TIPS & TRIK MEMPEROLEH HASIL PENGECATAN YANG BAIK PADA MEBEL DAN BANGUNAN

Print
Parent Category: ARTIKEL Category: Bangunan
Last Updated on Tuesday, 04 February 2014 Published Date Written by Budi martono

TIPS & TRIK MEMPEROLEH HASIL PENGECATAN YANG BAIK PADA MEBEL DAN BANGUNAN
oleh Budi Martono (Widyaiswara Dep.Bangunan)

 

Mebel dan bangunan dapat dijaga keindahannya dengan dilakukan perawatan oleh orang atau pekerja yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Salah satu perawatan mebel dan bangunan adalah dilakukan pengecatan dengan langkah atau cara yang tepat oleh tukang yang kompeten.

Berikut ini diuraikan beberapa tips untuk memperoleh hasil pengecatan yang baik, sebagai berikut:

1.      Permukaan benda kerja dibersihkan.

Permukaan benda kerja yang akan dicat diusahakan bebas atau bersih dari air, minyak, karat, debu, dan kotoran lainnya yang akan menghalangi merekatnya cat pada permukaan benda kerja.

 

2.      Sistem / jenis cat dipilih yang sesuai.

Kondisi lingkungan sekitar benda kerja diamati atau diperhatikan, selanjutnya dipilih jenis cat yang memenuhi syarat untuk beberapa kondisi berikut:

a.      Bila benda kerja akan terkena sinar matahari atau hujan secara langsung, maka cat yang digunakan harus tahan cuaca.

b.      Bila benda kerja berada di daerah dengan kelembaban tinggi, di lingkungan asam, atau terkena bahan kimia rumah tangga, maka harus dipilih cat yang tahan bahan kimia.

Dipilih cat yang sesuai dengan jenis bahan/benda kerja yang akan dicat, misalnya kayu, besi, genteng, asbes, dan lain-lain. Sebaiknya dihindari memilih jenis cat yang serba guna untuk semua jenis benda kerja. Cat yang serba guna tentu kualitasnya tidak sebaik dengan cat yang khusus untuk kayu atau untuk besi saja, karena setiap benda kerja punya karakteristik/spesifikasi masing-masing.

Diperhatikan juga masa pakai (life time) hasil pengecatan yang diinginkan karena juga menentukan jenis cat yang akan dipilih.

 

3.      Metode aplikasi dipilih yang sesuai.

Metode aplikasi atau pengerjaan dan alat yang dipakai untuk mengecat sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut: bentuk obyek yang akan dicat, lokasi obyek yang akan dicat, dan alat yang direkomendasikan oleh produsen cat.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka didapatkan beberapa metode berikut ini:

 

a.      Metode roller cocok diterapkan untuk pengecatan bidang datar yang lebar.

b.      Metode semprot/spray cocok diterapkan untuk pengecatan bidang lebar dan juga untuk benda yang lebih rumit/kompleks. Tetapi di lingkungan tertentu melarang digunakannya metode semprot karena debu yang ditimbulkannya kawatir mencemari ruangan.

c.       Metode kuas cocok diterapkan untuk pengecatan benda-benda kecil dan bidang berdiameter kecil, misalnya jeruji, kusen, dan sejenisnya.

 

4.      Memperhatikan tahap aplikasi yang dianjurkan oleh produsen cat.

Produsen cat biasanya mencantumkan tahapan aplikasi pada kemasan/tempat catnya. Dengan dilaksanakannya tahap aplikasi sesuai dengan produsen cat secara baik dan benar, maka sangat berpengaruh pada keberhasilan pengecatan.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG