Login Form

Home

PPPPTK BOE MALANG SELENGGARAKAN PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH SERENTAK di 11 LOKASI

PPPPTK BOE Malang, Senin, 8/07 Pembukaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas dan Kepala Sekolah serentak dilaksanakan, tersebar di 11 titik lokasi di 3 propinsi, 9 lokasi dilaksanakan di Prop. Jawa Timur, peserta terdiri dari Pengawas dan Kepala Sekolah dari beberapa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prop. Jawa Timur,

Gorontalo dan Palangkaraya. Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan tanggal 8 s.d 14 Juli 2013. 2 tempat dilaksanakan di luar Prop. Jawa Timur,  1 lokasi di Gorontalo, 1 lokasi lainnya di Palangkaraya. Level Kepala Sekolah dilaksanakan di  PPPPTK BOE Malang terdiri atas 4 kelas untuk  jenjang SMK, 1 kelas  Mapel (Mata pelajaran) Bahasa, 2 kelas Mapel Sejarah dengan jumlah peserta 152 orang, untuk propinsi Gorontalo bertempat di Hotel Mega Zanur Gorontalo melaksanakan 1 kelas jenjang Kepala sekolah(SMP, SMA, SMK) untuk Mapel Bahasa  dengan jumlah peserta 39 orang, sedang pelaksanaan Kurikulum 2013 lainnya di Hotel  Grand Global Palangkaraya melaksanakan 1 kelas jenjang Kepala SekolahSMP, SMA, SMK  Mapel IPA dengan jumlah peserta 22 orang.

Pelatihan Kurikulum 2013 Level Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan & Kebudayaan wilayah Prop. Jawa Timur yang tersebar di 8 titiklokasi wilayah Malang Raya dengan rincian;  Pengawas SD di Klub Bunga Cottage & Resort Batu terdiri atas 6 kelas  dengan rincian; 3 kelas Mapel kelas 1, 3 kelas Mapel kelas IV jumlah peserta 232 orang. Pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi Pengawas SD di Hotel Harris Malang 6 kelas terdiri dari 3 kelas  Mapel kelas 1, dan 3 kelas Mapel kelas IV jumlah peserta223 orang. Pengawas SMP lainnya bertempat di Filadelfia Hotel - Batu dengan 4 kelas terdiri dari 1 kelas  Mapel  3 kelas Mapel IPS, jumlah peserta 154 peserta.  1 kelas dilaksanakan di Hotel Agrowisata-Batu untuk Mapel IPS dengan kehadiran peserta 26 orang, bertempat di Hotel Trio - Malang untuk jenjang Pengawas SMA dengan jumlah peserta 72 orang  1 kelas  Mapel Bahasa  dan 1 Mapel Sejarah. 2 Kelas Pengawas SMA lainnya dengan Mapel Sejarah dan Bahasa bertempat di Hotel Gajah Mada diikuti 71 peserta, Sedang Pelatihan Kurikulum 2013 lainnya bagi Pengawas SMA di Hotel Olino dengan 1 kelas Mapel Sejarah diikuti 35 peserta. Bertempat di Hotel Savana Malang jenjang SMK dengan jumlah 4  kelas  terdiri dari 1 kelas Mapel Bahasa, 3 kelas Mapel Sejarah dengan kehadiran 105 peserta. Jumlah keseluruhan peserta 1026 dari 1258 peserta yang direncanakan.

Secara keseluruhan pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Pengawas dan Kepala Sekolah di 11 titik lokasi berjalan lancar dan tertib sesuai dengan jadual yang telah direncanakan, dari registrasi peserta, pembagian modul materi, penjelasan teknis oleh fasilitator, hari pertama, dengan jadual sangat padat, diawali dengan pree test dilanjutkan  penyampaian materi oleh fasilitator/narasumber meliputi materi perubahan Mindset, Rasional dan Elemen perubahan Kurikulum 2013, SKL KL, KD dan pemberian tugas kelompok membaca dan menganalisa SKL, KL, KD, Buku Siswa dan Buku Guru.  

Hari kedua dilaksanakan Review hasil kelompok SKL, KL, KD dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013, Konsep pembelajaran  IPA/IPS terpadu, Konsep Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran, Konsep Penilaian Autentik, Analisis Buku Siswa/Guru dilanjutkan tugas Individu membuat rangkuman hasil Analisis Buku Siswa/Guru oleh nara sumber pusat dan tugas individu membaca Standar Proses, Isi, Penilaian.

Hari ke tiga dimulai tepat pk.08.00 WIB dengan materi Analisis Buku Siswa/Guru, menilai RPP, Merancang RPP, Merancang Penilaian Autentik, Simulasi Pembelajaran (tayangan Video) dimana para peserta diminta untuk menilai tayangan tersebut, tugas individu merevisi RPP untuk per Teaching. Pada sesi ini panitia dan para peserta benar-benar dibuat sibuk dan kerja keras, terlihat dari keseriusan raut wajah yang tampak tegang, bahkan para peserta dalam membuat RPP hingga jauh malam sebab hasil harus segera diprint dan dipresentasikan oleh masing-masing peserta.

Hari ke empat Simulasi Pembelajaran dan Presentasi contoh RPP dan Pree  Teaching dilakukan oleh masing-masing peserta. Post test dilaksanakan 2 kali. Hari Ke lima Pree Teaching (Refleksi) dan materi pendampingan hingga hari ke enam. Penilaian peserta dilakukan setiap akhir materi. Melalui serangkai acara penutupan, menyanyikan lagu bagimu negeri, pembacaan laporan ketua panitia, sambutan pejabat yang mewakili sekaligus menutup diklat dilanjutkan, kesan pesan dari peserta, ditutup dengan doa dan foto bersama hingga berakhir sudah seluruh rangkaian kegiatan. Minggu, 14/07 Penutupan Pelatihan Kurikulum 2013 serentak dilaksanakan di 11 lokasi berjalan dengan lancar dengan harapan dapat memberi manfaat positif dalam pelaksanaan diklat implementasi kurikulum 2013 dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga  perubahan yang ditawarkan Kurikulum 2013 ini membuat generasi muda Indonesia kreatif, inovatif, dan berkarakter.

Hasil evaluasi penyelenggaraan menyatakan bahwa secara umum peserta puas dengan materi maupun layanan akomodasi dan konsumsi. Peserta sangat antusias dalam mengikuti materi dari awal hingga akhir dan siap mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan segala tantangannya, peran serta Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru menjadi ujung tombak keberhasilan penerapan Kurikulum 2013 bagi siswa  di sekolah.(hmy/akm)

kurikulum.kemdikbud.go.id/




PPPPTK BOE. Jl.Teluk Mandar, Tromol Pos 5 Telp.0341-491239, 495849, Fax.0341-491342, Arjosari Malang Jawa Timur Indonesia