks), dan Literasi Dasar (Bagaimana  menerapkan keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari). Hal tersebut dapat cepat tercapai dengan memperhatikan  Intrakurikuler dan Kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya sekolah didukung dengan bahan ajar dalam bentuk fisik dan digital, serta sarana prasarana.

Antusisa peserta dalam mengikuti paparan begitu tinggi, hingga diakhir pengarahannya disampaikan pesan kementerian pendidikan melalui pemerataan pendidikan dan peningkatan kompetensi kepala sekolah yang akan terus ditingkatkan. disisi lain bahwa anak Indonesia harus menempuk pendidikan minimal sampai SMA, hal tersebut sejalan dengan pencanangan presiden dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Disampaikan pula tentang upaya peningkatan perekonomian manusia indonesia, bahwa indikatornya sejahtera, salahsatunya melalui  Kartu Sejahtera. (hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG