RANGKAIAN MULTIPLEXER DAN DEMULTIPLEXER DIGITAL MENGGUNAKAN IC JENIS TTL TIPE SN 741LS51 DAN SN 74LS139

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 27 April 2015 Published Date Written by Sodikin Susaat

RANGKAIAN MULTIPLEXER DAN DEMULTIPLEXER  DIGITAL MENGGUNAKAN IC  JENIS TTL TIPE SN 741LS51 DAN SN 74LS139

 

Oleh: Sodikin Susa’at
Widyaiswara Madya P4TK BOE/VEDC Malang

_________________________________________________________________________

 

ABSTRAK:

Multiplexer adalah suatu rangkaian elektronik digital yang sering disebut juga sebagai data selector. Multiplexer mempunyai multi input dan umumnya akan dipilih hanya salah satu input tersebut untuk dikeluarkan pada bagian output berdasarkan selektor data yang dipilih. Sedangkan kebalikannya adalah  Demultiplexer, yaitu umumnya mempunyai banyak kombinasi output  sesuai dengan saklar pemilih data atau selector data digital yang dikehendakinya. IC Multiplexer yang disimulasikan di sini adalah jenis IC TTL SN74LS151 mempunyai 8-data input (D0-D7) , 3-buah saklar pemilih (C, B, A) , dan 1-buah strobe atau enable (G), serta 1-buah output (Y) dan output (W) yang lain merupakan kebalikan dari output Y (W= Y).   Pada IC 74LS151 ini, jikadata input8-bit tersebut terjadi  sembarang, dan strobe atau enable G harus dikondisikan “low” (“0”), dengan  control data selector (C, B,A) berurutan kombinasinya sesuai tahapan counter, maka output Y pada multiplexer dipilih salah satu sesuai urutan counter data selector , yaitu mulai dari D0-D7). Aplikasi multiplexer inin sangat cocok untuk saluran bus data pada teknik mikrokomputer.  Untuk Demultiplexer apada simulasi ini digunakan IC jenis TTL dengan tipe SN74LS139. IC 74LS139 ini mempunyai 2-buah demultiplexer, dimana masing-masing  demultiplexer mempunyai4- buah  output, yaitu 1Y0, 1Y1, 1Y2, dan 1Y3, 1-buah enable, serta 2-buah data selector.  Output akan keluar semua, mulai dari 1Y0 sampai dengan 1Y3 secara berurutan logika “L” (“0”) untuk kondisi Enable dalam kondisi “L” (“0) dengan data selector (B, A)  secara berturut-turut  sesuai counter decimal, yaitu : mulai kondisi 0001, 10, sampai  11, sehingga outputdemultiplexermasing-masing menghasilkan  berturut-turut ke baris bawahmulai 1Y0, 1Y1, 1Y2, sampai 1Y3 dengan kondisi logika : 0111; 1011; 1101; sampai 1110. Aplikasi demultiplexer ini sangat cocok untuk operasi  motor stepper dc.

 

 

Kata kunci: multiplexer, demultiplexer

 

1.   MULTIPLEXER (DATA SELECTOR) DAN DEMULTIPLEXER

Multiplexer digital adalah suatu rangkaian elektronik digital yang berfungsi sebagai pemilih data (data selector). Oleh karenanya dalam menerangkan prinsip kerjanya multiplexer dianalogikan sebagai saklar putar (rotary switch).Rangkaian multiplexer yang disimulasikan di sini adalah jenis IC TTL SN74LS151 mempunyai 8-data input (D0-D7) , 3-buah saklar pemilih (C, B, A) , dan 1-buah strobe atau enable (G), serta 1-buah output (Y) dan output (W) yang lain merupakan kebalikan dari output Y (W= Y).   Pada IC 74LS151 ini, jikadata input8-bit tersebut terjadi  sembarang, dan strobe atau enable G harus dikondisikan “low” (“0”), dengan  control data selector (C, B,A) berurutan kombinasinya sesuai tahapan counter, maka output Y pada multiplexer dipilih salah satu sesuai urutan counter data selector , yaitu mulai dari D0-D7). Aplikasi multiplexer ini sangat cocok untuk saluran bus data pada teknik mikrokomputer. 

Rangkaian  Demultiplexer, digital umumnya mempunyai banyak kombinasi output  sesuai dengan saklar pemilih data atau data selector digital yang dikehendakinya.

 

Untuk Rangkaian Demultiplexer apada simulasi ini digunakan IC jenis TTL dengan tipe SN74LS139. IC 74LS139 ini mempunyai 2-buah demultiplexer, dimana masing-masing  demultiplexer mempunyai4- buah  output, yaitu 1Y0, 1Y1, 1Y2, dan 1Y3, 1-buah enable (G), serta 2-buah data selector (B,  dan A).  Output akan keluar semua, mulai dari 1Y0 sampai dengan 1Y3 secara berurutan logika “L” (“0”) untuk kondisi Enable dalam kondisi “L” (“0) dengan data selector (B, A)  secara berturut-turut  sesuai counter decimal, yaitu : mulai kondisi 0001, 10, sampai  11, sehingga outputdemultiplexermasing-masing menghasilkan  berturut-turut ke baris bawahmulai 1Y0, 1Y1, 1Y2, sampai 1Y3 dengan kondisi logika : 0111; 1011; 1101; sampai 1110. Aplikasi rangkaian demultiplexer ini sangat cocok untuk operasi  motor stepper dc.

 

lain yang ada pada lampiran (gunakan bantuan sofware yang anda kuasai: EWB; Liveware; atau Multisim).

 

 

 

 

 

Gambar 1.5 Rangkaian Multiplexer IC 74LS151 dengan

 

    Control Data Selector IC 74LS90

 

 

Gambar 1.6 Rangkaian Multiplexer 74LS151 dengan
                        Pengendali Data input menggunakan IC 74LS90
  (menggunakan software Livewire)

 

Simulasi Aplikasi Rangkaian Demultiplexer

 

Table 1.2 di atas sebelah kanan, merupakan fungsi dari IC Demultiplexer 74LS139 sehingga dapat disimulasikan menggunakan software electronic EWB, karena Library dari IC demultiplexer SN74LS139 tidak terdaftarpada software Livewire, maka digunakan software EWB yang memmpunyai daftar Library IC demultiplexer SN74LS139 seperti gambar rangkaian berikut. 

 

Simulasi Aplikasi Pengembangan Rangkaian Demultiplexer

Dengan berdasar table 1.2 di atas sebelah kanan, merupakan fungsi dari IC Demultiplexer 74LS139 dapat dikembangakan aplikasinya, yaitu dikombinasikan dengan 7-segment dan rangkaian analog OP-Amp uA741 untuk menghidupkan/ mengoperasikan beban analog (misalnya LED, Motor DC, Lampu DC 24V dan lain-lainya sesuai dengan beberapa data output yang dipilihnya dengan menggunakan software electronic EWB, karena Library dari IC demultiplexer SN74LS139 tidak terdaftarpada software Livewire, maka digunakan software EWB yang memmpunyai daftar Library IC demultiplexer SN74LS139 seperti gambar rangkaian berikut.

Fungsi IC OPAmp uA741 hanya sebagai interface untuk driver beban yang membutuhkan tegangan analog besar (sekitar 24VDC, atau ±12VDC). Dan data output yang dipilih dihubungkan dengan OP Amp sesuai dengan keperluan control data selector yang diinginkan.

KESIMPULAN

1.    Multiplexer digital adalah suatu rangkaian pemilih data (data selector) yang mempunyai multi input dan satu output.Output Multiplexer dipilih oleh Selector dan kondisi Enable (Strobe).

2.    Demultiplexer digital adalah suatu kebalikan dari rangkaianmultiplexer yang mempunyai multi output yang dapat dipilih sesuai dengan Selector data dan  kondisi Enable (Strobe).

3.    Daftar library komponen elektronik terutama rangkaian terpadu (IC: Integrated Circuits) jenis TTL  pada software EWB lebih lengkap dibandingkan software Liveware.

 

DAFTAR PUSTAKA

1.  Leonhardt, Erich. 1984.Grundlagen der Digitaltechnik. Berlin: VEB Verlag Technik, Berlin,      Deutschland.

2. Marston, R.M. 1990. 110 Integrated Circuit Projects for the Home Constructor. USA: A.                 Newnes TechnicalBook.

3. Texas Instruments. 1973. Das TTL-Kochbuch-herausgegeben von Texas Instruments: Aplikationslabor. Deutschland: Texas                  Instruments Deutschland, GmbH.

 

4. Texas Instruments. 1985. The TTL Data Book  for EngineersVolume 1. Standard TTL, Low-        Power Schottky, Schottky. USA:         Texas Instruments.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG