Berita

WIDYAISWARA PPPPTK BOE KULIAHI PESERTA PIM III

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 15 June 2012 Last Updated on Thursday, 18 October 2012 Published Date Written by Super User

Peserta Diklatpim Tingkat III Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) berkunjung ke Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE), Rabu (13/6). Bertempat di bima hall lantai dua kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Pusat PPPPTK BOE, Drs Suwarno.

Kunjungan terdiri dari 40 orang yang secara keseluruhan telah atau akan disiapkan menjadi calon pimpinan di instansi masing-masing. Selain di PPPPTK BOE, mereka juga melakukan kunjungan dibeberapa tempat, antara lain ke Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Negeri Malang (UM), Serta Politeknik Negeri Malang (Polinema).Tujuan Kunjungan ini, menurut Roos Prijobowo, Ketua Rombongan sekaligus fasilitator yakni merupakan kegiatan yang harus dilakukan dalam rangka studi observasi lapangan. “Kami bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses kerja di PPPPTK BOE yang nantinya bisa dijadikan contoh di lembaga peserta masing-masing” ujarnya. Selain itu kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka menjalin silaturahmi. Peseta diklatpim tingkat III merupakan calon-calon pemimpin yang nantinya akan menjadi penggerak dari lembaganya masing-masing.

 

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Pusat PPPPTK BOE Drs Suwarno. Dalam sambutannya Suwarno menjelaskan tentang jenjang diklat yang terdiri dari dasar, menengah, lanjut, dan tinggi. Disebutkan pula bahwa PPPPTK BOE telah menerapkan standar kompetensi guru. Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Jojon Suherman, sang penggagas mapping kompetensi. Beliau menerangkan tentang fungsi dan manfaat diklat. Dijelaskan bahwa diklat merupakan saringan standar kompetensi guru yang bisa mengajar. “Banyak sekarang ini guru lulusan universitas terkemuka kurang dalam praktek” Kata Jojon. “Padahal dalam PPPPTK BOE terdapat semboyan bahwa guru yang berhak mengajar adalah yang mahir dalam melakukan praktek” imbuhnya. Dijelaskan juga disini, diperlukannya konsep program diklat yang dapat dievaluasi tingkat keberhasilannya. Sehingga diperlukan uji kompetensi guru untuk mengetahui tingkatan dari peserta. Acara dilanjutkan dengan seksi tanya jawab, keliling ke masing-masing bengkel di departemen dan penyerahan cindera mata berupa majalah dan buku 20 tahun VEDC.

Kunjungan diakhiri dengan makan bersama di lobi hotel PPPPTK BOE. "Terima kasih, kami sudah diijinkan untuk belajar di PPPPTK BOEdan telah mendapat informasi yang sangat bermanfaat", ujar Helmy salah satu peserta dalam rombongan tersebut. Secara keseluruhan, agenda kunjungan kali ini telah sesuai dengan program yang disusun. (mjd)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG