Berita

Sholat Berkualitas sebagai Obat Anti Galau

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 25 June 2013 Last Updated on Thursday, 27 June 2013 Published Date Written by DP

Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1434 H di aula Mitreka Satata VEDC Malang diadakan pengajian umum  Kamis, 20/06  dengan pembicara tunggal Ustadz Abu Haidar dari Perum Bumi Palapa Malang. Tema kali ini adalah “Dengan Peringatan Isra’ Mi’raj Kita Tingkatkan Kualitas Sholat” mendapat sambutan hangat dan antusiasme yang baik dari para peserta pengajian dari seluruh unsur yang ada di VEDC Malang, terutama para generasi muda dari kalangan LF dan PSG di samping para mahasiswa perhotelan. Hadir pula para pegawai dari unsur PNS, CPNS, ataupun yang masih tenaga honorer.

Sekitar pukul 9 WIB para peserta mulai berdatangan ke aula, melewati para penerima tamu untuk mendapatkan kotakan snack. Segera sesudah itu duduk lesehan di lantai aula yang berlapiskan karpet aneka rupa dan jenis. Sambil menunggu acara inti, mereka bisa makan snack sambil mendengarkan lantunan sholawat nabi yang dibawakan oleh satu grup sholawatan anak-anak muda belia yang dipimpin oleh Umar Tajudin, salah satu pegawai VEDC malang.

Pukul 10 WIB dimulailah rangkaian acara yang dibuka oleh Umar Tajudin sebagai MC dan segera diisi dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 1-11 oleh Istiqomah, LF Sie Data dan Informasi dan sari tilawah oleh Intan Nurul Hidayati, LF Sie Evaluasi. Dilanjutkan  dengan sambutan singkat oleh Susanto Raharjo dari Sie Penyelenggaraan, ketua panitia peringatan Isra’ Mi’raj 1434 H dan sambutan oleh pejabat VEDC yang diwakili oleh Suprayitno, kepala bagian umum. Baru kemudian masuk ke acara inti berupa tausiyah tentang tata sholat cara nabi yang disampaikan oleh Ustaz Abu Haidar.

Disampaikan kepada peserta pengajian bahwa manusia pada dasarnya diciptakan dengan penuh kelemahan di samping kesempurnaan yang dimilikinya. Salah satu kelemahan inti manusia adalah dia  merupakan makhluk gelisah, makhluk yang selalu galau dalam setiap langkah hidupnya. Dan setiap kegelisahan dan kegalauan akan menghalangi manusia untuk mencapai tenang dan bahagia yang merupakan idaman setiap insan di atas permukaan bumi. Untuk mengatasi itu maka Islam telah memberikan solusi berupa sholat. Sholat yang bagaimana ? Yaitu solat yang dikerjakan dan ditegakkan secara baik dan benar sesuai cara nabi dan dilakukan secara kontinyu terus menerus selama masih mampu menghirup udara kehidupan ini, sesibuk apapun kegiatan yang dimilikinya, mutlak solat tidak boleh ditinggalkan, terutama sholat wajib 5 waktu yang telah ditetapkan ketentuan dan waktunya dalam sehari semalam.

Hal-hal mendasar yang harus diperhatikan dalam upaya mencapai kualitas solat yang diharapkan oleh nabi meliputi 4 hal, yaitu : gerakan, bacaan, tepat waktu, dan khusyu sholat yang terkait adabnya. Tentunya hal itu harus didahului dengan pelaksanaan wudlu yang juga baik dan benar sesuai contoh nabi. Semua dibahas dengan cara yang ringan dan segar sehingga mudah ditangkap dan dipahami oleh para peserta pengajian. (DP)

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG