Berita

ASN Kemendikbud Belajar Jadi Jurnalis

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 05 October 2018 Last Updated on Friday, 05 October 2018 Published Date Written by muharyoso

Mempelajari ilmu jurnalistik tidak serta merta menjadikan seseorang tampil

sebagai wartawan. Sebagai ilmu terapan, jurnalistik dianggap bisa membuat pihak yang mempelajarinya mampu menuliskan informasi secara akurat.

Hal itulah yang dilakukan 50 aparatur sipil Negara (ASN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Jurnalistik di Hotel Salak The Herritage, Bogor, Jumat (5/10).

“Mereka memang bukan ingin menjadi jurnalis, tapi dengan ilmu jurnalistik yang diperoleh dari bimtek ini diharapkan bisa diwujudkan dalam penulisan-penulisan informasi di unit masing-masing,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Nirwan.

Dalam pandangan Nirwan, para ASN ini memang perlu untuk mengetahui seluk beluk tentang jurnalistik. Bagaimana mereka harus paham teknik menulis opini, features dan juga teknik editing.

“Semua itu setidaknya bisa menjadi bekal agar kelak bisa menjadikan ASN tidak asing dalam dunia tulis menulis. Rasanya kita tak boleh jadi pandai sendirian tanpa kemudian menularkan kepada pihak lain. Itulah esensi dari bimtek seperti ini,” tegas Nirwan lagi.

Antusiasme peserta terlihat dari bagaimana mereka bertanya dan juga melaksanakan tugas yang diberikan. Setidaknya mereka bisa memahami bahwa menulis itu sesuatu yang mengasyikan.

Mereka datang dari Sekretariat Ditjen Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Diknas, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, PPPPTK, LP3TK KPTK, dan LP2KS. (OL-2)

Penulis: Eko SuprihatnoPada: Jumat, 05 Okt 2018, 10:40 WIB

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG