Membangun Server Infoterminal menggunakan OS Ubuntu Server 10.04 LTS

Print
Parent Category: ARTIKEL Category: Listrik & Elektronika
Last Updated on Tuesday, 14 May 2013 Published Date Written by Rofiq

Membangun Server Infoterminal menggunakan OS Ubuntu Server 10.04 LTS

 

Oleh : Akhmad Rofiq
(Widyaiswara Dep. Elektronika PPPPTK BOE Malang)

 

 

Pendahuluan

 

Infoterminal adalah pusat informasi yang digunakan untuk penampilkan informasi mengenai kegiatan yang ada di kampus/sekolah. Dan juga untuk mendapatkan cuaca dan suhu permukaan panel surya. Alat Ini juga diintregrasikan dengan data hasil dari pembacaan stasiun cuaca yang ada di VEDC Malang. Infoterminal memiliki panel sentuh untuk dioperasikan dengan  mudah dan menampilkan semua informasi tergambar dalam bentuk visual. Visualisasi dilakukan melalui Content Management System (CMS).

 

 

Hardware


Kios sistem terdiri dari PC industri (IPC) dari perusahaan Forsis. IPC tersebut memberikan keuntungan besar tidak memiliki ventilasi dan panas yang disalurkan keluar melalui casing aluminium. Sistem tertutup ini dipastikan bahwa tidak ada masalah dengan kelembaban yang tinggi di Indonesia rata-rata dari 70 sampai 90 persen.

Sisi hardware, PC ini menggunakan prosesor Pentium M 1.6GHz, RAM 1GB dan chipset Intel 855GM dilengkapi dengan kartu grafis (Video Card) terintegrasi.  Karena komponen perangkat keras yang sebagian besar diambil dari notebook sehingga konsumsi daya dibandingkan dengan sistem desktop yang sangat rendah.(Gambar Server Info)


Aslinya terpasang 40GB 2.5 "IDE HDD (hard drive) kemudian diganti dengan 16GB 2.5" SATA SSD (Solid State Drive), kemudian dipasang interface SATA pada motherboard dengan kartu PCI merk DIGITUS. Modifikasi ini dilakukan karena konsumsi daya SSD Dibandingkan dengan HDD sangat rendah. Ini akan mengurangi daya total dari catu daya internal yang pada gilirannya mengurangi output panas dari catu daya. Untuk memastikan pemasangan IPC pada chasing agar tidak terlalu panas maka dipasangkan kipas pendingin dengan jarak 120 mm dari ujung chasing.

 


IPC dilengkapi dengan resistif 15 " TSHARC Octopus Touchpanel dari perusahaan Hampshire, sehingga sistem lebih intuitif untuk beroperasi dengan keyboard dan mouse, lebih bagus dan membuat lebih profesional dari Kioskystem tanpa panel sentuh

Selain itu, kios sistem dengan operasi panel sentuh dapat direalisasikan lebih mudah daripada di operasi dengan keyboard dan mouse.dengan menggunakan panel sentuh ada beberapa perintah yang tidak bisa di lakukan, seperti halnya menggunakan mouse dan keybord. Untuk keperluan administrasi dalam penyeselesan infoterminal keyboard dan mouse bisa dipasang atau dlepas ke IPC, dengan cara membuka tutup atas.(Gambar Touch panel)

 

 

Sistem Operasi

Untuk sistem operasi menggunakan Ubuntu Server LTS 10:04 (Long Term Support) karena dengan sistem operasi ini (OS) yang sudah banyak pengalaman yang telah diperoleh dan menyediakan dukungan jangka panjang 5 tahun untuk versi server LTS. Sayangnya, distribusi ini memiliki kesalahan (bug) berhubungan dengan onboard Grafikkarte yang berakibat pada layar. Bug ini pertama kali diperbaiki dengan menggunakan patch kernel, tetapi solusi ini tdk bisa bertahan lama karena tidak dapat dijamin bahwa tidak akan ada masalah dengan Update software.

Kemudian menguji instalasi dengan Fedora 14 karena tidak terjadi masalah dengan hardware maka kita pilih pada Fedora 14. Instalasi ISO unetbootin disalin menggunakan program pada USB stick, dan segera menginstal program bootloader yang tepat untuk membuat bootable USB stick. Dari USB stick sistem bisa installer dan di booting, dan distribusi termasuk paket untuk MYSQL, PHP, web server Apache, phpMyAdmin dan openssh-server terinstal. Setelah instalasi pertama kali diuji panel sentuh yang langsung out-of-the-box berlari, itu hanya perlu dikalibrasi. Perangkat lunak ini digunakan oleh TSHARC yang disertai panel sentuh dalam CD. The tsharcd daemon akan mengkalibrasi  saat operasi pertama dijalankan oleh kios sistem. Untuk melindungi backlight pada panel,  power touchpanel diatur secara otomatis setelah 10 menit switch akan mati. Untuk tujuan administratif manajemen remote server dipasang  NX-Server. Hal ini memungkinkan admin dari VEDC untuk masuk ke sesi Gnome dari pengguna kedua selama masih login pada inforpoint modus kios  dengan Fluxbox. Hal ini diwujudkan oleh admin VEDC pekerjaan itu agak lebih mudah karena tidak memprediksi beberapa kesalahan pengelola sistem operasi Linux hanya melalui ssh.

 

 

Implementasi operasi kios.

 

Untuk implementasi ada dua cara untuk mencapai Kisoskbetriebs. Pertama, siap untuk menggunakan kios distribusi atau kedua untuk menyediakan disekitar kios itu sendiri sacara bersama-sama. Meskipun opsi pertama adalah distribusi kios lengkap Fedora15 tersedia, tapi ini lebih dari sebuah kafe internet. banyak tambahan untuk aplikasi kita butuhkan dibandingkan dengan pendekatan kedua terlalu banyak sumber daya sistem Oleh karena itu, pendekatan kedua dipilih dan dilaksanakan operasi kios sendiri. Hal ini sangat difasilitasi oleh operasi panel sentuh hanya saja pengguna tidak memiliki tombol pintas atau melakukan klik kanan.

          Komponen utama dari "self-mode" operasi kios adalah web Browser Chromium yang sudah digunakan modus kios. Sesuai rencana, visualisasi informasi cuaca dan informasi saat ini bisa diwujudkan sebagai aplikasi web, kombinasi sudah cukup teoritis dari window manager Gnome 2 dan web browser Chromium dalam mode kios. Ini tidak akan menjadi sumber daya yang sangat ramah dan juga pengguna akan memiliki dalam hal crash Kromium dapat memulai program lain, yang akan menjadi kerugian tambahan.

          Untuk alasan ini, upaya untuk mewujudkan sumber daya yang paling-varian itu tanpa window manager dengan xinit dan xterm. Namun, varian ini memiliki kelemahan bahwa banyak penyesuaian akan diperlukan untuk tampilan dan nuansa akrab bagi pengguna untuk dapat diwujudkan. Selain itu, akan mungkin terjadi dengan cara yang sederhana desktop Gnome sebagai untuk memulai untuk keperluan administrasi. Begitu banyak pilihan sangat sederhana window manager Fluxbox. Ini adalah salah satu sumber yang paling banyak dari window manager untuk Linux.

          Karena sistem operasi, termasuk fungsi panel sentuh sekarang berjalan lancar pada IPC dan tanggal pengiriman mendekati upaya telah dilakukan untuk mendorong sistem ini berjalan selesai dalam mesin virtual. Ini adalah Diskdump dari SSD dengan dd yang alat baris perintah VirtualBox dikonversi ke file VMDK.. File. VMDK ini kemudian dibuka dengan VirtualBox. Karena pekerjaan ini, hardware bisa dengan mudah lolos ke logistik dan masih dikembangkan lebih lanjut dalam sistem.


 

 

Modus kios direalisasikan oleh pengguna "kios" ini untuk membuat mode auto login. Tambahkan  blok berikut ke / etc / gdm / custom.conf berkas:

 

 

sehingga pengguna "kios" otomatis terdaftar setelah 10 detik. Untuk memulai Fluxbox buka Gnome / usr / share / xsessions / berkas kiosk. desktop diciptakan dengan konten berikut:

 

Dengan demikian, shell script / home / kios / kiosk.sh dieksekusi yang berisi sebagai berikut:

 

Jadi Desktop fluxbox dimulai bukan Gnome. Kemudian jalankan browser Chromium adalah fluxbox langsung exec di file / home / kisok / fluxbox / startup sebelum baris baris "/ home / kios / chromium.sh &" label jadi apakah ini shell script Fluxbox mobil dimulai. Isi dari / home / kios / chromium.sh:

 

 

Dalam artikel ini, browser Chrome berjalan dalam modus kios dan disebut localhost. Selanjutnya Ox adalah saluran stderr di file / home / kios / chromium.log tertulis untuk memfasilitasi pemecahan masalah jika terjadi masalah.

Untuk penyajian informasi kini yang sesuai CMS System harus dipilih. Sejak kalender direncanakan dicari dalam sistem CMS saat ini setelah plugin kalender yang benar. Pilihannya kemudian akhirnya Wordpress karena itu satu-satunya sistem CMS yang sangat umum di seluruh dunia dan yang plugin kalender baik yang tersedia. Selanjutnya, itu bisa diubah jika diinginkan juga dalam bahasa Indonesia. Sistem lain CMS dengan Plugin kalender yang baik seperti Contao (sebelumnya TypoLight) tidak seperti biasanya dan penting bagi kami bahwa sistem kami untuk orang-orang yang bertanggung jawab untuk konten hanya mungkin untuk diisi dengan konten.

 

Wordpress CMS telah didownload sebagai file tar.gz. Dari situs WordPress dan diekstraksi ke folder / var / www / html / wordpress. PHPMyAdmin dibuat dengan menggunakan database MySQL dan user untuk WordPress. Setelah halaman telah diakses http://localhost/wordpress/install.php di browser dan menginstal CMS WordPress. Setelah instalasi telah http://localhost/wordpress/wp-admin melalui panel admin yang MYCalendar20 Representasi disesuaikan.

 

Karena sekarang sudah jelas yang digunakan pada server data, wview yang kita miliki tetap sudah mengandaikan webserver setuju untuk kami langsung mengambil halaman HTML dari sana. Kami mencari solusi untuk mengintegrasikan halaman cuaca di WordPress. Setelah beberapa mencoba dengan berbagai plugin pilihan jatuh pada plugin Easy iFrame loader yang mengintegrasikan situs diberikan sebagai iFrame 

Prosedur yang sama diterapkan untuk panel suhu permukaan. panel fotovoltaik digunakan.

 

 

Untuk website WordPress harus membuat terminal informasi untuk beroperasi dengan layar sentuh untuk Navigasi di halaman rumah tombol gulir dan Tombol Kembali akan disisipkan. Ini diimplementasikan menggunakan JavaScript dan JQuery JavaScript Libary. Modifikasi ini di header.php dan style.css telah dibuat:

 

 


Selain itu, script timeout dimasukkan yang menjamin bahwa halaman diakses lagi segera memakan waktu lebih dari 2 menit tidak aktif. Hal ini dimengerti bahwa lebih dari dua menit ketika ada entri dibuat pengguna telah meninggalkan layar, dan diharapkan bahwa pengguna berikutnya akan disambut mungkin ke halaman utama. Untuk tujuan ini script JQuery dengan JQuery Menganggur Timer Plug ini ditulis, yang juga terlibat dalam header.php:

 

 

Sebanyak mungkin untuk dapat ditampilkan pada monitor WordPress tidak diubah dalam judul spanduk dan fungsi. Untuk judul dan banner yang diubah melalui panel Admin benar-benar dihapus dari header.php. Sebaliknya, maka banner 70Pixel tinggi telah dimasukkan. Hal ini telah menciptakan lebih banyak ruang untuk konten.

Penyesuaianheader.phpdanstyle.css 


 
 

 

 

Masalah lain adalah bahwa tidak ada homepage eksternal dapat disebut oleh browser yang berjalan pada terminal informasi, karena ada maka akan ada lagi tombol navigasi yang tersedia. Pendekatan pertama adalah untuk routing atau iptables untuk mengizinkan alamat IP hanya pribadi, dan kemudian merevisi halaman error yang ditampilkan oleh browser dan kemudian menginstal ada yang mengarahkan pengguna kembali setelah beberapa detik pada script di halaman terakhir yang diminta. Sayangnya, hal ini tidak layak, karena dalam halaman kesalahan Chromium ini akan dibuat dan Anda mendapatkan C + + kode sumber dari Kromium akan harus mengedit untuk memodifikasi halaman ini.

Setelah beberapa pertimbangan, upaya yang dilakukan untuk melaksanakan ini menggunakan server proxy. Idenya adalah untuk menggunakan server proxy yang filter, blok semua server web dan memungkinkan hanya server Web lokal dan server Web dari server data. Jenis server proxy menunjukkan pemogokan dalam kasus aturan penyaringan ke halaman kesalahan, yang kemudian harus disesuaikan sesuai keinginan kita.

Reaksi ini kemudian dibawa ke server proxy yang Privoxy23 sederhana dikonfigurasi "anak perlindungan" penawaran. Untuk mengaktifkan proteksi ini di / etc / blacklist.action Privoxy 2 file dan dapat dibuat whitelist.action ini memiliki konten berikut: 


 
 

 

Dalam blacklist.action yang semuanya sudah diblokir dan hanya host yang diinginkan dalam whitelist.action kemudian dapat dibaca. 

Sekarang, jika URL atau IP disebut yang tidak terdaftar dalam file whitelist.action, maka halaman kesalahan ditampilkan. Template kini telah dimodifikasi dalam halaman kesalahan:

 

 


 

 

Pengguna ketika aturan berlaku blacklist.action halaman kesalahan muncul dan setelah batas waktu 4 detik, ia kembali ke dalam halaman terakhir yang diminta. Jika tidak ada riwayat browser ada sehingga pengguna diarahkan ke http://localhost setelah 2 detik lebih di halaman rumah dari WordPress.

Server proxy telah ditetapkan dalam browser Chromium menggunakan pilihan startup: 


 

 

Hal ini menjamin pengguna dari terminal informasi tidak pernah dapat meninggalkan antarmuka WordPress dengan tombol navigasi

 

 

Daftar Pustaka :

1.    http://www.forsis.de/unternehmen.htm

2.     http://de.wikipedia.org/wiki/Touchscreen#Resistive_Touchscreens

3.     https://wiki.ubuntu.com/X/Bugs/Lucidi8xxFreezes

4.     http://de.wikipedia.org/wiki/NX_NoMachine

5.     http://fedoraproject.org/wiki/Fedora_Kiosk

6.     http://en.wikipedia.org/wiki/Chromium_%28web_browser%29

7.     http://de.wikipedia.org/wiki/Content-Management-System

8.     http://de.wikipedia.org/wiki/Wordpress

9.     Ernst Glatz, 2011. Technikerarbeit Infopoint System, EST Tettnang Germany