Berita

Dr.Sumarno:"Guru Sebagai Key Player Ciptakan Tenaga Kerja Terampil"

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 05 September 2018 Last Updated on Thursday, 20 September 2018 Published Date Written by muharyoso

“Kegiatan Revitalisasi SMK ini juga dalam menyukseskan kebijakan pemerintah dalam Nawacita presiden RI No.9 Th.2016, disamping untuk meningkatkan

produktifitas sumber daya manusia Indonesia,” ujar Dr.Sumarno dalam arahan pembukaan peserta diklat.”Outputnya Tenaga Kerja Yang Terampil, proses pembelajaran dilakukan, guru sebagai key player” tamambahnya saat membuka diklat secara resmi (Rabu,3/09) di Ruang SGB Lt.2 PPPPTKBOE Malang.

Sebagai tahap pertama 219 SMK  sebagai pilot project dalam revitalisasi SMK, mengingat  SMK menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah dan sebagai pilar pembangunan juga sebagai “Production Base Learning”, dengan menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan Dunia Industri, mengacu pada stadar Kompetensi Guru SMK dan Standar Kompetensi Kerja nasional Indonesia (SKKNA) level IV.

Diklat dan Uji Kompetensi direncanakan 90 guru SMK, dilaksanakan 16 hari /60 JP di PPPPTKBOE Malang, dalam laporannya  Dra.Idama Tiuria,MM menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti guru dengan 6 kompetensi keahlian meliputi  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan(DPIB),Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP),Teknik Pemesinan,Teknik Kendaraan Ringan(TKR), Teknik Audio Video(TAV) dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL).

“kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru SMK sesuai kompetensi keahlian pada 2 klaster kompetensi yang didiklatkan serta memberikan pengakuan atas kompetensi  guru  yang diujikan dibuktikan dengan sertifikat kelulusan diklat serta lulus sertfikat kompetensi LSP-P2”,tegas Idama (Kasi Penyelenggara).

Secara resmi dibuka langsung 2 kegiatan secara bersamaan, Diklat dan Uji Kompetensi Keahlian bagi Guru SMK Revitalisasi Angkatan 1. Peserta meliputi Propinsi NTT,Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, NTB, Papua.(hmy).

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG