Pemasangan Stasiun Cuaca (Weather Station) di PPPPTK/ VEDC Malang

Print
Parent Category: ARTIKEL Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Friday, 10 May 2013 Published Date Written by Rofiq

 Pemasangan Stasiun Cuaca (Weather Station) di PPPPTK/ VEDC Malang


Oleh : Akhmad Rofiq (Widyaiswara PPPPTK BOE / VEDC Malang)

 

 

Sebagai tempat  Informasi sistem yang terpasang di gedung pusat administrasi VEDC Malang. Untuk mendapatkan informasi tentang Cuaca yaitu Suhu, kelembaban udara, curah hujan, arah angin. Maka dipasanglah suatu alat namanya Stasiun Cuaca (Weather Station). Data yang dihasilkan berupa data Informasi baik secara grafis maupun data tabel, yang disimpan dalam server stasiun Cuaca. Data tersebut dikirim dengan sistem wireless tanpa kabel. 

Pertimbangan memilih tipe Davis Vantage Pro 2 Plus 

Alat Stasiun Cuaca MerkDavis, sudah terpasang seperti diElektronikschule Tettnang Germany.perusahaan Davisbergerak dibidang Produksi Peralatan Stasiun Cuaca yang sangat terkenal kualitas bagus dan banyak variasi komponennya. Alat inimempunyai semua yang dibutuhkan untuk proyek ini tambahan sensor sensor juga sesuai dengan kondisi cuaca di indonesia. Karena stasiun Cuaca dipasang di tempat yang tinggi dan jauh dari jaringan listrik, Oleh karena itu Stasiun Cuaca mempunyai sumber listrik tersendiri. Peralatan tersebut terintegrasi dengan Solar panel sebuah baterai Ion Lithium.

Pastikan bahwa Stasiun Cuaca dipasang bebas dari gedung gedung tinggi dan tidak harus tersedia jaringan listrik.

 


24-hour Fan-Aspirated Radiation Shield

 

Karakteristik

 

VantagePro2Plus memiliki berbagai macam sensor   di dalam DavisInegratedSensorSuit(ISS)dalam satu alat tersebut. Alat tersebut mempunyai sensor suhu, pengukur kelembaban udara, Ultraviolet sensor (UV) dan sensor Radiasi, sensor curah hujan, dan juga terdapat pemancar (Transmitter). Pemancar bertugas mengumpulkan dan mengirimkan data Cuaca. Pengiriman data melalui radio dengan frekuensi 868 MHz.

Stasiun Cuaca terdapat sebuah Anemometerpencatatan angin dan arah angin.selain itu stasiun cuaca juga memiliki sensor radiasi selama 24 jam.

Vantage pro 2 Plus ISS Transmitter

Sistem ini telah dipatenkan oleh Davis yang memiliki konstruksi kanal udara menjadi satu dengan angin dan dengan demikian temperatur dari stasiun cuaca teregulasi dan dipastikan keakuratan antara suhu dan kelembaban udara. 

 

Pada siang hari kipas berputar pada 2,5 m / s dan di malam hari pada 1,4 m / s. Sistem ini  menjamin setiap saat kebenaran data cuaca.untuk mengoperasikan stasiun cuaca secara mandiri dilengkapi dengan panel surya dan dengan demikian dapat bekerja tanpa membutuhkan catu daya tambahan.Untuk pengoperasian stasiun cuaca secara mandiri, dilengkapi dengan panel surya dan dengan demikian dapat dioperasi tanpa catu daya eksternal. Tersedianya Baterai IonLithium  yang digunakan pada malam hari, dikarenakan pada malam hari solar panel tidak bekerja karena tidak ada sinar matahari.

Komponen tambahan disamping stasiun Cuaca adalah “Weather Envoy’, yang berfungsi sebagai penerima. Di dalam Weather Envoy terdapat Data Loger dengan koneksi USB. Data Loger ini menyimpan dan mengirim data yang berupa bank data dari Stasiun Cuaca. Untuk jarak yang jauh banyak halangan gedung atau pepohonan, diperlukan Pesawat Repeater. Repeater ini juga bisa dipasang individual tanpa sumber tegangan tambahan karena terdapat solar panel didalamnya.

 Anemometer,Temperatur,UVdan RadiationSensor    Sensor Hujan tanpa tutup penmpung

 

Lokasi Pemasangan

Untuk memasang Stasiun Cuaca (Wetterstation) kita memerlukan tempat yang bebas dari halangan.Seharusnya tidak ada benda benda besar, yang menyebabkan pantulan langsung disekitar setasiun cuaca, hal ini akan menyebabkan kesalahan pengiriman data. Dengan adanya turbolensi menyebabkan kesalan data. Jika data suhu terjadi pantulan maka pengiriman data suhu akan menjadi salah. Oleh karena itu data yang salah tidak akan berguna. Seharusnya Stasiun cuaca selalu satu garis pandang antara pemancar dan penerima. Kalau tidak mungkin kita harus menambahkan Pancaran ulang Repeater) untuk menjembatani jarak tersebut. Stasiun Cuaca yang ada di VEDC dipasang diatas Tower Air. 

 

 

Masalah koneksi antara stasiun Cuaca dengan WeatherEnvoy

Setelah pemasangan Stasiun Cuaca di atas Tower Air bersama dengan Weather Envoy diset,dengan harapan test pertama dapat terkoneksi. tetapi sambungan langsung sayang tidak dapat sinyal. Terdapat beberapa halangan yaitu pohon Palm dan moncong  Ujung Gedung Edukasi (kuning) yang menghalangi jalannya sinyal. Masalah yang lain terdapat pula antena WIFI VEDC yang terpasang diatas tower air.

Karena Stasiun Cuaca mempunyai kemampuan pancaran maksimal 300m,dan banyaknya gangguan yang menyebabkan kesalahan data, maka dipasanglah sebuah repeater. Hal ini dapat dikonfigurasi dengan membedakan ID yang tidak sama, jika ada beberapa stasiun dalam satu sistem. Agar tidak terjadi ID yang sama kami menggunakan ID1 untuk repeater dan merupakan hubungan antara Stasiun Cuaca dan stasiun repeater. Setelah tes koneksi dengan repeater dari tanah, tempat terbaik yang dicari dan ditemukan. Ini adalah sekitar 2/3 jarak dari stasiun cuaca dengan repeater, adalah bangunan dari Departemen Logam VEDC. Setelah instalasi, koneksi dengan Stasiun Cuaca kembali stabil.

 

Frekuensi kerja Stasiun Cuaca

Dalam membangun sistem nirkabel (wireless) yang dipasang di Indonesia, seharusnya kita mengetahui terlebih dahulu frekuensi berapa yang masih bebas digunakan. Setelah mencari informasi sepertinya frekuensi tersebut masih belum digunakan di Indonesia.

Karena Davis Vantage Pro 2 Plus mengunakan frekuensi versi Eropa yaitu 868 MHz. Perusahan tersebut sudah mempatensikan produksi alat Stasiun Cuaca sehingga dengan kata lain tidak mengganggu jalur pengguna lain. Karena daya pancar yang digunakan relatif kecil.

 

Program Wview

Program ini digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan memproses data cuaca yang dibutuhkan. Dirancang untuk Linux dan menggunakan komponen yang berbeda (PHP5 SQLite3 database dan berbagai perpustakaan yang menggunakan Linux) untuk bekerja dengan cepat dan efisien. Program Wview dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara, baik melalui konsol atau melalui antarmuka web. Program wview untuk menjalankan atau mengakhiri hanya melalui konsol tanpa penyesuaian lebih lanjut. Setelah semuanya sudah dikonfigurasi, Anda dapat memulai layanan lagi wview dan program akan dimulai dengan komunikasi dengan data logger. Semua data cuaca wview diterima disimpan dalam database SQLite3. Yang terbentuk dalam database.

Semua data cuaca yang mungkin diambil dari data logger, gambar yang dibuat dan disimpan dengan data cuaca dari database SQLite3. Setelah menghasilkanberbagai gambar pada halaman HTML dengan ini dapat diakses melalui browser. Kita bisa mengambil halaman tersebut melalui InfoPoint  atau langsung dari server data.

Contoh gambar hasil data sudah bisa di akses di server.

 



Daftar Pustaka:

1.    Christian Kockert, 2011. Technikerarbeit Infopoint System, EST Tettnang Germany.

2.    http://www.davisnet.com/weather/products/vantage-pro-professional-weather-stations