Pemahaman Macam-macam Simbol Rangkaian Elektronika

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 27 April 2015 Published Date Written by Arie Eric R

 

Abstraksi

Gambar rangkaian elektronika adalah skematik untuk mendisain, membuat dan mencari kesalahan rangkaian. Pemahaman bagaimana untuk membaca dan mengikuti alur skematik adalah keterampilan yang sangat penting bagi seseorang yang bergelut dibidang elektronika. Komponen elektronika ini terbuat dalam satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi. Untuk design rangkaian yang diinginkan, komponen elektronika berperan sama sesuai fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus atau tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat arus serta banyak manfaat yang lain.
Dalam menganalisa rangkaian elektronika atau membuat skema rangkaian elektronika, kita mesti tahu komponen-komponen yang dipakai. Komponen-komponen ini dalam skema rangkaian elektronika diigambar menurut simbol-simbol yang telah ditetapkan. Sesi ini mengantar anda untuk dapat memahami skematik rangkaian secara penuh, yang akan di awali dengan pemahaman tentang symbol-simbol dasar skematik elektronik. Piranti-piranti komponen elektronika digambarkan oleh simbol-simbol tertentu, Dimulai dari yang melekat langsung pada papan rangkaian, berbentuk PCB yang disolder melekat atau tak melekat langsung pada papan rangkaian (menggunakan alat penghubung lain, umpamanya kabel).

Manfaat simbol-simbol komponen elektronika yakni untuk memudahkan serta mengetahui karakteristik komponen dalam suatu rangkaian elektronika. Belajar elektronika sebaiknya mengerti serta mengetahui simbol-simbol komponen yang dipakai dalam suatu rangkaian elektronika.
Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat memahami Macam-macam Simbol Penghubung, Macam-macam Simbol Resistor, Macam-macam Simbol Kapasitor,  Macam-macam Simbol Induktor, Macam-macam Simbol Sakelar dan Relay, Macam-macam Simbol Sumber Tegangan, Macam-macam Simbol Alat Ukur,  Macam-macam Simbol Lampu, Macam-macam Simbol Antena, Macam-macam Simbol Transistor, Macam-macam Simbol Dioda, Macam-macam Simbol Gerbang Logika dan Macam-macam Simbol Lain.

Gambar rangkaian elektronika adalah skematik untuk mendisain, membuat dan mencari kesalahan rangkaian. Pemahaman bagaimana untuk membaca dan mengikuti alur skematik adalah keterampilan yang sangat penting bagi seseorang yang bergelut dibidang elektronika. Komponen elektronika ini terbuat dalam satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi. Untuk design rangkaian yang diinginkan, komponen elektronika berperan sama sesuai fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus atau tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat arus serta banyak manfaat yang lain.

Kata kunci : simbol-simbol komponen elektronika, rangkaian-rangkaian elektronika.

 

1.    Macam-macam Simbol Penghubung

Beberapa komponen elektronika akan terpasang pada sebuah rangkaian, penghubung antara kaki-kaki masing-masing komponen menggunakan sebuah garis  seperti ditunjukkan pada table dibawah ini:

 

2.    Macam-macam Simbol Resistor

Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm. Resistor digunakan sebagai bagian dari rangkaian elektronik dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium).


Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan.

 

3.    Macam-macam Simbol Kapasitor

Kapasitor atau sering disebut sebagai kondensator adalah suatu alat yang dapat menyimpanenergi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung. Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.

 

4.    Macam-macam Simbol Induktor

Sebuah induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday. Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik.

 

5.    Macam-macam Simbol Sakelar dan Relay

Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronikaarus lemah. Secara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu.

Relai adalah suatu peranti yang menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan seperangkat kontak sakelar. Susunan paling sederhana terdiri dari kumparan kawat penghantar yang dililit pada inti besi. Bila kumparan ini dienergikan, medan magnet yang terbentuk menarik armatur berporos yang digunakan sebagai pengungkit mekanisme sakelar.

 

6.    Macam-macam Simbol Sumber Tegangan

Pencatu Daya (power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

 

7.    Macam-macam Simbol Alat Ukur

Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Alat ukur listrik adalah untuk mengukur kejadian listrik. Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat aruslistrik yang ada dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemenlistrik. ara menggunakannya adalah dengan menyisipkan amperemeter secara langsung ke rangkaian. Voltmeter adalah alat/perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian.

 

8.    Macam-macam Simbol Lampu

Lampu adalah sebuah peranti yang memproduksi cahaya. Kata "lampu" dapat juga berarti bola lampu. Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi. Lampu pijar dipasarkan dalam berbagai macam bentuk dan tersedia untuk tegangan (voltase) kerja yang bervariasi dari mulai 1,25 volt hingga 300 volt.

 

 

9.    Macam-macam Simbol Antena

Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara. Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi dan gain. Panjang antenna secara efektif adalah panjang gelombang frekuensi radio yang dipancarkannya. Antenna setengah gelombang adalah sangat poluler karena mudah dibuat dan mampu memancarkan gelombang radio secara efektif.

 

10.    Macam-macam Simbol Transistor

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E) dan Kolektor (C). Tegangan yang di satu terminalnya misalnya Emitor dapat dipakai untuk mengatur arus dan tegangan yang lebih besar daripada arus input Basis, yaitu pada keluaran tegangan dan arus output Kolektor.

 

11.    Macam-macam Simbol Dioda

Diode adalah komponen aktif dua kutub yang pada umumnya bersifat semikonduktor, yang memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah (kondisi panjar maju) dan menghambat arus dari arah sebaliknya (kondisi panjar mundur). Diode dapat disamakan sebagai fungsi katup di dalam bidang elektronika. Diode sebenarnya tidak menunjukkan karakteristik kesearahan yang sempurna, melainkan mempunyai karakteristik hubungan arus dan tegangan kompleks yang tidak linier dan seringkali tergantung pada teknologi atau material yang digunakan serta parameter penggunaan.

Beberapa jenis diode juga mempunyai fungsi yang tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan.

 

12.    Macam-macam Simbol Gerbang Logika

Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.

 

13.    Macam-macam Simbol Lain