Memahami Teknik Gambar Rangkaian Elektronika

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 27 April 2015 Published Date Written by Arie Eric R

 

Abstraksi

Beberapa perangkat lunak seperti Electronics WorkBench (EWB), Protel dan EAGLE adalah sebuah paket simulasi untuk menggambar rangkaian-rangkaian elektronika beserta rangkaian papan tercetaknya (PCB). Perangkat lunak ini membantu untuk mendisain dan membuat PCB tanpa memerlukan ukuran komponen real. Operasi perangkat lunak ini menggunakan cara mengklik dan memindahkan komponen dan garis penghubung, sehingga membuat editing rangkaian dan jalur PCB secara cepat dan mudah. Perubahan parameter dan komponen-komponen rangkaian dapat dilakukan langsung, yang mana membuat analisa “Apa….jika….” dapat langsung terjawab. Tutorial ini mengenalkan secara cepat kelebihan-kelebihan dasar perangkat lunak EAGLE ini.
Pertama tutorial, membimbing anda melalui langkah-langkah dasar pembuatan rangkaian bersama dengan pembuatan PCB. Akhirnya tutorial memberikan pemahaman secara mendetail tentang cara membuat rangkaian elektronika menggunakan EAGLE. Itu akan sangat membantu memahami elektronika jika anda menggunakan EAGLE dalam proses interaktiv yang bermanfaat. Pada saat pertama anda membuka EAGLE, tersedia sebuah jendela rangkaian kosong dengan toolbar rangkaian, menejemen file, tool editing dan tool grafik dan tool bar part komponen yang mana dari toolbar ini anda dapat memilih elemen-elemen rangkaian.
Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat Memulai Program Pembuat Skematik Rangkaian Elektronika EAGLE, Library, Aturan desain, Bahasa Program User, Project, Persiapan Project, Membuat sebuah file skematik, Membuat sebuah file board, . EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat dicetak sesuai dengan ukuran disain.

Kata kunci : EAGLE, rangkaian-rangkaian elektronika , PCB,

 

 Memahami Teknik Gambar Rangkaian Elektronika

1.    Memulai Program Pembuat Skematik Rangkaian Elektronika EAGLE

Pada saat program EAGLE diaktifkan, maka akan kotak berikut ini akan ditampilkan.

 

Sebuah panel kontrol seperti gambar di atas ditampilkan ketika memulai EAGLE. Sebuah menu akan ditampilkan di jendela di sebelah kiri.

2.    Library

Banyak data bagian terdaftar di Perpustakaan. Anda dapat merujuk pada isi yang terdaftar ketika Anda mengklik tanda +. Library ini digunakan saat membuat skematik. Dalam hal ini, library disebut dari jendela skematik. Panel kontrol dapat melakukan kontrol yang efektif dan tidak valid dari library.

Sebuah layar seperti kiri ditampilkan saat membuka Library. Hal yang penting adalah tanda hijau. Tanda ini menunjukkan kondisi yang dapat digunakan Library.

Jumlah library sangat besar. Hal ini menjadi rumit ketika membuat semua efektif. Dalam hal ini, library dapat dibuat tidak valid ketika menghapus tanda centang dari "Gunakan" dengan menu yang ditampilkan dengan mengklik kanan nama Library. Saat menghilangkan tanda cek dari "Gunakan", tanda hijau berubah menjadi lingkaran kecil berwarna abu-abu.

 

Ketika membuat semua library dapat digunakan, ia memilih "Gunakan semua" dari menu yang ditampilkan dengan mengklik kanan sebuah library dari Control Panel. Semua library menjadi berguna dengan ini. Namun, dengan operasi ini, library yang dibuat tidak perlu digunakan menjadi suatu kondisi yang dapat digunakan. Perhatian diperlukan.

 

 

3.    Aturan desain

Desain aturan adalah aturan ketika menggambar pola seperti ketebalan, interval garis, ukuran pad instalasi bagian ketika membuat desain pola otomatis. Mereka dapat diatur dengan menu ini.

4.    Bahasa Program User

Berbagai alat program yang terkandung dalam menu ini. Alat daftar bagian ini akan digunakan pada skematik, dapat ditampilkan.

5.    Project

Dalam EAGLE, konsep, project, digunakan pada kesempatan menciptakan sebuah pola. Data dari skematik, situasi kerja dan sebagainya yang terkandung dalam project tersebut. Ketika membuat pola, project harus dibuat terlebih dahulu. Sebuah pola dibuat dengan membuat skematik dalam project. Sebuah project yang dibuat ditambahkan ke menu ini. Jadi, perubahan ke project lain pekerjaan dilakukan dari menu ini.

6.    Persiapan Project

Untuk menghasilkan pola masker untuk board tercetak secara otomatis oleh EAGLE, project harus diciptakan.

Pilih sebuah project dengan panel kontrol dan pilih "New Project" dari menu yang ditampilkan dengan klik kanan.

Sebuah folder project baru dibuat dalam proyek ini. Mengatur nama project. Dalam contoh ini, ditetapkan "test" sebagai nama project. Nama dapat diubah kemudian. Nama dapat diubah dengan memilih "Rename" dari menu yang ditampilkan dengan klik kanan. Ketika project ini bekerja, tidak mungkin untuk mengubah nama. Dalam hal ini, pilih "Close Project" dari menu yang ditampilkan dengan klik kanan. Ketika sebuah project ditutup, tanda hijau berubah menjadi tanda abu-abu kecil. Dalam kondisi ini, nama project dapat diubah.

7.    Membuat sebuah file skematik

File untuk menggambar skematik yang harus dilakukan setelah membuat sebuah project.

Pilih "New" dari menu yang ditampilkan dengan mengklik kanan proyek dan pilih "Skematic".

Dengan operasi di atas, jendela untuk menggambar skematik yang baru ditampilkan. Dalam kondisi ini, file yang sebenarnya belum dibuat.

 

Pilih menu File dan pilih "Save as ...". File ini dibuat dengan operasi ini.

8.    Membuat sebuah file board

Dalam proyek tersebut, berkas lain yang penting harus dibuat. Ini adalah file yang disebut board untuk menggambar pola masker untuk board tercetak. File board dapat dibuat setelah menggambar skematik. Skematik dan board bekerja di bersama-sama. Ketika menambahkan part untuk skematik, part ditambahkan ke board, juga. Jadi, ketika menggambar skematik, perlu untuk menjaga board kondisi selalu terbuka.

Board dapat dibuat dengan mengklik icon "Board" di jendela skematik.

 

Bila board belum dibuat, maka muncul dialog berikut.

 Sebuah file board dibuat dengan menekan tombol "Yes". Nama file yang sama seperti file skematik. Tapi, ekstensi ". brd".

Setelah window board ditampilkan. Dalam kondisi ini, file yang sebenarnya belum dibuat.

Sebuah file board dibuat dengan mengklik ikon "Save" di jendela board.

 

Keberadaan file skematik dan file board dapat dikonfirmasi oleh proyek "test" dari panel kontrol.

 

Kesimpulan

Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat Memulai Program Pembuat Skematik Rangkaian Elektronika EAGLE, Library, Aturan desain, Bahasa Program User, Project, Persiapan Project, Membuat sebuah file skematik, Membuat sebuah file board. EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat cicetak sesuai dengan ukuran disain.

 

Referensi

 .............., EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout-Editor) Tutorial Version 4.1, CadSoft Computer Inc, 2004.

 

.............., http://www.cadsoftusa.com/download-eagle/

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG