Berita

Padukan Dunia Akhirat Kita

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 03 April 2014 Last Updated on Monday, 14 April 2014 Published Date Written by DP

Mempersiapkan panitia diklat kurikulum 2013 tahun anggaran 2014 bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, di Hotel Filadelfia, Batu telah diadakan Workshop Pengembangan Diklat mulai 27/03 hingga 29/03 bertajuk “Pembekalan Calon Narasumber dan Panitia Implementasi

Kurikulum bagi Guru” (Persiapan Implementasi Pengelolaan Aplikasi Software SIM Diklat Guru Sasaran).  Di tahun 2014 ini PPPPTK BOE/VEDC Malang mendapat tugas dan tanggung jawab untuk mendiklat para guru  SMA/SMK se Jawa Timur sekitar 29 ribu guru, sedang guru jenjang SD dan SMP menjadi tanggung jawab LPMP dan PPPPTK IPS.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan yang menyatakan bahwa, “Kegiatan ini sebagai seleksi panitia kurikulum 2013 dan menyiapkan mental panitia untuk kegiatan yang diadakan di luar PPPPTK BOE/VEDC Malang”. Kemudian dibuka oleh Kabid Fasningkom yang dengan antusias menyatakan , “Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang paling baik bagi dunia akhirat pendidikan kita, karena mencakup segala yang perlu dikembangkan dalam diri peserta didik meliputi aspek knowledge, psikomotorik, dan affective. Berbeda dengan kurikulum lama yang hanya melihat sisi knowledge saja.”

Titik berat kegiatan workshop ini adalah melatih para calon panitia agar mampu mengoperasikan software aplikasi kepanitiaan yang bernama Verval, suatu program aplikasi diklat kurikulum 2013 yang data pembentuknya bersumber dari situs Padamu Negeri tempat para guru mencatatkan data dirinya secara digital di dunia maya, terkait dengan segala hal dalam dunia pendidikan yang dimiliki para guru tersebut.

Diklat kurikulum dalam wewenang dan tanggung jawab PPPPTK BOE/VEDC Malang ini akan tersebar di 38 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur yang terbagi atas 108 TPK (Tempat Pelatihan Kurikulum). TPK ini adalah sekolah yang ditunjuk menjadi lokasi kegiatan pelatihan diklat yang rencananya berdurasi 42 jam (selama 5 hari) untuk setiap periode diklat. Setiap TPK terdiri atas beberapa kelas diklat, dan setiap kelas diklat akan berisi sekitar 40 guru sasaran  di mana setiap kelas  akan dikawal oleh seorang panitia  dari PPPPTK BOE/VEDC Malang bekerja sama dengan seorang panitia lokal. (DP)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG