Teknologi WIFI (Wireless Fidelity) dan Implementasinya

Print
Category: Teknologi Informasi (TI)
Last Updated on Thursday, 06 February 2014 Published Date Written by supriyanto

Teknologi WIFI (Wireless Fidelity) dan Implementasinya 

 

Drs.Supriyanto .MT. ( Widyaiswara Madya PPPPTK BOE Malang

 

 

 

 

Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Ketika kita membicarakan tentang Wi-Fi (wireless Fidelity) maka yang ada dalam benak kita tentunya sesuatu hanya yang bisa membuat kita ber-internet-an ria dengan memanfaatkan jaringan Hotspot yang ada tapi sebenarnya WiFi dapat digunakan untuk bermacam kegunaan seperti mensinkronisasikannya dengan HP, Kamera digital, ataupun TV yang pasti bisa dihubungkan dengan alat elektronik yang sudah support wireless sehingga membuat kita dapat berkreatifitas dalam berbagai hal.Sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang WiFi ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya

 

(Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan (WAN). (Wikipedia).Berikut berbagai macam kegunaan WiFi selain digunakan untuk internetan yang berhasil saya  himpun  dari berbagai sumber :

  1.   Mensinkronisasi telepon Anda dengan PC tanpa USB

 

Yang pertama Wi-Fi bisa juga digunakan untuk sinkronisasi hp kita dengan laptop / komputer. Sehingga memudahkan kita untuk tidak report menggunakan kabel data ataupun kabel USB. Tapi masih harus menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan dan masih terpaku pada beberapa jenis hp saja. Contohnya baru hp android dan iPhone saja yang bisa. Itupun untuk android haru ada penambahan aplikasi lagi seperti DoubleTwist. 

 



2.   Mengubah Smartphone menjadi remote control

 

Aplikasi remote memungkinkan iTunes dan Apple TV harus dikendalikan menggunakan iPhone, iPod touch, atau iPad melalui jaringan Wi-Fi. Anda dapat memilih playlist, lagu, dan album seolah-olah anda sedang duduk di depan komputer atau Apple TV. Gmote Android berubah menjadi remote control untuk komputer, memungkinkan bagi anda yang memang malas untuk langsung berinteraksi dengan PC/Laptop Anda. Tapi sekali lagi hanya bisa menggunakan HP yang sudah Support. 

 




3.   Mentransfer foto dari kamera digital

 

Kartu Eye-Fi adalah kartu memori tanpa nirkabel. Ini pada dasarnya adalah sama seperti kartu SDHC - tetapi dengan manfaat yang fantastis ketika kamera sedang dalam jangkauan jaringan tertentu, foto dan video akan tertransfer ke komputer/laptop .

 

 

 

 

 4.   Streaming film ke TV

 

Wi-fi memiliki potensi untuk menjadi hiburan masa depan rumah! Media server dapat streaming video melalui Wi-Fi untuk setiap HTPC lainnya, Xbox / Playstation-diaktifkan TV di rumah. Ada sejumlah sistem operasi, aplikasi, dan protokol untuk mendapatkan film secara nirkabel dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

 

 

 

  5.   Streaming audio ke speaker

 

 

Penggemar Apple memiliki pilihan terbaik untuk bermain musik mereka (pada speaker ada) di rumah mereka, sebagai Apple AirPort Express router adalah sedikit besar kit untuk streaming musik ke speaker.

 

 

 

 


 
6.   Berguna sebagai router nirkabel

 

Sebuah aplikasi yang disebut PdaNet dapat mengubah iPhone atau android ke router Wi-Fi yang berguna untuk PC atau MAC. Jadi hp sebagai perantara kelaptop/komputer. Silahkan  dicoba dulu sebelum digunakan. Karena menurut sumber terpercaya aplikasi ini Not Fully Recommended.

 

 

 

 

 7.   Share file dengan komputer lain

 

Penyedia penyimpanan file online - seperti Dropbox - memungkinkan foto, dokumen, dan video mana saja dan berbagi dengan mudah menggunakan jaringan Wi-Fi jika kedua pengguna memiliki account Dropbox. Ini merupakan metode (dan lebih aman) alternatif daripada menggunakan 'shared folder'.

 

 

 

 

 

 8.   Telepon kita bisa tahu ketika kita ada di rumah

 

Tasker memungkinkan kita untuk memulai layanan atau menjalankan aplikasi setiap kali pulang ke rumah. ATasker profil dapat mendeteksi ketika kita kembali ke rumah karena kita  terhubung ke jaringan rumah .Contohnya, jika dikantor/sekolah/kampus menggunakan profil 'silent', tapi ketika tiba dirumah Tasker dapat langsung mengubah profil menjadi 'ringing'

 

 

 



 
9.   Untuk keamanan

 

Dan yang Terakhir Aplikasi seperti Find My iPhone menggunakan Wi-Fi untuk mencari iPhone jika lupa meletakannya atau jika dicuri. Keberadaan perangkat dapat dipantau melalui Wi-Fi. Untuk yang tidak mengguinakan, aplikasi seperti Prey bisa kita gunakan. Prey akan mencari lokasi(melalui laptop/komputer) dimana hp kita berada dan jika dicuri apa yang sedang dilakukan oleh si pencuri oleh hp kita.

 

 

 

 Spesifikasi minimum perangkat WiFi yang dibutuhkanLaptop atau tablet PC

 

 - Windows 95, 98, 2000, ME and XP (windows XP recommended)
- Microsoft Internet Explorer or Compatible Browser
- Wireless 802.11b compatible equipments
* Wireless PCMCIA card with Type II PCMCIA slot
* built-in 802.11b capabilities (usually for Centrino Laptop)

 

 PDA
- Windows CE, Palm OS 5.0 or above
- Microsoft Internet Explorer or Netscape Navigator
- Wireless 802.11b compatible equipments
* Wireless PCMCIA card with Type II PCMCIA slot
* built-in 802.11b capabilities (usually for Centrino Laptop)

 

 Keunggulan Jaringan Wireless

 

 Jaringan Wireless memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan jika dibandingkan dengan jaringan menggunakan kabel sebagai media untuk berkomunikasi, antara lain dalam hal :

 

 1.Pengkabelan

 

Pada jaringan wireless, sistem pengka belan dapat diminimalkan bahkan dapat dihilangkan. Hal ini tidak akan dapat dilakukan oleh jaringan yang menggunakan kabel sebagai media komunikasi. Karena pada jaringan tersebut kabel adalah hal yang utama

 

 2.Pemeriksaan pada saat terjadi masalah

 

Pada jaringan konvensional, jika salah satu komputer tidak dapat terhubung kejaringan, salah satu penyebabnya adalah kabel. Tentunya jika hal tersebut terjadi kita harus memeriksa kabel tersebut sampai menemukan bagian yang rusak dan tentunya menuntut kerja ekstra, namun hal tersebut tidak akan terjadi pada jaringan wireless.

 

 3.Jarak

 

Jarak merupakan kendala bagi jaringan konvensional. Karena jarak maksimum yang dapat dijangkau hanya sekitar 100 meter. Sedangkan untuk jaringan wireless jangkauannya lebih luas, bahkan dapat mencapai antar negara.

 

 4.Mobilitas

 

Dengan jaringan wireless, seorang user tidak perlu bingung bila akan berpindah tempat selama ia masih dalam daerah jangkauan, karena tidak perlu memikirkan tersedia atau tidaknya kabel yang digunakan untuk media komunikasi. Meski jaringan wireless memiliki beberapa kelebihan, namun dalam berkomunikasi dengan jaringan wireless

 

mempunyai beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh user/client yang ingin berkomunikasi secarawireless, antara lain :

  • Seluruh perangkat keras wireless yang digunakan harus bekerja pada frekuensi dan system modulasi yang sama.

  • Hendaknya menggunakan perangkat wireless yang menggunakan standart wireless yang sama meskipun perangkat keras tersebut berasal dari vendor yang berbeda.

 

 Mungkin masih banyak kegunaan Wi-Fi yang lain yang belum kita ketahui. Ini mungkin hanya segilintir kecil informasi , yang mudah - mudahan bermanfaat bagi kita semuanya.

 

 

Daftar Pustaka

 

1.    Edi S. Mulyanta,S.Si,Pengenalan Protokol Jaringan Wireless Komputery.Penerbit Andi.Jl Beo 38-40 Telp.(0274) 561881.Fax (0274) 588282.Yogyakarta .2010 

2.    Wahana Komputer .Tip Jitu Optimasi Jaringan Wi-Fi  . Penerbit Andi.Jl Beo 38-40 Telp.(0274) 561881.Fax (0274) 588282.Yogyakarta .2010 

3.    http://sharing-dunia-iptek.com/2012/10/mengenal-apa-itu-wi-fi-wireless-fidelity.html. 

4.    http://www.meriwardanaku.com/2012/01/penjelasan-teknologi-wifi-wireless.html 

5.     http://azizahix4tb. com/2013/03/normal-0-en-us-x-none.html

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG