Aplikasi Mikrokontroler sebagai Penghitung Antrian Bank dengan penampil Seven Segment

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Tuesday, 21 April 2015 Published Date Written by Akhmad Rofiq

 Aplikasi Mikrokontroler sebagai Penghitung Antrian Bank dengan Penampil
Seven Segment

Akhmad Rofiq

 
ABSTAK

Perencanaan aplikasi Mikrokontroler Untuk Pemrograman counter antrian bank dengan penampil Seven segment. Penyusunan artikel ini adalah merencanakan dan membuat aplikasi mikrokontroler, yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah antrian bank sesuai dengan jumlah nasabah yang datang secara otomatis akan menjumlah dan menunjukkan nomor tertentu dan pada teller tertentu pula. Aplikasi ini digunakan dalam antrian bank dengan teller sebanyak 5 orang. Dengan pengendalian dengan sistem mikrokontroler ini kesalahan yang diakibatkan oleh komponen dapat diatasi dengan program yaitu VEDC_LEMPS, dalam bahasa assembler. Dengan mikrokontroler kita bisa membuat berbagai aplikasi tanpa harus membuat rangkaian yang sangat rumit.

Kata kunci : Mikrokontroller, Antrian bank, Assembler, VEDC Lemps.

1         Pendahuluan

 Teknik mikrokontroler merupakan teknologi yang mampu mengolah data yang sangat rumit tanpa harus banyak memakai IC  tambahan yang cukup banyak, karena sebagian besar rangkaian IC dapat digantikan dengan mempergunakan program di dalam mikrokontroler system, sehingga teknologi mikroprosesor mulai ditinggalkan saat ini. Mikrokontroler paling banyak disukai dan dipakai dalam bidang otomatisasi di industri besar atau kecil didunia dan salah satu alternatif dalam bidang mikrokomputer yang mampu menciptakan suatu peralatan yang serba otomatis, dalam hal ini memakai mikrokontroler type MC68HC11F1 dari Motorolla adalah keluarga Microcontroller Units (MCUs) kecepatan tinggi, didalamnya terdapat 512 Bytes Electrically Erasable Programeble ROM (EEPROM), 1024 Bytes RAM, 8 Bit Analog to Digital Converter, Serial Communications Interface (SCI) dan dapat diperluas dengan menambah EPROM, RAM (expanded systems).

Makin besarnya penduduk dan luasnya permasalahan yang timbul dari sistem antrian secara manual dan semi otomatis, dan belum disiplinnya masyarakat kita dalam hal pelayanan. Untuk mengatasi masalah diatas, Bagaimana merencanakan peralatan yang mampu menghitung antrian pada Bank secara otomatis dan akurat dengan teknik Mikrokontroler.

 2       Blok diagram secara umum

Blok diagram perancangan sistem mikrokontroller lengkap digambarkan sebagai berikut :

Gambar 1. Diagram Blok Perancangan

Gambar diatas merupakan hubungan secara umum antara tombol teller1 sampai dengan tombol teller5 sebagai penambah satu setiap kali penombolan. yang dihubungkan ke Mikrokontroller PORTG0 sampai dengan PORTG4 sebagai masukan. Output dikeluarkan melaui PORTA0 sampai dengan PORTA6 ke Interface sevensegment. Komputer adalah sebagai pemrograman dengan bahasa assebler dari motorolla.

3       Rangkaian Interface

Interface seven segment adalah rangkaian yang dapat menampilkan data hasil proses berupa angka urutan antrian dan nomor teller yang bekerja atau memanggil pada tempat yang sesuai dengan lokasi teller.

Sehingga pelanggan tidak usah berdesak-desak untuk saling mendahului dengan kata lain nyelonong.


Gambar 2. Rangkaian Interface input
(Sumber : Perancangan sendiri)

          Gambar 2 Rangkaian diatas adalah rangkaian dengan tombol aktif high (jika ditekan belogika high) jika dilepas belogika low karena saklar tersebut diberi tahanan pull down sebesar 1 K Ohm. Untuk menyakinkan tegangan yang masuk benar benar digital 5 volt maka di berikan rangkaian buffer berupa IC 7407 open colektor dan dipull-up dengan tahanan 82 Ohm dengan sumber 5 V dc. Output saklar di masukkan ke PORTG0 sampai dengan  PORTG4.


Gambar 3. Rangkaian dioda seven segment

Rangkaian dioda seven segment adalah menunjukkan kaki-kaki  dan urutan segment a, b, c, d, e, f, g dan p (sebagai titik). Seven segment yang digunakan mempergunakan common catoda.


Gambar 4. Rangkaian dekoder seven segment

 Rangkaian dekoder seven segment terdiri dari 2 bagian dari keluaran PORTA yaitu PA0 sampai dengan PA3 adalah sebagai penunjuk data keluaran berupa angka BCD. Yang dikonversikan dalam angka desimal dengan IC 7449 pengubah dari BCD ke seven segment. Output dari IC 7449 di buffers dengan IC 7407 inverter open colektor dengan tahanan Pull up 100 Ohm agar arus yang keluar mampu menyalakan seven segment secara merata.

 Sedangkan untuk PA4 sampai dengan PA 6 adalah sebagai data scan, yaitu digunakan untuk menunjuk segment mana yang menyala secara bergantian. Dengan mempergunakan IC 74138 yang berfungsi sebagai dekoder baris atau pemilih seven segment. Output dari IC 74138 di buffers dengan IC 7407 inverter open colektor dengan tahanan Pull up 82 Ohm agar arus yang keluar mampu menyalakan seven segment secara merata. Karena data scan cukup cepat maka pada display tidak kelihatan mati hidup melainkan terus terus menyala sesuai dengan data yang masuk.

4.  Diagram flow Chart (Algoritma)
Program Utama



Program bagian Tombol 1 sampai dengan tombol5

Pada program  bagian ini terdiri dari 5 bagian yang sama sesuai dengan saklar yang diperlukan. Perbedaannya hanya terletak pada data yang di ANDkan yaitu :

Program bagian Display


5.    Pengujian sistem

Pengujian Peralatan Aplikasi Mikrokontroler untuk Pemrograman Penghitung Antrian Bank dengan penampil Seven Segment
1)   
Langkah-langkah pengujiannya adalah sebagai berikut :


2)    Pengujian fungsi:

6. Kesimpulan

 Dari hasil perencanaan dan pengujian dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Dengan menggunakan rangkaian diatas penekanan tombol teller dari 1 sampai dengan  tombol  teller  5 sesuai dengan perencanaan.
  2. Mikrokontroler MC68HC11F1 kita bisa membuat berbagai aplikasi tanpa harus memikirkan rangkaian yang sangat rumit.
  3. Mikrokontroler MC68HC11F1 memerlukan sumber arus yang sangat kecil (mA) dapat mengendalikan arus yang besar dengan bantuan interface.

 

7. Daftar Pustaka

  1. HC 11, MC68HC11F1 Technical Data Motorola Inc, 1990 High-Density Complementary Metal Oxide Semiconduktor (HCMOS) Microcontroller Unit.
  2. Microprosesor Data Hand Book, Micro-Tech Publications Po.Box 50688, Dubai (U.A.E) 1992 Edition.
  3. Einfuehrung in die Microkontrollertechnik Verfasser Und Copy right : Bruno Wamister, 3664 Burgistein-Doft, 1996