Berita

Punya peran Penting PPPPTK BOE Malang Siap Kerjasama Pendidikan dengan China

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 04 March 2014 Last Updated on Monday, 10 March 2014 Published Date Written by Super User

14 orang perwakilan dari Cina Education Ascocation for International Exchange negeri yang dikenal dengan sebutan tirai bamboo berkunjung di PPPPTK BOE Malang Senin, (17/2/14).

Kunjungan kerja  Delegasi China 14 orang  diterima Kepala Pusat PPPPTK BOE Drs.Suwarno, MM, dalam keterangannya mengatakan       “ Para Guru perlu diajak belajar langsung ke Negeri China, agar mereka memiliki Benchmarking yang lebih tinggi. Menurutnya China menjadi Negara yang sangat penting terutama menyambut ASEAN Free trade dan ASEAN Community. Kerjasama intensif dengan China sangat diperlukan terutama dalam pengembangan pendidikan kejuruan, sebab PPPPTK BOE Malang mendapat kewenangan penuh dari pemerintah Pusat untuk ikut melaksanakan dan menyukseskan Kurikulum 2013 jenjang SMK /SMA. kurang lebih 39 ribu guru dan kepala sekolah akan dilatih untuk menghadapi Kurikulum 2013, hal tersebut sesuai dengan tupoksi PPPPTK BOE Malang untuk melaksanakan kebijakan pusat, yang saat ini fokus pada kurikulum 2013.

Menurut beliau jika dibandingkan Negara Asia lainnya seperti Thailand, Singapura dan Malaysia Indonesia masih tertinggal. Bahkan tiga Negara tersebut sudah banyak mengirimkan warganya untuk belajar bahasa Indonesia.

Dalam lawatannya ke Indonesia secara khusus, di VEDC Malang  delegasi Cina menyampaikan maksud dan tujuan untuk membuka kesempatan kerja sama antara kedua negara dalam bidang pendidikan kejuruan, sekaligus membuka kesempatan kerjasama antar kedua negara dalam bidang pertukaran pelajar, guru, program School Sister dan Program budaya, serta mewujudkan peningkatan mutu pendidikan serta kependidikan Indonesia melalui kerjasama bilateral, tak lupa pula ikut mempromosikan dan memperkenalkan Indonesia pada negara lain. kunjungan tersebut sekaligus untuk mempromosikan The World Federataion of Colleges and Polytecnic 24 -16 /10/2014 di Beijing, serta mempromosikan alat-alat laboratorium pendidikan melalui China Education Instrumen & Equipment Corp dan memahami perbedaan sistem pendidikan di negara  lain. Delegasi China dalam kunjungannya tak lupa memperhatikan penjelasan dengan seksama Kapus. BOE Malang tentang Mapping Kompetensi Guru yang  dilakukan di VEDC Malang.

PPPPTK BOE Malang yang lebih dikenal dengan VEDC Malang sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah  negara seperti Jerman dan Swiss yang dimulai sejak 1983 hingga 2000, walaupun saat ini kerjasamanya sedikit berkurang  karena Indonesia sudah dianggap sebagai negara maju sehingga tidak perlu dibantu lagi.

Sementara kerjasama dengan jerman masih berlanjut hingga kini.” Kami berharap kedepan kerjasama bidang pendidikan juga dapat dijalin dengan China”,dan diharapkan dapat terjalin  kerjasama erat antara kedua belah pihak.

Selepas kunjungannya ke VEDC Malang rombongan Education of Centre for International     Exchange Education Departemen of Guizhau Province China akan melanjutkan ke beberapa tempat diantaranya Polinema Malang dan Dikbud Kota Malang.(malang pos 18/02/2014)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG