Bahan Finishing Kayu Ramah Lingkungan

Print
Category: Bangunan
Last Updated on Friday, 24 April 2015 Published Date Written by amin suminto

Bahan Finishing Kayu Ramah Lingkungan

Oleh :Amin Suminto (Widyaiswara Madya PPPPTK BOE. Malang) 

 

Abstraksi:

Pada zaman akhir-akhir ini sudah banyak orang yang mengeluh bahwa suasana lingkungan sudah semakinpanas dan tidak nyaman, salah satu penyebabnya adalah lingkungan yang semakin lama dengan bertambahnya penduduk dan efek rumah kaca yang tidak bisa kita hindari.

Penulis berusaha untuk mengurangi hal tersebut di atas yaitu menyajikan lingkungan di rumah, di kantor, di sekolah, di tempat pertemuan, dan dimana saja yang terdapat perkakas kayu yang difinishing, maka dihimbau sebaiknya segera menggunakan bahan finishing yang ramah lingkungan, agar tidak mengganggu kesehatan dan lingkungan.

Untuk finishing kayu masif maupun kayu lapis atau kayu olahan  yang bisa mengatasi masalah ini adalah bahan finishing jenis Aqua Wood Finish dari produsen Propan yang sudah lama mengembangkan memproduksi bahan finishing ini yang sudah tidak perlu diragukan kwalitas, hasil,  dan keamanannya. 

Kata kunci: kayu masif, kayu olahan, aqua wood finish.

 

Aqua Wood Finish adalah bahan finishing kayu yang ramah lingkungan:

Pada era global warming sudah kita ketahui sejak lama telah melanda dunia, yaitu bocornya lapisan ozon adalah gejalanya. Untuk mengurangi dampak tersebut, mulailah segera mungkin menggunakan produk yang ramah lingkungan sekarang juga.

                                

Gambar 1: Contoh Kemasan Aqua Wood Finish.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

Merawat meubel kesayangan terutama yang berbahan dasar kayu (kayu massib maupun kayu olahan), terbilang gampang-gampang susah. Pilihannya pun bermacam-macam. Dari banyak pilihan tersebut, hanya AQUA WOOD FINISH memberi solusi berbeda. Propan sebagai produsen yang berkonstrasi mengembangkan wood finishing system sejak lama. Kualitas dari Propan raya tidak perlu diragukan lagi.

 

Proses  Aplikasi Finishing Kayuramah Lingkungan

1.    Sebagai persiapan permukaan, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas yang bagus no.180, searah dengan serat kayu. Kemudian bersihkan debu amplas dari atas permukaan.

                   

Gambar 2: Persiapan permukaan / pengampelasan awal.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

2.     Aplikasikan IMPRA  Aqua Wood Filler AWF-911. Pastikan AWF-911 telah mengisi dan menutup seluruh permukaan kayu dengan efektif. Biarkan kering selama 60 menit.

                            

Gambar 3: Cara mendempul dengan Aqua Wood Filler AWF-911.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

3.     Amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga permukaan kayu terlihat lagi.

                                  

 

Gambar 4: Cara Pengampelasan setelah di Aqua Wood FillerAWF-911.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

4.      Aplikasikan IMPRA  Aqua Wood Stain AWS-921dengan cara di kuas kemudian setelah 2-3

      menit dibal, atau dengan cara dispray secara merata. Biarkan kering selama 60 menit.

                                    

Gambar 5: Cara pewarnaan dengan Aqua Wood Stain AWS-921.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

5. Campurkan IMPRA Aqua Sanding Sealer ASS-941 dengan 10% air (max), Kemudian aplikasikan dengan cara dispray (bila dikuas, pengenceran dengan air sebanyak 20%). Biarkan kering selama 120 menit kemudian amplas permukaan cat dengan kertas amplas no. 400.

                                   

Gambar 6: Cara penyemprotan Aqua Sanding Sealer ASS-941.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

6.      Campurkan IMPRA Aqua Lacquer AL-961 Clear Gloss/Clear Dof/Semi Gloss dengan 10% air (max), Kemudian diaplikasikan dengan cara dispray. (bila dikuas, pengenceran dengan air sebanyak 20%). Bila ingin memperoleh permukaan yang lebih halus/rata, biarkan kering selama 120 menit, amplas dengan kertas amplas no. 400 dan aplikasikan AL-961 sekali lagi.

                                    

Gambar 7: Cara menyemproat lapisan akhir dengan Aqua Lacquer AL-961 Clear Gloss.

Sumber: Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

 

Setelah melewati berbagai proses riset, kini telah ditemukan suatu system pelapis kayu terdepan saat ini. Merupakan misi perwujudan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan. Produk System finishing yang diberi nama Impra Aqua wood finish.

Sistem 
tersebut merupakan finishing kayu yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan manusia. Dengan menggunakan produk ini dengan sendirinya, berarti anda telah terlibat dalam gerakan pelestarian lingkung anda dan peduli kesehatan.


Impra Aqua wood finish itu 
sendiri terdiri dari serangkaian produk pelapis pelindung kayu water based (pengencer air) yang difomulasikan dengan bahan-bahan yang tidak mengandung logam berat, seperti timah, air raksa dan bahan kimia  lainnya yang dapat mengganggu kesehatan manusia .

Isi produk pada jenis ini mengandung VOC (Volatile Organic Compound) yang sangat rendah. Selain itu juga karena bahan dasarnya adalah pengencer air, produk Impra Aqua Finish mengeluarkan emisi pelarut organik yang sangat rendah atau di bawah ambang batas. Impra juga tidak berbau dan tidak mengandung formal dehyde.


VOC yang terlepas 
ke udara, baik pada saat aplikasi maupun setelah aplikasi, akan berdampak terhadap kerusakan lingkungan dan gangguan  kesehatan manusia. Dengan sifatnya yang tidak berbau. Maka produk ini juga tidak mengganggu kesehatan siaplikator maupun sipemakai meubel. Limbahnya pun tidak mengandung solvent dan bahan kimia beracun yang dapat mencemari air dan lingkungan sekitar.


Mungkin 
hanya produk Impra hijau yang terbilang cukup lengkap finishingnya. Dengan lima lapis pelindungnya, furnitur pun akan terjaga dengan baik dan berumur panjang. Untuk kualitasnya sendiri, propan merupakan produsen pelapis kayu yang terbaik dari yang pernah ada. Pilihan warna pelapis kayunya pun memiliki banyak pilihan. Jadi, lapisilah     meubel anda dengan pelapis ramah lingkungan yang standar Internasional. Menyayangi meubel anda, berarti menyayangi juga lingkungan di sekitar anda.


Tips

-   Gunakan sistem finishing kayu yang ramah lingkungan water based (Bahan dasar air)

Kenali meubel dari pemakaian system finishingnya. Apakah mengandung logam berat.

_ Karena akan membahayakan pernafasan bagi pengguna meubel dan anak-anak.

 

Kesimpulan:

     Finishing kayu masif maupun kayu lapis atau kayu olahan  yang bisa mengatasi masalah ini adalah bahan finishing jenis Aqua Wood Finish dari produsen Propan yang sudah lama mengembangkan memproduksi bahan finishing ini yang sudah tidak perlu diragukan lagi kwalitas, hasil,  dan keamanannya. 

    Bagi pelaksana finishing kayu, yang menggunakan bahan finishing ramah lingkungan jenis dari produsinya Propan, maka akan menghasilkan benda kerja yang sempurna, lebih  diminati banyak konsumen, dan ikut mendukung atau peduli terhadap program Pemerintah tentang Pendidikan Lingkungan Hidup yang baik.

 

Referensi :

-          Agus Sunaryo, 1997, Reka Oles Mebel Kayu, Yayasan Kanisius,Jogyakarta

-          Yuswanto, 2000, Finishing Kayu, Yayasan Kanisius, Jogyakarta.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG