Memahami Pengawatan Seluruh Part pada Skematik

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 27 April 2015 Published Date Written by Arie Eric R

 
 

Abstraksi

 

Beberapa perangkat lunak seperti Electronics WorkBench (EWB), Protel dan EAGLE adalah sebuah paket simulasi untuk menggambar rangkaian-rangkaian elektronika beserta rangkaian papan tercetaknya (PCB). Perangkat lunak ini membantu untuk mendisain dan membuat PCB tanpa memerlukan ukuran komponen real. Operasi perangkat lunak ini menggunakan cara mengklik dan memindahkan komponen dan garis penghubung, sehingga membuat editing rangkaian dan jalur PCB secara cepat dan mudah. Perubahan parameter dan komponen-komponen rangkaian dapat dilakukan langsung, yang mana membuat analisa “Apa….jika….” dapat langsung terjawab. 
Tutorial ini mengenalkan secara cepat kelebihan-kelebihan dasar perangkat lunak EAGLE ini. Pertama tutorial, membimbing anda melalui langkah-langkah dasar pembuatan rangkaian bersama dengan pembuatan PCB. Akhirnya tutorial memberikan pemahaman secara mendetail tentang cara membuat rangkaian elektronika menggunakan EAGLE. Itu akan sangat membantu memahami elektronika jika anda menggunakan EAGLE dalam proses interaktiv yang bermanfaat. Pada saat pertama anda membuka EAGLE, tersedia sebuah jendela rangkaian kosong dengan toolbar rangkaian, menejemen file, tool editing dan tool grafik dan tool bar part komponen yang mana dari toolbar ini anda dapat memilih elemen-elemen rangkaian. 
Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat membuat Pengawatan Menggunakan Fungsi Kawat (Wire), Ikatan Pengawatan(Bus), Menampilkan Informasi Part (Info), Tanda Koneksi Pengawatan (Junction), Pengawatan Tegangan dan Ground, Pengawatan Jaringan (Net) dan Konfirmasi Board. EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat cicetak sesuai dengan ukuran disain.

Kata kunci : EAGLE, Rangkaian elektronika

 

Memahami Pengawatan Seluruh Part pada Skematik

Setelah semua part diletakan pada skematik, seluruh part akan dihubungkan satu dengan yang lain. EAGLE mempunyai kelebihan dalam hal kawat, jarring, bus, lingkaran, busur untuk pengawatan semua part. Saat ini akan dibahas tentang pengawatan. Biasanya jarring digunakan untuk mengganti ketebalan dari sebuah pola pengawatan menurut jenis dari pengawatan.

1.    Pengawatan Menggunakan Fungsi Kawat (Wire)

Bila tombol “Wire” ditekan, itu menjadi mode dari pengawatan menggunakan fungsi pengawatan dan pengawatan dilakukan untuk semua part. Pertama, ketika klik kiri pada kaki part, titik awal dari pengawatan ditentapkan. Setelah itu, klik ganda pada titik akhir pengawatan. Tidak diperlukan untuk menekan mouse secara terus menerus selama pengawatan. Untuk menghentikan fungsi ini, klik tombol “Cancel”.

Untuk kasus titik awal dan titik akhir yang tidak segaris, ketika gerakan mouse menuju ke titik akhir, pengawatan akan membentuk sudut 90 derajat secara otomatis.

Dalam kasus titik awal dan titik akhir tidak segaris dan harus melingkari part yang lain, itu dapat dilakukan dengan klik kiri pada tempat jalan pengawatan yang diinginkan. Gambar kawat dapat dihapus dengan tombol “Delete”.

 

Dialog pemilihan ditampilkan bila penetapan ujung kawat pada tempat percabangan kawat. Sebuah nama kawat harus ditetapkan. Pengawatan yang saling dihubungkan disebut jarring (net) dan menjadi nomer kawat yang sama.

Saat ini, kawat nama “N$4” diletakan pada penghubung IC1D dan C2. Sebuah kawat dari R5 telah dihubungkan disana sebelumnya. Sebuah kawat nama “N$8” sudah ada karena sebuah kawat dari R5 telah dipasang. Oleh sebab itu, kawat dengan nama berbeda telah terhubung pada titik ini. Dialog ini menawarkan pilihan nama kawat. Jika memilih N$4, nama kawat ini menjadi N$4.

2.    Ikatan Pengawatan(Bus)

Untuk kasus rangkaian seperti CPU, kadang kala menggambar lebih dari satu kawat pada posisi parallel. Skematik menjadi rumit dan membutuhkan ruang untuk menggambarnya. Skematik dapat menggambar secara sederhana menggunakan BUS.

Menekan tombol “Bus” dan menggambar bus pada skematik

Tentukan jumlah kawat yang akan diikat dalam nama bus. Bila menekan tombol “Name” dan klik sebuah bus, dialog yang menentukan nama akan tampil.

b[..7] berarti nama bus adalah b dan indeks rendah 0 dan indeks tinggi adalah 7.

Klik tombol Net dan menghubungkan part dan bus.

Klik terminal part sebagai titik awal dan klik sebuah bus sebagai titik akhir. List nama bus yang dihubungkan akan ditampilkan. Semua nama dari bus dari indeks terendah sampai tertinggi ditunjukkan pada list ini. Pengawatan akan dilakukan bila nama koneksi di klik. Saluran bus adalah satu kawat, tapi pengawatan dilakukan untuk semua kawat yang ada pada nama bus.

Nama pengawatan bus ditambahkan ketika klik tombol “Label” dan klik pengawatan dimana nama akan ditempelkan. Untuk menganti posisi label, tekan tombol “Move” dan drag tanda + dari label. Jadi, jika menekan tombol kanan mouse, sudutnya akan berubah. Posisi label bergerak sepanjang grid.

Pada Board, pengawatan sesuai dengan nama pengawatan skematik.

3.    Menampilkan Informasi Part (Info)

Bila konfirmasi nama kawat diatas telah dilakukan dan seterusnya, tombol “Info” digunakan untuk menampilkan informasi pengawatan part. Untuk mengentikan fungsi ini, klik tombol “Cancel”.

4.    Tanda Koneksi Pengawatan (Junction)

Sebuah tanda bulatan hitam diletakkan pada simput dari pengawatan. Tanda ini mempunyai relasi ke pengawatan board tercetak. Itu mengkonfirmasikan koneksi dari kawat bila seseorang melihat skematik. Khususnya, hubungan silang kawat, membuat kesalahan ketika tidak meletakkan sebuah tanda. Bila tombol “junction” ditekan, tanda bulatan akan bergerak mengikuti pointer mouse. Karena bulatan bergerak sepanjang grid, itu menetapkan simpul dari pengawatan. Tanda akan digambar pada skematik ketika klik kiri mouse pada simpul. Untuk menghentikan fungsi ini, klik tombol “Cancel”.

5.    Pengawatan Tegangan dan Ground

Saat ini data sinyal digunakan untuk tegangan dan ground. Ketika data-data sinyal ini digunakan, tidak perlu lagi menghubungkan tegangan dan ground dengan kawat pada skematik. Skematik dapat menggambarkan itu secara sederhana dengan data sinya.

Simbol tegangan yang diakui setiap tegangan adalah +5V, +12V dan seterusnya. Ketika pengawatan tegangan yang dipisahkan , maka harus menggunakan symbol yang berbeda seperti +5V(A), +5V(B) dan seterusnya. Atribut symbol ditentukan oleh nama terminal dari symbol tegangan. Simbol-simbol tegangan dan ground harus dibuat sebelum menggambar skematik.

Terminal dari bermacam-macam symbol yang diletakkan pada skematik akan terkoneksi pada board. Bila sebuah konektor untuk terminal masukan tegangan, dapat dikawatkan jika peletakan symbol tegangan ke pin konektor.

Simbol Ground berlaku untuk pengawatan seluru part terminal pada skematik seperti halnya symbol tegangan.

Karena banyak arus listrik mengalir melalui penghubung tegangan dan ground dari pada penghubung sinyal, maka perlu digambar dengan pola tebal kawat. Terdapat sebuah cara menggunakan Net Class untuk menentukan ketebalan (tebal) pola kawat. Pola dapat digambarkan secara manual tanpa menggunakan Net Class.

Sebagai contoh, rangkaian dibawah ini:

6.    Pengawatan Jaringan (Net)

Saat menggunakan net, sebuah class akan ditentukan Net Class.

Dengan menekan tombol “Auto”, maka pada board pengawatan pada sisi TOP dan BOTTM menjadi :

7.    Akhir dari Penggambaran Skematik

Skematik telah lengkap bila semua penetapan pengawatan dan tanda koneksi telah ada.


8.    Pemeriksaan Aturan Kelistrikan (ERC)

Setelah skematik digambar lengkap, itu harus dikonfirmasi apakah terdapat kesalahan koneksi atau tidak. Kesalahan dapat secara otomatis ditemukan oleh tombol “ERC” (Electrical Rule Check). Dalam skematik ini, pesan  akan ditampilkan.

Peringatan ini disebabkan karena nama dari tegangan adalah +5V. Itu bukan kesalahan.

9.    Konfirmasi Board

Di saat ini, konfirmasi board dilakukan. Sebab koneksi dari setiap part telah berakhir, koneksi terminal dari part pada board telah dilakukan. Garis kuning spanjang part adalah garis dimana menunjukkan sebuah koneksi seluruh part. Tetapi garis-garis yang tidak kuning adalah belum pengawatan untuk board.


 

Kesimpulan

Manfaat pemahaman cara membuat rangkaian elektronika melalui artikel ini adalah dapat membuat Pengawatan Menggunakan Fungsi Kawat (Wire), Ikatan Pengawatan(Bus), Menampilkan Informasi Part (Info), Tanda Koneksi Pengawatan (Junction), Pengawatan Tegangan dan Ground, Pengawatan Jaringan (Net) dan Konfirmasi Board. EAGLE memberikan sedikit batasan pada parameter, jadi tidak terlalu berbeda dengan komponen-komponen real. Tata letak dan ukuran PCB beserta tembaga penghubungnya dapat cicetak sesuai dengan ukuran disain.

Referensi

.............., EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout-Editor) Tutorial Version 4.1, CadSoft Computer Inc, 2004.

.............., http://www.cadsoftusa.com/download-eagle/