TIPS DAN INSPIRASI DESAIN DAPUR RUMAH MINIMALIS MODERN

Print
Category: Bangunan
Last Updated on Monday, 13 April 2015 Published Date Written by Budi martono

TIPS DAN INSPIRASI DESAIN DAPUR RUMAH MINIMALIS MODERN

Budi Martono

Abstraksi

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling vital dalam sebuah rumah minimalis modern. Tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern merupakan upaya kreatif dalam pemanfaatan ruangan secara maksimal pada rumah minimalis modern.

Kreatifitas desain harus menyatu dan serasi dengan ruangan dapur pada rumah minimalis modern.

Beberapa tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern terdiri dari sirkulasi/aliran udara lancar, cahaya sinar matahari/lampu cukup terang,pewarnaan dinding dan almari/cabinet dapur dengan warna yang cerah, dan pemilihan aksesoris dapur/ kitchen accessory yang sesuai.

Dengan tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern secara kreatif, maka ruangan menjadi efektif dan mendapatkan kenyamanan dalam beraktivitas di dalam dapur.

Kata kunci: Tips dan inspirasi, dapur rumah minimalis modern.

 

I.        PENDAHULUAN

Dapur adalah salah satu ruangan paling vital dalam sebuah rumah tinggal. Karena di dapurlah tempat menyiapkan salah satu kebutuhan paling pokok bagi penghuni rumah, yaitu makanan.

Meskipun kebanyakan posisi tata letak dapur rumah terletak di bagian belakang, namun bukan berarti untuk urusan desain yang menarik bisa disepelekan.

Tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern ini memberikan beberapa ide kreatif untuk merancang dapur pada rumah minimalis modern sebagai alternatif/pilihan bagi siapapun yang sedang membangun atau merenovasi rumah dan dapur. Sebagai tambahan wawasan tentang dapur rumah, untuk itu bisa membaca artikel berikut ini:

1.                    1. Dapur rumah

Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Dapur, pengertian dapur diuraikan sebagai berikut:

Dapur secara harfiah berarti suatu tempat, biasanya di dalam rumah, di mana seseorang melakukan suatu aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan. Aktivitas seperti ini dinamakan dengan kegiatan memasak. Di sisi lain, kata dapur juga bisa mengacu pada aktivitas memasak ini maupun hasil dari aktivitas ini.

Seiring dengan perkembangan budaya dan teknologi, perencanaan tata letak dapur modern saat ini mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa tiga fungsi utama dapur adalah menyimpan (kulkas, cabinet), mencuci (sink), dan memasak (kompor). Prinsip ini menekankan supaya antara ketiga fungsi tersebut tidak saling menghalangi namun juga jarak ketiganya tidak terlalu jauh sehingga dapat bekerja lebih efektif.

 

Gambar 1. Tiga fungsi utama dapur

Sumber:http://this-mymind.blogspot.com/2008/11/yuk-bikin-dapur.html

 

Dengan prinsip segitiga yang menyatakan bahwa tiga fungsi utama dapur adalah menyimpan, mencuci, dan memasak tidak saling menghalangi dan jarak ketiganya tidak terlalu jauh. Bentuk tata letak dapur ada beberapa macam seperti terlihat pada gambar berikut ini.

 

Gambar 2. Bentuk tata letak dapur

Sumber: https://septanabp.wordpress.com/tag/menata-dapur/

 

2.                     2. Rumah minimalis modern

Gambar 3. Rumah minimalis modern

Sumber: http://gambardesainrumah99.com/gambar-model-rumah-idaman-minimalis-modern/1500

 

Pengertian rumah minimalis modern adalah simple, memiliki bukaan-bukaan lebar, warna cenderung monokrom dengan sedikit aksen, permainan garis-garis yang tegas, serba kotak dan terkesan bersih.

Dalam arsitektur rancang bangun, desain interior tidak bisa dipisahkan dengan desain eksterior sebuah rumah. Desain eksterior sebuah rumah lebih cenderung dinikmati oleh orang yang lewat atau berkunjung ke rumah kita, sedang desain interior akan dinikmati secara terus-menerus oleh penghuni rumah tersebut, karenanya interior sebuah rumah haruslah nyaman dan indah menurut penghuni rumah.

Desain minimalis lebih mengacu pada orientasi fungsi dan bentukan yang sederhana. Yang kebanyakan mengambil unsur-unsur geometris yang tidak terkesan ‘ramai’. Unsur geometris ini secara psikologis memang mudah diterima, apalagi harapan kesan yang luas dan bersih sekarang ini sepertinya menjadi sebuah harga mahal. Yang tujuan akhirnya membuat rumah terasa senyaman mungkin sekaligus mampu meminimalisir tingkat stres penghuni.

 

     II.        TIPS DAN INSPIRASI DESAIN DAPUR

 1.    Sirkulasi/aliran udara lancar

Sirkulasi/aliran udara yang lancar adalah merupakan unsur penting yang membuat dapur selalu segar dan nyaman. Maka, keberadaan jendela, pintu, window/ceiling exhaust fan, dan cooker hood/kitchen exhuast fan di dapur menjadi sangat penting.

Hal ini menjadikan oksigen yang terbakar oleh api kompor dan bau masakan yang menyengat bisa digantikan oleh aliran udara baru, sehingga ruangan pun menjadi nyaman dengan kualitas udara segar di dapur.

 

Gambar 4. Dapur dengan jendela dan cooker hood/kitchen exhuast fan

Sumber: http://www.solusiproperti.com/inilah-kursi-goyang-yang-canggih/kitchen/artikel/pentingnya-jendela-di-dapur

 

 

Gambar 5. Dapur dengan pintu yang langsung ke teras luar

Sumber: http://www.disukai.com/2012/08/contoh-desain-dapur-minimalis-modern-sederhana.html

 

2.    Cahaya sinar matahari/lampu cukup terang

Selain aliran udara yang lancar, jendela dan pintu kaca pun meneruskan cahaya yang bisa menerangi dapur dan mencegah kelembaban di dapur, karena kelembaban udara bisa menumbuhkan organisme/jamur yang merugikan di ruang dapur.

Jendela di dapur bisa diletakkan di area dapur yang lebih lembab, yaitu di area cuci. Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan lebar area mencuci.

Anda juga bisa menempatkan jendela berkaca mati, tanpa engsel, namun sebaiknya tetap memiliki lubang udara yang meneruskan aliran udara dari luar ruangan. Lubang udara di bagian atas bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas yang mengalir ke bagian atas.

Kaca, jendela, pintu dan kusennya jangan lupa selalu dibersihkan dalam periode waktu tertentu. Hal ini harus dilakukan karena seringkali uap minyak menempel di kaca, jendela, pintu dan kusen jendelanya.

Untuk malam hari atau bila sinar matahari tidak cukup untuk menerangi dapur, maka bisa digunakan lampu sebagai alternatip penyinaran saat melakukan aktifitas di dapur. Pemilihan jenis dan letak lampu bisa disesuaikan dengan kebutuhan di dapur.

 

Gambar 6. Dapur dengan jendela, cooker hood, ceiling exhuast fan, dan lampu

Sumber:http://www.desainrumahminimalisterbaru.com/2014/06/desain-dapur-minimalis.html

 

Gambar 7. Dapur dengan sinar matahari dari atas dan lampu gantung

Sumber: http://desaininterior.me/2014/05/design-interior-modern-dapur-ruang-makan-ruang-keluarga/

 

 

3.    Pewarnaan dinding dan almari/cabinet dapur dengan warna yang cerah

Untuk menambah daya tarik dapur minimalis modern, bisa dipilih kombinasi warna antara dinding, almari/cabinet, meja dan kursi dapur dengan warna-warna pastel dan warna yang cerah secara tepat. Dengan memadukan warna diantara benda-benda tersebut, maka dapur akan terlihat menarik dan elegan.

Memilih warna hijau, oranye, atau merah dapat memberi kesan segar dan bersih. Bahkan warna merah dipercaya dapat menimbulkan selera makan. Jika dapur menyatu dengan ruang makan, tentunya warna merah bisa diaplikasikan.

 

 

 Gambar 8. Dinding dan almari dapur modern minimalis dengan warna pastel

Sumber:http://gambardesainrumah99.com/contoh-desain-lemari-dapur/2173

 

 

 

 

Gambar 9. Dinding dan almari dapur modern minimalis serta kursi dengan warna cerah

Sumber: http://www.rumahidealis.com/6-cara-mendesain-dapur-di-rumah-minimalis/

 

 

 

 

Gambar 10. Cabinet dapur modern minimalis dan kursi dengan warna merah

Sumber: http://desainrumahgratis.com/desain-dapur-rumah-minimalis-modern/

 

 

4.    Pemilihan aksesoris dapur/ kitchen accessory yang sesuai

Pemilihan aksesoris dapur yang berupa rak piring, tempat sendok, rak gantung, maupun rak pada laci bisa dipilihkan yang minimalis dari bahan stainless steel agar terkesan modern dan elegan.

Beberapa pilihan aksesoris dapur tersebut bisa dilihat pada gambar 11, 12, 13, 14 dan 15 seperti berikut ini.

 

 Gambar 11. Rak piring dan gelas yang bisa dipasang dalam cabinet

Sumber:http://gambardesainrumah99.com/contoh-desain-lemari-dapur/2173

 

 

 Gambar 12. Kitchen cabinet storage dari bahan stainless steel

Sumber: http://thefrenziedpolisher.blogspot.com/2013/05/kitchen-accessories-for-cabinets.html

 

 

Gambar 13. Kitchen dish rack dari bahan stainless steel

Sumber: http://desainrumahgratis.com/desain-dapur-rumah-minimalis-modern/

 

 

 Gambar 14. Shelving wall stainless steel kitchen racks sebagai tempat alat memasak

Sumber:http://www.aliexpress.com

 

 

 

 Gambar 15. Kitchen accessory wire basket sebagai penyimpan peralatan memasak

Sumber: http://inspiredkitchendesign.com/five-free-ikea-kitchen-design-hacks/

 

 

      III.        KESIMPULAN

Dapur rumah minimalis modern merupakan salah satu ruangan yang penting untuk ditata dengan baik secara kreatif dengan memanfaatkan ruangan semaksimal mungkin.

Tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern terdiri dari beberapa hal antara lain: sirkulasi/aliran udara lancar, cahaya sinar matahari/lampu cukup terang,pewarnaan dinding dan almari/cabinet dapur dengan warna yang cerah, dan pemilihan aksesoris dapur/ kitchen accessory yang sesuai.

Dengan tips dan inspirasi desain dapur rumah minimalis modern secara kreatif, maka ruangan menjadi efektif dan mendapatkan kenyamanan dalam beraktivitas di dalam dapur.

 

IV.        REFERENSI

 http://id.wikipedia.org/wiki/Dapur

http://this-mymind.blogspot.com/2008/11/yuk-bikin-dapur.html

https://septanabp.wordpress.com/tag/menata-dapur/

http://www.desainrumahminimalisterbaru.com/2014/06/desain-dapur-minimalis.html

http://desaininterior.me/2014/05/design-interior-modern-dapur-ruang-makan-ruang

http://www.rumahidealis.com/6-cara-mendesain-dapur-di-rumah-minimalis/

http://desainrumahgratis.com/desain-dapur-rumah-minimalis-modern/

http://thefrenziedpolisher.blogspot.com/2013/05/kitchen-accessories

http://www.aliexpress.com

      http://inspiredkitchendesign.com/five-free-ikea-kitchen-design-hacks/

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG