Memilih Part pada Skematik

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 27 April 2015 Published Date Written by Arie Eric R

 

Abstraksi

Beberapa perangkat lunak seperti Electronics WorkBench (EWB), Protel dan EAGLE adalah sebuah paket simulasi untuk menggambar rangkaian-rangkaian elektronika beserta rangkaian papan tercetaknya (PCB). Perangkat lunak ini membantu untuk mendisain dan membuat PCB tanpa memerlukan ukuran komponen real. Operasi perangkat lunak ini menggunakan cara mengklik dan memindahkan komponen dan garis penghubung, sehingga membuat editing rangkaian dan jalur PCB secara cepat dan mudah. Perubahan parameter dan komponen-komponen rangkaian dapat dilakukan langsung, yang mana membuat analisa “Apa….jika….” dapat langsung terjawab.
Tutorial ini mengenalkan secara cepat kelebihan-kelebihan dasar perangkat lunak EAGLE ini. Pertama tutorial, membimbing anda melalui langkah-langkah dasar pembuatan rangkaian bersama dengan pembuatan PCB. Akhirnya tutorial memberikan pemahaman secara mendetail tentang cara membuat rangkaian elektronika menggunakan EAGLE. Itu akan sangat membantu memahami elektronika jika anda menggunakan EAGLE dalam proses interaktiv yang bermanfaat. Pada saat pertama anda membuka EAGLE, tersedia sebuah jendela rangkaian kosong dengan toolbar rangkaian, menejemen file, tool editing dan tool grafik dan tool bar part komponen yang mana dari toolbar ini anda dapat memilih elemen-elemen rangkaian.

Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat membuat Jendela Penambah Part, Penambahan Part (Add), Menampilkan Pengaturan Layar, Menghapus Part (Delete), Memindahkan Part (Move), Penambahan Terminal Tegangan dan Ground (Invoke), Memutar Part (Rotate), Menetapkan Nilai Part (Value), Menetapkan Nama Part (Name) dan Mengganti Nama dan Posisi Part (Smash) . EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat cicetak sesuai dengan ukuran disain.

Kata kunci :  EAGLE, rangkaian papan tercetaknya (PCB), part.

 

Memilih Part pada Skematik

Untuk membuat pola mask board tercetak, skematik harus digambarkan. Part yang digunakan dengan skematik yang dipilih dari satu yang terdaftar di library. Data part yang diperlukan untuk menggambar pola sebagai simbol skematik, bentuk, susunan pin dari part tersebut, dan sebagainya, yang terkandung di library. Ketika part untuk akan digunakan tidak terdaftar di library, perlu untuk mencari part yang sama atau membuatnya. Dalam kasus ini, pekerjaan pemilihan part bermasalah. Semua part yang digunakan saat ini adalah memilih dari library standar

1.       Jendela Penambah Part

Untuk menambahkan part untuk skematik, klik "ADD" tombol yang diletakkan di sisi kiri di jendela skematik.

Dengan operasi ini, setelah jendela penambahan part ditampilkan

Nama yang ditampilkan dalam kolom Nama adalah isi yang terdaftar di library.

2.       Penambahan Part (Add)

Inverter (7404) akan ditempatkan pada skematik pertama. Klik tanda "+" pada 74xx dan muncul daftar part dan 74LS04N dipilih dari kelompok 74*04.

Part ini dipilih ketika menekan tombol "OK". Jangan menekan "Drop". Ketika menekan tombol "Drop", part ini dihapus dari daftar. Ketika telah salah menekan tombol "Drop", maka harus membuka "library" dari panel kontrol, dan klik part yang telah jatuh di sebelah kanan dan itu membuat "Use".

Ketika tombol OK ditekan, part ditampilkan pada skematik. Dalam kondisi ini, part bergerak sesuai gerakan mouse. Penekanan tombol kiri mouse ke posisi penempatan part. Posisi part nanti dapat diubah. Part ini dapat diletakkan secara terus menerus. Ketika menempatkan satu, menjadi mode untuk menempatkan part selanjutnya. Enam inverter disimpan di 74LS04. Kali ini, dua elemen yang digunakan. Namun, peletakan semua enam inverter pada skematik.

3.       Pembatalan Fungsi (Cancel)

Untuk membatalkan penambahan part, dilakukan dengan menekan tombol ESC atau menekan fungsi “Cancel” dalam jendela skematik. Bila tombol ESC ditekan, jendela penambahan part muncul kembali dan dapat memilih part yang lain secara langsung.

4.       Menampilkan Pengaturan Layar

Bila part yang ditampilkan pada skematik terlalu kecil, penekanan tombol “Fit”, memungkinkan untuk membuat sebuah rangkaian akan sesuai dengan jendela.

 

5.       Menghapus Part (Delete)

Part yang telah digambar pada skematik dapat dihapus dengan menekan tombol “Delete”. Setelah penekanan tombol ini, akan menghapus part apabila klik pada part yang akan dihapus.

6.       Memindahkan Part (Move)

Ketika memindahkan part yang telah diletakan pada skematik, gunakan tombol “Move”. Perpindahan dengan mouse dilakukan dengan menekan part setelah menekan tombol “Move”. Part terletak fix bila diklik sekali lagi setelah menggerakkan maus ke posisi yang diinginkan. Untuk menghentikan fungsi pemindahan, klik tombol “Cancel”.

 

7.       Penambahan Terminal Tegangan dan Ground (Invoke)

Inverter membutuhkan pengawatan untuk tegangan dan ground. Penambahan part dilakukan oleh tombol “Add”, itu memungkinkan untuk memilih elemen tetapi itu tidak dapat memilih terminal tegangan dan ground. Tombol “Invoke” digunakan untuk penambahan terminal tegangan dan ground. Ketika penekanan tombol “Invoke” dan mengklik sebuah elemen inverter pada skematik, keadaan dari piranti akan ditampilkan. Tabel ini, menampilkan elemen yang tidak digunakan pada piranti. Karena elemen-elemen D dan H sudah digunakan pada skematik, itu tidak mungkin dipilih. P adalah terminal tegangan dan ground. Bila menekan tombol “Ok”, terminal tegangan dan grounding muncul padaskematik dan itu digerakkan dengan mouse. Posisi terminal nanti dapat diubah. Saat ini, itu diletakkan pada IC1F. Itu tidak butuh untuk menumpang  terminal dan elemen ini. Untuk menghentikan fungsi penambahan dengan menekan tombol “Cancel”.

Penambahan lain pada skematik adalah part-part berikut ini :

8.        Memutar Part (Rotate)

Untuk mengganti arah part, gunakan tombol “Rotate”. Setelah tombol rotate, kemudian klik part, part akan diputar 90 derajat ke arah kiri. Itu akan berputar 90 derajat setiap klik. Untuk menghentikan putaran, klik tombol “Cancel”.

 

9.       Menetapkan Nilai Part (Value)

Tombol “Value” digunakan untuk menentukan nilai part. Itu menetapkan nilai part yang ada di jendela penetapan nilai dan tekan tombol “Ok”. Aebuah nilai ditampilkan pada part pada skematik. Untuk menghentikan fungsi penetapan, klik tombol “Cancel”.

Kotak dialog peringatan berikut ditampilkan bila mencoba untuk mengganti nilai (nama) transistor.

 

10.     Menetapkan Nama Part (Name)

Tombol “Name” digunakan untuk menetapkan nama part. Itu menetapkan nama pada jendela dan menekan tombol “Ok”. Sebuah nama ditampilkan pada part pada skematik. Untuk menghentikan fungsi ini, klik tombol “Cancel”.

11.       Mengganti Nama dan Posisi Part (Smash)

Ketika menambahkan part, posisi tampilan dengan nama dan nilai yang fix. Terdapat kemungkinan bahwa nama atau nilai bertumpuk dengan rangkaian, itu memungkinkan untuk membuat nama dan nilai pada posisi yang bebas. Untuk maksud itu, gunakan tombol “Smash”. Setelah penekanan tombol ini dan memulai fungsi smash, langsung klik nama atau nilainya. Posisi nama dan nilai dapat di pindahkan dengan menekan tombol “Rotate” atau tombol “Move”. Untuk menghentikan fungsi ini, tekan tombol “Cancel”.


Kesimpulan

Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat membuat Jendela Penambah Part, Penambahan Part (Add), Menampilkan Pengaturan Layar, Menghapus Part (Delete), Memindahkan Part (Move), Penambahan Terminal Tegangan dan Ground (Invoke), Memutar Part (Rotate), Menetapkan Nilai Part (Value), Menetapkan Nama Part (Name) dan Mengganti Nama dan Posisi Part (Smash) . EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat cicetak sesuai dengan ukuran disain.

 

Referensi

.............., EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout-Editor) Tutorial Version 4.1, CadSoft Computer Inc, 2004.

.............., http://www.cadsoftusa.com/download-eagle/

 

 


 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG