Berita

Raih Predikat Terbaik Kepala Sekolah Pinggiran Diklat Kurikulum 2013 Kab.Ngawi

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 11 September 2014 Last Updated on Monday, 15 September 2014 Published Date Written by Super User

“Salam pramuka.... tepuk pramukaaa....”, digoyang, putar badan, tangan keataaasss, balik badan” komando pembina pramuka ketika memberikan materi ke pramukaan di Aula SMPN 2 Ngawi. Yaa... dengan kompak dan seirama semua peserta mengikuti gerakan sambil bernyanyi yang dikomando instruktur pramuka di depan podium.. Pada materi kepramukaan tampak semua peserta diklat implementasi kurikulum 2013 memakai  seragam uniform khas pramuka.

 

Materi kepramukaan dibawakan cukup menarik, segar dan aktratif karena diselang-seling dengan lagu-lagu pramuka, mengingatkan peran kepramukaan di masa lampau ketika penulis sekolah dasar.

PPPPTK BOE Malang kerjasama dengan Dinas Kab.Ngawi, Senin, 1 s.d 5 September di TPK 1 – SMPN 1 dan TPK 2 – SMPN 2 Kab.Ngawi  berlangsung Pelatihan Implementasi Kepala Sekolah sasaran SD, SMP, SMA/K  yang dibagi 4 kelas  terdiri 2 kelas SD, 1 kelas SMP dan 1 kelas SMA/SMK jumlah peserta 145 orang. Sedang di TPK 1 – SMPN 1 Kab.Ngawi diikuti 195 peserta dari Kepala Sekolah Sasaran SD yang dibagi 5 kelas, sehingga total mencapai 340 orang dari beberapa kepala sekolah SD, SMP, SMA/K se-Kab.Ngawi. Direncanakan diklat menempuh 5 hari 42 jam pelajaran.

Padatnya event kegiatan di Kab.Ngawi, koordinasi antara PPPPTK BOE Malang dengan Dinas Kab.Ngawi yang terlampau singkat, tidak menjadikan kegiatan Kurikulum 2013 terhenti, namun berkat kerjasamadukungan dan upaya maksimal dari Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kab. Ngawi penyelenggaraan Implementasi Kurikulum 2013 berjalan baik dan lancar dengan tingkat kehadiran mencapai 100 %, baik di TPK 1 SMPN 1 dan TPK 2 SMPN 2 Kab.Ngawi.

Diklat di TPK 2 - SMKN 2 dibuka secara resmi oleh Kabid Dikmen Bp. Drs. Hadi Suharto, M,Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kepala Sekolah berfungsi dan bertugas sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Pemimpin/Leader, Inovator, Motivator harus mengetahui implementasi kurikulum 2013.  Di TPK 1 – SMKN 1 dibuka oleh Kabid Dikdas Bp.  Suhartono, M.Pd.

Peserta diklat di TPK 2 Kepala Sekolah sasaran SD terdiri dari 2 kelas peserta 78 org, Kepala Sekolah Sasaran SMP 1 kelas 38 orang dan Kepala Sekolah Sasaran SMA/K 1 kelas 29 orang. Pretes diberikan pada awal kegiatan, dilanjutkan materi manajemen dan kepemimpinan sekolah, manajemen kurikulum 2013, Supervisi Akademik Implementasi kurikulum 2013 dan kepramukaan . Tes Akhir /Post Tes diberikan pada akhir kegiatan untuk mengetahui hasil pelatihan dan menjadikan syarat kelulusan peserta.

Nilai Hasil diklat diperoleh peringkat terbaik didapat Kepala sekolah pinggiran  untuk sasaran SD peringkat 3 besar kelas A dipeoroleh peringkat 1 HARIBOWO Kepala sekolah SD SDN DAMPIT 3. BRINGIN, peringkat 2 EDY SUPRIYANTO dari SDN BRINGIN 2, sedangkan peringkat 3 Dwi Winda Hariyani dari SDN Pitu 3. PITU. Untuk kelas B SD peringkat 1 diraih SUGIANTO dari SDN GERIH 7 GERIH, peringkat 2 SUGIMIN SDN Gunungsari 1 Kasreman,sedangkan peringkat 3 Titik Giyanti SDN Gerih 3. Gerih.   kelas C SMP peringkat 1 diraih SUKAMTO SMPN 1 JOGOROGO, peringkat 2 Sumadi SMPN 2 BRINGIN Peringkat 3 TRI SUMARSONO SMPN 2 KWADUNGAN, Untuk kelas D SMA/K peringkat 1 SUYONO SMKN 1 KARANGANYAR, peringkat 2 Bambang Suparmadi dari SMKN 1 SINE, dan peringkat 3 diraih AGUS SUPRIYONO dari SMAN 1 KENDAL.

Pada akhir kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan, Fasilitator 1 dan Fasilitator 2 diberikan   pada masing-masing peserta untuk  mengetahui tingkat kepuasan peserta terhadap pelayanan penyelenggaraan, dan sebagai umpan balik bagi fasilitator dalam meningkatkan pelayanan pada peserta  dengan hasil baik.

Diklat ditutup secara resmi oleh Kabid Dikmen Bp.Drs. Hadi Suharto, M.Si.Dalam sambutan penutup beliau sangat apresiasi terhadap peserta diklat dengan predikat terbaik yang diraih  Kepala sekolah pinggiran, hal tersebut menunjukkan kepala sekolah mempunyai peran yang sangat tinggi dalam memajukan pendidikan agar tidak tertinggal dengan sekolah lainnya.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG