Berita

IN Mapel SMP dan IN KS SD serentak di PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 14 May 2014 Last Updated on Monday, 19 May 2014 Published Date Written by Super User

Rabu 11/05/2014, 289 Guru serentak ikuti program pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Sumber dana DIPA PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang Th.anggaran 2014, Kegiatan ini dilaksanakan berjenjang secara  nasional melibatkan unsur Pusat, LPMP, LPPKS dan koordinsi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan kab/kota khususnya di propinsi Jawa Timur. Implementasi Kurikulum2013 bagi Kepala Sekolah secara teknis dikoordinasikan Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik), Badan PSDMPK dan PMP.Peserta terdiri dari Instruktur Nasional (IN) Mapel SMP 253 guru 11 s.d 17/05/2014 dan 36 guru IN Kepala Sekolah SD.11 s.d 14/05/2014.

Jumlah jam pelatihan 42 jam pelajaran @ 45 menit dilaksanakan 4 hari tatap muka, dengan struktur program meliputi ;orientasi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, manajeman dan kepemimpinan Sekolah, Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Supervisi Akademik , Kepramukaan tes awal dan tes akhir. Peserta dibagi menjadi 8 kelas@ kelas di fasilitator /Instruktur  2 orang  sebagai narasumber nasional, yang telah lulus dalam pelatihan calon nara sumber nasional.

Dalam strateginya pelatihan diawali dengan pre-test, hasil test sebagai dasar menentukan kebutuhan belajar.materi disampaikan melalui tatap muka dengan tahapan pendahuluan.Tahapan selanjutnya kegiatan inti terdiri dari penyajian konteks(materi) dengan pendekatan scientific, latihan diskusi dan penilaian autentik.

Pada akhir diklat, kegiatan kesimpulan dilakukan pada akhir untuk mengingat poin-poin penting pembelajaran, mengulang dan mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran serta mengapresiasi pencapain peserta, serta merangkum dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan sesi berikutnya. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan Post test digunakan sebagai dasar penetapan kelulusan dan dilakukan penilaian sikap, ketrampilan, dan pengetahuan secara terukur dan obyektif

Antusias peserta sangat tinggi terbukti dari awal hingga akhir kegiatan berjalan lancar dan baik diikuti secara penuh oleh peserta. Evaluasi fasilitator  dan evaluasi penyelenggaraan dibagikan panitya pada setiap peserta menjelang akhir kegiatan.(hmy/dp).

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG