Berita

DKI Jakarta Juara Umum Berturut-Turut Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2014 di Jakabaring, Palembang

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 12 September 2014 Last Updated on Monday, 15 September 2014 Published Date Written by TS

SMK Bisa merupakan awal keseriusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan indonesia terutama di bidang pendidikan kejuruan.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya Lomba Komptensi Siswa (LKS) sebagai apresiasi dan sarana promosi skills yang dimiliki siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 34 Propinsi di Indonesia termasuk di dalamnya propinsi yang baru berdiri yakni Kalimantan Utara. Acara dibuka oleh Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Bapak Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA yang didahului dengan tarian penyambutan tamu khas Palembang. Penyerahan piala kejuaran sebelumnya oleh DKI Jakarta kepada Direktur PSMK menjadi bentuk ceremonial penemuan juara baru Lomba Komptensi Siswa (LKS) 2014. Turut memeriahkan acara sebagai MC yakni Indra Bekti dan hiburan lagu-lagu khas Palembang lainnya

Lomba Kompetensi yang dilaksanakan mulai 19 – 23 Agustus 2014 di Jakabaring, Palembang meliputi 52 bidang lomba diantaranya seperti Fishery, CNC Milling, Animal Husbandary dan seterusnya. Pada kesempatan kali ini DKI Jakarta meraih juara umum kembali pada Lomba Kompetensi Siswa  (LKS) ke-22. 13 emas 11 perak dan 6 perunggu berhasil di raih oleh DKI Jakarta dengan perolehan 13 emas dalam bidang lomba farmasi, CNC Milling, carpentery/cabinet making, wall and floor tiling, confectionery/pastry cook, cooking, ladies dress making, beauty therapy (skincare), hotel accommodation, tourist industry/UJP, secretary, marketing, dan nautical. Juara kedua disusul Jawa Tengah dengan perolehan medali sebanyak 11 emas, 6 perak, dan 7 perunggu. Peringkat 3 disusul oleh Jawa Timur dengan 8 emas, 8 perak, dan 5 perunggu.

31 Propinsi lainnya berturut-turut yang memperoleh peringkat yakni Jawa Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Banten, Kalimantan Barat, Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Gorontalo, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, Papua, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Kalimantan Utara. Kegiatan   ditutup oleh Wakil Menteri bidang Pendidikan Prof. Dr. Musliar Kasim. Semaraknya acara ini  dimeriahkan oleh group band ternama The Titan membuat siswa siswi SMK yang bertarung sebelumnya dalam kegiatan Lomba Kompetensi Siswa(LKS) menjadi relaks kembali.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ini merupakan lomba yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seperti salah satunya Competitor yang mengikuti lomba Confectionery/Pastry mengatakan bahwa dalam melakukan persiapan sebelum maju ke nasional membutuhkan waktu 2 bulan dengan kerja keras dan tentunya seleksi yang ketat dimulai dari sekolah hingga tingkat Propinsi hingga sampai ke Nasional. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ini tentunya tidak hanya selesai sampai tingkat nasional karena pada tahun 2015, 22 bidang lomba yang sudah dilombakan dari total 52 bidang lomba akan melaju ke ajang bergengsi dunia yakni World skills 2015 di Saopaolo Brazil, Amerika Selatan (nts).

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG