Decoder

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Thursday, 17 December 2015 Published Date Written by Herry Sudjendro

Decoder

Oleh: Drs. Herry Sudjendro, M.T

Rangkaian decoder diperlukan untuk membangun sebuah rangkaian digital yang memiliki multi masukan multi keluaran (MIMO). Rangkaian decoder berfungsi sebagai piranti yang berlawanan dengan encoder. Rangkaian decoder adalah sebuah black box yang belum diketahui bentuk rangkaiannya. Untuk itu diperlukan data tabel kebenaran fungsi untuk didapatkan persamaan-persamaan keluarannya. Dari persamaan-persamaan keluaran tersebut dapat direalisasikan dalam bentuk rangkaian digital. Rangkaian decoder dilengkapi dengan fungsi enable, yang berfungsi untuk mengaktifkan rangkaian decoder. Hal ini diperlukan karena dalam beberapa sistem diperlukan rangkaian yang terdiri lebih dari satu decoder. Sebagai contoh sebuah rangkaian digital memiliki masukan x1 dan x2 dan keluaran a0,a1,a2,a3,a4. Pada gambar 1, keluaran a0, a1, a2, a3 dan a4 secara bergantian memiliki kondisi high.

Gambar 1 Blok decoder 2 to 4

Dari rangkaian di atas, dapat dituangkan dalam tabel kebenaran seperti pada tabel 1 di bawah.

Tabel 1. Tabel kebenaran dari rangkaian decoder :

Dari tabel kebenaran di atas, didapatkan rangkaian digital berikut:

Gambar 2. Rangkaian decoder 2 to 4

Decoder 2 to 4 bekerja dikendalikan keluarannya oleh variasu X0 dan X1. Keluaran dari a0, a1, a2 dan a3 akan aktif secara bergantian tergantung dari kondisi X0 dan X1. Pada kondisi masukana X0 = 0 dan X1 = 0, maka gerbang AND pertama mendapatkan masukan “high”, maka kondisi keluaran A0 = 1 sementara keluaran yang lain “0”. Apabila X0 = 0 dan X1 = 1, maka hanya gerbang AND ke dua akan “1” sementara yang lain “0” dan seterusnya.

Decoder dengan empat masukan dan enam belas keluaran bisa dibangun dengan decoder dua masukan dan empat keluaran seperti gambar 3 di bawah.

Gambar 3.Rangkaian decoder 4 to 16

Dari rangkaian gambar 3 di atas, dapat dituangkan dalam tabel kebenaran seperti pada tabel 2 di bawah.

Tabel 2. Tabel kebenaran dari rangkaian decoder 4 to 16:

Rangkaian decoder 4 to 16 dibangun dengan empat buah decoder masing-masing decoder 2 to 4 dan sebuah decoder 2 to 4 sebagai fungsi enable.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG