Berita

“RAISING ENVIRONMENTAL VOICE AND AWARENESS” HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2014

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 05 June 2014 Last Updated on Thursday, 05 June 2014 Published Date Written by Agung S, Yusi A

5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia tentu tidak asing bagi seluruh warga dunia, Bagaimana dengan keluarga besar PPPPTK BOE/VEDC Malang???

SELAMAT PAGI…SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP” demikian sapa para Srikandi Departemen Pendidikan Lingkungan Hidup (Dept. PLH) selaku Widyaiswara Lingkungan, sambil membagikan sebungkus kompos kepada pegawai dan stiker kepada siswa SMK Indonesia. Kompos yang dibagikan merupakan hasil pemrosesan sampah organik yang berasal dari halaman kampus PPPPTK BOE/VEDC Malang sesuai prosedur standar pengomposan.  Aktivitas ini merupakan bentuk selebrasi dan euforia dalam memperingati Hari Lingkungan Sedunia tahun 2014.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2014 mengambil tema “RAISE YOUR VOICE, NOT THE SEA LEVEL”, yang berarti bahwa kita diharapkan untuk melantangkan suara dalam penyelamatan lingkungan dan bukan sebaliknya melantangkan aktivitas yang dapat meningkatkan pemanasan global yang dapat menyebabkan peningkatan permukaan air laut.

Bagaimana dengan kita, sebagai warga PPPPTK BOE/VEDC  Malang yang dikenal sebagai institusi yang berwawasan lingkungan? Sudahkah kita mengambil bagian dalam penyelamatan lingkungan di setiap aktivitas kita? 

Dept. PLH merespon tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, dengan mengajak setiap warga PPPPTK BOE/VEDC Malang melakukan aktivitas ramah lingkungan untuk penyelamatan alam. Contoh dari bentuk aktivitas nyata yang dapat dilakukan oleh setiap orang tertera dalam leaflet kemasan kompos, stiker, dan poster di dekat alat “finger print” pegawai. Aktivitas yang dimaksud adalah 3R (Reuse, Recycle, and Recovery), hemat air, hemat energi, penghijauan, pemanfaatan energi surya, tidak merokok, dan tidak menggunakan narkoba. Oleh karena itu tema yang diusung Dept. PLH kali ini  yaitu “LET’S DO ECO-ACTIVITY, TO SAVE OUR NATURE!”.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup kali ini juga meliputi pengecekan Biopori dan pemanenan hasil kompos yang ada di dalamnya. Biopori ini tersebar di area PPPPTK BOE/VEDC Malang dan merupakan media pembelajaran praktik bagi peserta Diklat Pendidikan Lingkungan Hidup. Biopori ini memiliki fungsi ganda sebagai area peningkatan daya resap air ke tanah, sekaligus sebagai salah satu model media pengomposan sampah organik.

Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di PPPPTK BOE/VEDC Malang akan dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 6 Juni 2014 dengan penyerahan penghargaan lingkungan dari Dept. PLH oleh Kepala PPPPTK BOE/VEDC Malang kepada 10 pegawai yang hadir terawal di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014.

MARI SELAMATKAN LINGKUNGAN, mulai saat ini dari diri kita sendiri, aktivitas sekecil apa pun, di mana pun, kapan pun untuk keberlanjutan daya dukung lingkungan bagi generasi sekarang dan mendatang!

Dept. PLH PPPPTK BOE/VEDC Malang

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG