Sistem Guru Pembelajar Moda Dalam Jaringan (Daring)

Print
Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Monday, 03 October 2016 Published Date Written by Super User

Sistem Guru Pembelajar Moda Dalam Jaringan (Daring)

Oleh: Rugianto, SPd., MT.

Widyaiswara Madya PPPPTK BOE Malang

 

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian visi kemendikbud 2015-2019. Oleh karena itu,profesi guru harus terus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi diperlukan sistem pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung peran guru sebagai guru pembelajar. Salah satu upaya pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk mendukung guru sebagai Guru Pembelajar adalah mengembangkan sistem “Guru Pembelajar Moda Daring” yang berkualitas baik untuk guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan lainnya.

Guru Pembelajar Moda daringini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu Guru Pembelajar Moda Daring Penuh-Model 1, Guru Pembelajar Moda Daring Penuh-Model 2, dan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi. Guru Pembelajar Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. Guru Pembelajar Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. Guru Pembelajar moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta Guru Pembelajar lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.

Sistem Guru Pembelajar moda daring bermuara dari Sistem Guru Pembelajar (Sigelar) yang berisi data peserta dan akan diekspor ke Learning Management System (LMS) untuk didaftarkan sebagai peserta Guru Pembelajar moda daring. Pembelajaran moda daring yang disediakan dalam LMS, menggunakan modul Guru Pembelajar yang dikembangkan menjadi aktivitas-aktivitas pembelajaran berupa teks modul, gambar, video dan audio yang tersimpan di server repository. Data seluruh aktivitas pengguna Guru Pembelajar moda daring akan di evaluasi menggunakan software analytic tool/reporting. Portofolio hasil pembelajaran setiap peserta akan terekam dan tersimpan di database peserta di Sigelar. Arsitektur sistem Guru Pembelajar moda daring dapat diilustrasikan seperti pada gambar berikut ini.

Arsitektur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring

Sumber: Juknis Guru Pembelajar Moda Daring Dirjen GTK

 

Sistem Guru Pembelajar Moda Daring pada website: http://konten.elearning.id/course/view.php?id=4050 meliputi bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu sesi dan materi profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup.

1.     Pengantar

Pada bagian pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

a.     Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan berita dari pengampu/mentor untuk peserta

b.     Forum Umum, merupakan forum umum yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan forum ini adalah untuk mewadahi aktivitas diskusi, berbagi pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala selama kegiatan berlangsung. Forum ini adalah forum milik peserta, bagi dan untuk peserta.

c.     Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang digunakan dalam modul daring

d.    Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring

e.    Tips dan Trik Pengampu, berisi  Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu meliputi penggunaan fasilitas Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio, dan Umpan balik (smiley face)

f.      Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk memberikan kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar pengampu dengan peserta.

g.    Frequently Asked Questions (FAQs).  

h.    Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini dapat digunakan untuk mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta harapan yang ingin dicapai melalui pembelajaran ini.

i.      E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi. E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan, jawaban atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat peserta.

2.    Sesi Pendahuluan

Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring  diawali dengan sesi pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai ruang lingkup modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara penggunaan modul, penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar Daring  dan alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring  pada modul

Selama proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta.

Berikut ini adalah aktivitas yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi Pendahuluan:

a.    Pengampu bersama-sama peserta melalui forum umum akan menyepakati jadwal pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil kesepakatan jadwal akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.

b.    Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melakukan perkenalan dengan peserta dan menyampaikan informasi-informasi penting terkait dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.

c.     Pengampu mengarahkan peserta untuk mengerjakan instrumen kemampuan awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul meliputi Target Kompetensi,  Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.

d.    Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan peserta mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan motivasi kepada peserta yang masih belum melakukan aktivitas yang terdapat pada Sesi Pendahuluan.

e.    Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan peserta akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.

 

3.    Sesi Inti

Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti adalah sesi 2 materi pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa materi profesional sesuai dengan kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.

Pada setiap sesi, akan disediakan forum dan blog untuk mempresentasikan berbagai temuan, hikmah dan kendala yang dihadapi oleh peserta, serta solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga dapat memperoleh pelajaran melalui berbagi pengalaman dengan peserta lainnya.

Selama mempelajari modul ini, peserta harus menyelesaikan seluruh tugas (baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil akhir kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, seperti foto-foto kegiatan.

 

4.    Sesi Penutup

Sesi penutup merupakan akhir dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan melaluiweb conference, pemberian umpan balik, kesimpulan dari materi Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian diri peserta terhadap pencapaian kompetensi dan evaluasi peserta terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.

 

Referensi:

1.    Hari Amanto dan Rugianto, 2016. Modul Daring “Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Penerapan Rangkaian Elektronika”  http://konten.elearning.id/course/view.php?id=4050

2.    Kemendikbud - Dirjen GTK, 2016. Guru Pembelajar - Petunjuk Teknis Moda Dalam Jaringan (Daring).

3.    https://en.wikipedia.org/wiki/Learning_management_system

4.    http://www.gurusd.net/2016/05/buku-panduan-guru-pembelajar-moda.html

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG