Berita

Instruktur Nasional Guru SMA/SMK Mapel Biologi dari SMAN 4 Denpasar Kota Denpasar, Bali raih predikat terbaik.

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 29 September 2014 Last Updated on Monday, 29 September 2014 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang, Minggu, 28/09/2014 di Aula Mitreka Satata, Diklat Instruktur Nasional  (IN) Guru SMA/K Mapel Fisika, Biologi dan Kimia secara resmi  ditutup  oleh Kabid. Fasningkom Bp. Sugiarta, MM, dalam pengarahannya  beliau berpesan  agar  peserta yang telah memenuhi persyaratan/kriteria kelulusan Diklat IN, bersedia untuk menjadi   pengajar  

dan  tidak mencari-cari alasan untuk tidak mau, sebab Kemendikbud khususnya Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP)  tengah menjaring Narasumber dan Instruktur Nasional guna mendukung pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun anggaran 2014 ini. Untuk itu, BPSDMPK dan PMP menetapkan  sistem dan mekanisme rekrutmen Instruktur Nasional, sedangkan penetapan akhir kriteria dan mekanisme rekrutmen Narasumber dilakukan oleh dua instansi di bawahnya yaitu Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik) dan Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik).Keikutsertaan sebagai Instruktur nasional sudah berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

Pada angkatan kali ini terdapat 6 kelas meliputi 2 kelas mapel Fisika, 2 kelas Biologi dan 2 kelas mapel Kimia. Total keseluruhan 215 peserta hadir dari 249 peserta yang direncanakan, dan prosentase kelulusan mencapai 100%. Prosentase kenaikan tertinggi nilai rata-rata tiap kelas diraih IN GURU SMA/SMK MAPEL BIOLOGI - A (KLS C) dengan kenaikan pretest ke Post test mencapai 44.

Dalam penutupan acara diberikan piagam penghargaan pada peringkat 3 besar terbaik tiap kelas, untuk IN GURU SMA/SMK MAPEL BIOLOGI - B (KLS D) Drs. Anak Agung Ketut Sujana dari SMAN 4 Denpasar Kota Denpasar, Bali dengan nilai 92.9, I Gede Eka Mahendra, S.Pd., M.Pd. SMAN 1 Kuta Kab. Badung, Bali nilai 90,3 dan Mariam M.Huki Lena, S.Pd. SMAN 3 Kupang Kota Kupang, NTT nilai 90.

IN GURU SMA/SMK MAPEL BIOLOGI - A (KLS C) diraih Drs. Eko Boedi Takarijanto, M.Pd.SMAN 1 Kedungwaru Kab. Tulungagung, Jatim nilai 87.7, sedang Mohammad Ikhsan, S.Pd., M.Pd.nilai 86.3 dari SMAN 1 Prajekan Kab. Lamongan, Jatim dan Darwati, S.Pd., S.ST., M.Si.dari SMAN 1 Gresik Kab. Gresik, Jatim dengan nilai 86.2.

Peraih Nilai terbaik 3 besar untuk  IN GURU SMA/SMK MAPEL FISIKA - A (KLS A) diraih Muhammad Lutfi Helmi, M.Pd. dari SMAN Plus Sukowono Kab. Jember, Jatim nilai 80.5, sedang Welly Indrayanto, M.Pd.SMAN 1 Sumenep Kab. Sumenep, Jatim nilai 80.3 dan Drs. Agus Srianto Efendy SMAN 1 Bangkalan Kab. Bangkalan, Jatim mendapat nilai 78.9.

IN GURU SMA/SMK MAPEL FISIKA - B (KLS B) diraih Hilmi Setia Hati dari SMAN 2 Selong Kab. Lombok Timur, NTB  raih nilai 83.3, sedang Ujang Fahmi Abdillah SMAN 03 Jember Kab. Jember, Jatim raih 82.9 dan I Gusti Ngurah Dwija Putra, S.Pd. SMAN 3 Amlapura Kab. Karang Asem, Bali mendapat nilai 82.4.

Nilai 3 besar terbaik IN GURU SMA/SMK MAPEL KIMIA - A (KLS E) diraih Lilik Muallifah, M.Pd.SMAN 1 Kandangan Kab. Kediri, Jatim nilai 85.5, sedang Akh. Faisol, S.Pd., M.M. dari SMAN 2 Sampang Kab. Sampang, Jatim nilai 84.2 dan Ludie Kurnia Hartono, S.Pd., M.Ed. SMAN 2 Kediri Kota Kediri, Jatim dengan nilai 84.1.

Sedang untuk 3 besar terbaik lainnya IN GURU SMA/SMK MAPEL KIMIA - B (KLS F) diperoleh I Putu Sudibawa dari SMAN 1 Sideman Kab. Karang Asem, Bali nilai 89.9, peringkat kedua Drs. I Dewa Gede Wijaya, M.Pd.SMAN 1 Tabanan Kab. Tabanan, Bali nilai 88.5 dan peringkat ke 3 diraih Drs. I Ketut Reta, M.Pd. SMAN 1 Gianyar Kab. Gianyar, Bali nilai 87.8.

Akhir diklat disampaikan hasil evaluasi pelatihan  meliputi penyelenggaraan dengan rata-rata 86.3 predikat baik sekali, sedang untuk  evaluasi fasilitator raih 89,3 predikat baik sekali, dan beberapa saran yang baik dalam kegiatan pembelajaran diantaranya media pembelajaran diperbanyak dan ditingkatkan, ada penjelasan gambaran umum sebelum pemaparan materi dan pemaparan materi lebih banyak menggunakan contoh.Secara keseluruhan pelaksanaan diklat berjalan baik dan lancar.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG