IN 5525 KKPI lanjut/assessor

Print
Category: Information Technology
Last Updated on Wednesday, 03 October 2012 Published Date Written by Super User

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

 

Nama Diklat :

WorkshopdanSertifikasiAsesorKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi  (KKPI)

 

 

Tujuan Diklat :

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan :

·         Pelatihan ini bertujuan agar peserta pelatihan memiliki kemampuan yang standard sebagaisesor Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ).

 

 

Deskripsi Materi :

Materiterdiridariduabagianyaitu:

·        Materi yang disampaikan : adalah materi yang mendukung untuk menjadi seorang asesor KKPI antara lain penjelasan tentang pelaksanaan sertifikasi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, komparasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan Modul KKPI, Pengantar workplace assessment, Penilaian berbasis port polio, Pengembangan Modul dan Soal KKPI, pendalaman materi KKPI sesuai kondisi dan kebutuhan peserta (current situation).

·        Materi yang di ujikan : adalah materi yang berhubungan dengan kompetensi KKPI berbasis open source dan close source, pengembangan modul dan pengembangan soal KKPI, praktek mengajar.

Untuklebihjelasnya sepertitable Kerangka Program Diklatberikutini:

 

 

Kerangka Program Diklat :

No.

Materi

Jumlah Jam

1

Penjelasan Tentang Pelaksanaan Sertifikasi Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Deskripsi umum, Sertfikasi, Struktur, Pusat Pengembang dan Tempat Uji Kompetensi (TUK), Sistem Pengujian.

2

2

Komparasi SKKNI dengan modul KKPI

2

3

Pengantar workplace assesment

2

4

Penilaian berbasis porto polio

4

5

Pengembangan modul dan soal KKPI

2

6

Pendalaman Materi KKPI (current situation), Perangkat Lunak Basis Data (MySql & SQL Front), Dan lain (sesuai kondisi dan kebutuhan peserta).

4

Total Jam

16

 

No

Materi Yang Diujikan

 

Jumlah Jam

 

1

Pengembangan modul

5

2

Pengembangan soal

5

3

Praktik Mengajar, Persiapan, Tujuan, Penggunaan metode dan alat bantu, Interaksi dengan peserta.

6

4

Ujian Modul (Teori dan Praktek) : Modul 1. Mengetik 10 Jari, Modul 2. Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal, Modul 3. Mengoperasikan periferal, Modul 4. Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata, Modul 5. Mengoperasikan perangkat lunak lembar sebar, Modul 6. Mengoperasikan perangkat lunak presentasi, Modul 7. Mengoperasikan perangkat lunak basis data, Modul 8. Pengenalan Internet, Modul 9. Pengelolaan Informasi.

24

5

Ujian akhir (Teori)

4

 

Jumlah

44

 

Jumlah Materi Yang Disampaikan & Materi Yang Diujikan

60

 

Hasil Diklat

§  Peserta Pelatihan memiliki kemampuan yang Standart sebagai Asesor dan menguasai kopetensi yang ada pada materi Keterampilan Komputer dan Pengololaan Informasi (KKPI). 

 

 

Persyaratan Peserta

§  Calon peserta pernah mengikuti pelatihan KKPI atau mengetahui materi yang terdapat pada modul-modul KKPI, menyukai tantangan, memiliki komitmen untuk mengembangkan Pendidikan Kejuruan.

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG