Sistem Jaringan

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Thursday, 17 December 2015 Published Date Written by Rugianto

Sistem Jaringan

Oleh: Rugianto, SPd., MT.

Widyaiswara Madya PPPPTK BOE Malang

 

Jika komputer berhubungan komputer dan peralatan lain, atau membentuk suatu grup, maka bentuk hubungan ini diistilahkan denganjaringan atau network.Komputer dapat saling berhubungan dan mengatur sumber data yang ada karena adanyasistem jaringan (Networking).


Gambar 1.Sistem jaringan (Networking).

Sumber: http://blog.umy.ac.id/riskashantika26/?p=96

 

 

1.    Local Area Network (LAN)

Local area network(LAN) adalah jaringanlokal atau jaringan private yangada dalam satu gedung ataudalam satu ruangan. LAN biasa di gunakan untukjaringan kecil yang menggunakansatu resource secara bersama-sama, misalnya penggunaanprinter secara bersama-sama,penggunaan media penyimpanansecara bersama, dan lain-lain.

LAN menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.  Sebagai contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Dalam LAN, terdapat satucomputer yang biasanya dijadikanfile server. Fungsinya adalah untukmemberikan layanan perangkatlunak (software), mengaturaktivitas jaringan, dan menyimpanfile. Selain ada computer server,ada pula computer lain yangterhubung dalam jaringan(network) yang disebut denganworkstation (client). Padaumumnya teknologi jaringan LANmenggunakan media kabel untukmenghubungkan computer –computer yang digunakan.

LAN dapat dibedakanmenjadi tiga karakteristiknya, yaituukuran, teknologi transmisi, dantopologinya. LAN memiliki ukuranterbatas yang berarti sewaktu –waktu dapat terjadi buruknyatransmisi, tetapi dapat diketahuisebelumnya sehingga memudahkan pengaturan jaringannya. PadaLAN biasa atau tradisionalkecepatan transmisinya sekitar 10– 100 Mbps (Megabitpersecond)dengan delay yang rendah danfaktor kesalahan yang kecil. LANmodern dapat beroperasi dengankecepatan tinggi sampai ratusanMbps. Contoh LAN sendiri adalahEthernet (IEEE 802.3) dan TokenRing (IEEE 820.5).


Gambar 2. Topologi BUS dan Ring Pada LAN

 


Gambar 3. Lapisan-lapisan pada konsep LAN

 


Gambar 4. Jaringan LAN sederhana

 


Gambar 5. Jaringan Wireless LAN

 

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

LAN mempunyai keuntungan dan kerugian jika dibandingkan dengan sistem jaringan yang lain. Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN. 

Kerugian dari penggunaan jenis jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

 

2.    Metropolitan Area Network(MAN)

Metropolitan Area Network (MAN)adalah pengembangan dari LANyang menggunakan metode yangsama dengan LAN, tetapi daerahcakupannya lebih luas. Daerahcakupan LAN yang hanya adapada satu ruangan atau gedung,tetapi pada MAN cakupannya bisa merupakan satu RT atau beberapakantor yang berada dalamkomplek yang sama, jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

MAN juga merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi, seperti; Kampus, perkantoran, pemerintah, dll.

Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.TeknologiMAN ini mendukung data dansuara dan dapat dihubungkan/berhubungan dengan jaringanTelevisi kabel. Standar yangdigunakan dalam arsitektur MANadalah DQDB (Distributed QueueDual Bus) atau IEEE 802.6. DQDBterdiri atas dua buah kabelunidirectional. Semua computerdihubungkan dengan setiap busyang mempunyai head – end, yaituperangkat untuk memulai aktivitastransmisi data.


Gambar 6. Arsitektur DQDB


Gambar 7. Jaringan MAN

Sumber: http://kingofnetworking.weebly.com/different-types-of-computer-networks.html

 

Keuntungan dari jenis jaringan komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

 

3.    Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network dengancakupan yang lebih luas lagi,cakupannya meliputi satukawasan, satu pulau atau satunegara bahkan benua. JaringanWAN dapat menghubungkan satucomputer dengan computerlainnya dengan menggunalansatelit atau kabel bawah laut.

Komunikasi dan transformasi datadapat dilakukan dalam beberapamenit antar computer daribeberapa wilayah atau daribeberapa negeri denganmenggunakan mesin ataukomputer yang disebut denganhost.


Gambar 8. Infratruktur atau Skema Jaringan WAN

Sumber: http://kingofnetworking.weebly.com/different-types-of-computer-networks.html

 

Wide Area Network(WAN), merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut. 

Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

Lebih singkatnya WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkanrouterdan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

 

Referensi:

1.    Morgan Kaufmann; 1 edition (January 1, 2004) The Morgan Kaufmann Series in Computer Architecture and Design

2.    PramudiUtomo, Suprapto, Rahmatul Irfan, 2008. Teknik Telekomunikasi Jilid 3Untuk SMK. Jakarta : Direktorat PSMK.

3.    http://blog.umy.ac.id/riskashantika26/?p=96

4.    http://kingofnetworking.weebly.com/different-types-of-computer-networks.html

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG