BISNIS BENGKEL KECIL

Print
Category: Tek.Peng.Logam
Last Updated on Tuesday, 29 April 2014 Published Date Written by Suwardi

PELUANG MENDIRIKAN BENGKEL MESIN TENAGA KECIL

Drs. Suwardi, M.Pd. (Widyaiswara Departemen Teknologi Pengerjaan Logam PPPPTK BOE Malang)

Jumlah Mesin Berdaya Kecil dalam Penggunaan

Macam-macam  pekerjaan yang dilakukan mesin berdaya kecil adalah  luar biasa (gb.1). Mesin kecil digunakan pada pemotong rumput, sepeda motor, gergaji kayu rantai, pompa air, kompresor udara, gerinda, dan  mungkin masih banyak lagi. Diperkirakan ada jutaan motor kecil  yang digunakan di Indonesia. Beribu-ribu motor telah siap dipasarkan, ini artinya jumlah motor kecil akan bertambah terus.

 

 Gb.1 Berbagai jenis peralatan dan kendaraan bermotor kecil memberikan peluang pekerjaan.

Kebutuhan service

Beribu – ribu motor rusak tiap tahunnya. Sebagian mesin- mesin tadi betul – betul aus, sehingga masih membutuhkan servis tambahan kendatipun telah diservis dan direperasi. Sebagian lagi dari mesin – mesin bisa beroperasi jauh lebih lama bila pemilik mesin memperlakukannya dengan benar termasuk juga servisnya.

Motor kecil, seperti mesin-mesin lain, akan memberikan pelayanan maksimal apabila diperlakukan dengan benar; namun akan cepat aus dan tidak beres apabila tidak dirawat dengan benar. Itulah peluang bagi mekanik mesin kecil. Mereka akan  menservis mesin- mesin tersebut sehingga tahan lama, beroperasi lebih baik dan hasil kerjanya memuaskan.

Jenis – Jenis Peluang

Banyak teknisi memulai usahanya secara kecil – kecilan dan secara part- time. Sewaktu mereka belajar mesin, sekaligus mereka mulai menerima bayaran dengan menerima bayaran dengan mereparasi mesin milik tetangga atau teman (Gb.2).

 

 Gb.2 Banyak teknisi memulai usahanya dengan mereparasi kendaraan atau peralatan milik teman atau tetangga.

Bila mereka melakukan pekerjaan dengan baik, kerja part-time akan bertumbuh menjadi profesi.

Namun ada peringatan tertentu  yang harus diikuti bila Anda mengerjakan servis mesin didalam garasi. Pertama–tama adalah bahaya ledakan oleh bensin. Gas bensin yang memenuhi ruangan bisa meledakkan seluruh rumah Anda, besar kemungkinan seseorang atau beberapa terluka atau meninggal karenanya. Juga mengoperasikan mesin dalam ruangan tertutup sangat berbahaya karena mengeluarkan gas karbon monooksid. Bila Anda memulai bisnis sendiri dan Anda memerlukan penggantian suku cadang, anda dapat memperolehnya melalui ”authorized dealer” terdekat.

Banyak mekanik setelah menyelesaikan kursus mesin kecil bekerja di bengkel servis khusus untuk mesin berdaya kecil. Beberapa bengkel menservis untuk mesin – mesin merek tertentu, namun kebanyakan bengkel menerima pekerjaan untuk segala macam merek mesin.

Bisnis Sendiri

Ada banyak keuntungan dalam menjalankan bengkel milik sendiri, salah satunya Anda tidak bisa diberhentikan dari pekerjaan. Pendapatan yang diperoleh menjadi milik Anda sendiri. Anda menjadi orang yang mandiri. Namun juga ada kerugiannya; mungkin Anda menemui pekerjaan yang berat dan membutuhkan waktu berjam–jam lebih panjang untuk menyelesaikan nya dibanding bila dikerjakan oleh orang lain. Disamping Anda harus melakukan pekerjaan servis, Anda juga harus mengetahui cara berbisnis. Anda harus melakukan pekerjaan pembukuan dan jika Anda memperkerjakan orang lain, Anda bertanggung jawab atas orang ini. Kerja sambilan servis mesin berdaya kecil dapat tumbuh menjadi bisnis profesional.

 

 Gb .3 Bisnis part-time dapat berkembang menjadi bisnis full-time.

            Tugas Anda Sebagai Mekanik Mesin

Dimanapun Anda bekerja mempunyai tugas yang sama yaitu Anda harus mereparasi mesin berdaya kecil berbahan bakar bensin. Anda harus cakap bagaimana menggunakan peralatan tangan dan alat-alat ukur, melokalisasi gangguan mesin, memeriksa suku cadang terhadap kerusakan dan mereparasi atau mengganti suku- suku cadang tersebut.

Memasang ring piston dan bantalan juga merupakan dari bagian tersebut. Kemudian bila bagian-bagian sudah terpasang keseluruhan Anda harus menyetel karburator dan roda magnet, menservis bagian starter. Selanjutnya Anda harus menguji mesin agar mempunyai hasil kerja yang benar.

Bila Anda membayangkan segala sesuatu yang menjadi pekerjaan seseorang mekanik, tidak ada yang bisa diremehkan, semua penting.

Sumber:

William H. Crouse. 2001. Small Engine Mechanics.New York. Mc Graw-Hill

Diehl, Rickmann. 2003 . Vorberaitung Auf den Beruf. Hamburg. HANWERK UND TECHNIK

 

 

           

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG