Berita

Dosen atau Pustakawan Harus Tahu Sumber Skripsi /Tesis Asli atau Plagiat

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 31 October 2018 Last Updated on Thursday, 08 November 2018 Published Date Written by muharyoso

“seorang dosen/pustakawan  harus tahu apakah sumber skripsi /tesis mahasiswa

tersebut asli atau plagiat dan telah terevaluasi secara kritis “ tegas sony.hal tersebut tentunya dapat diakses prosentasenya di http://www.iThenticate.com

Materi sangat runtut dari  mengenalkan koleksi perpustakaan Nasional di http://www.oneserach.id, http://www.neliti.com atau menggunakan http://www.oapen.org, menggunakan referensi repository perpustakaan, judul-judul  proposal atau tesis yang  tidak boleh sama satu dengan lainnya, bahkan untuk mengekases jurnal di http://www.gauda.ristekdikti.go.id, http://www.doaj.org.

Materi sangat berbobot terbukti peserta sangat antusias tidak beranjak dari tempat duduknya karena harus mencoba mempraktekkan sesuai petunjuk narasumber. Hanya sesekali ishoma sejenak,dilanjutkan materi bagaimana merapikan file pdf menggunakan di http://www.texmechanic.com, dan untuk translate dapat diakses di http://www.idilovetranslation.com, hingga cek grammer di http://grammarly.com.

Banyak ilmu yang diperoleh peserta workshop terutama yang harus dimiliki bagi pengelola perpustakaan, terlebih bagi dosen, diantaranya peserta diajak untuk berperan akit menjadi anggota perpusnas di http://www.e-resources.perpusnas.go.id, hingga penelitian/penelusuran internasional dapat diindex di http://www.scopus.com, sedang untukmengkases  journal di http://www.sciencedirect.com.

Materi akhir tidak kalah penting peserta diajarkan tip dan trik bagaimana  mengelola arsip konten lengkap isi sebuah tesis atau skripsi di http://www.mendeley.com. Mengolah di MS word untuk memudahkan editting.

Materi padat dan menarik disampaikan langsung narasumber yang berpaktisi sebagai dosen sekaligus sebagai pustakawan Universitas Indonesia , Sony Pawoko ,(Senin, 30/10) mulai pkl 08.00 -17.00 Wib di Golden  Boutique Hotel  Melawai Jakarta.

Kegiatan diikuti 40 peserta Workshop literasi digital bagi pustakawanUnit pelaksana Teknis (UPT) dilingkungan Ditjen  Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Dibuka Joko Susilo (Kabag Umum dan Kerjasama Ditjen GTK )dan laporan kegiatan disampaikan Mas Aji.

Kegiatan tersebut tiada lain bertujuan untuk mempermudah pustakawan mendapatkan akses informasi dari media digital.sehingga dapat menentukan informasi lebihlanjut yang diperlukan dan sumber-sumber telah terevaluasi secara kritis dapat dipergunakan secara efektif dan efisiensi.(hmy)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG