Berita

TRAINING CENTER WORLDSKILLS MENUJU AJANG LOMBA INTERNASIONAL SAO PAULO 2015

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 15 December 2014 Last Updated on Tuesday, 23 December 2014 Published Date Written by TS

Worldskills International Competition merupakan lomba keterampilan bertaraf internasional yang diikuti 47 Negara. Workdskills merupakan ajang bergengsi dimana Indonesia setiap dua tahunnya dari Tahun 2005 sampai 2013 mengirimkan delegasinya untuk berpartisipasi dan berkompetisi.

Untuk tahun ini jumlah lomba yang yang akan dikirim oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjumlah 25 bidang lomba. Sao Paulo Brazil dipilih menjadi host untuk Worldskills International Competition tahun 2015

Dalam rangka menambah kemampuan competitor yang lolos seleksi, maka Dit PSMK bekerjasama dengan PPPPTK BOE Malang menyiapkan Training Center sejumlah 14 TC yang disesuaikan dengan Bidang Lomba masing-masing. 14 Training Center tersebut adalah PPPPTK BOE Malang, Balai Besar Latihan Kerja Industri Serang, Panasonic, PT. Denso, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, PPPPTK Seni dan Budaya, PIKA-Semarang (Pusat Pengembangan dan Pelatihan Industri Kayu), Hope Taylor Bandung, Mustika Ratu, Puspita Martha, PT. TMMIN (Toyota Motor Manufacturing), dan PT. Astra Daihatsu Motor. Jumlah Expert yang akan membantu competitor dalam pelatihan berjumlah 25 experts yang merupakan ahli dibidangnya.

Salah satu bidang lomba yang akan di kompetisikan dalam ajang WorldSkills adalah Prototype Modelling. Bidang lomba ini ditangani oleh PT. TMMIN (Toyota Motor Manufacturing) sebagai tempat Training Center yang berlokasi di Sunter Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tim P4TK BOE berkunjung ke lokasi pelatihan untuk bisa melihat proses pelatihan. Rifky Yanto merupakan competitor yang lolos untuk bisa berlomba di ajang kejuaraan WSC Sao Paulo 2015 di Brazil. Rifky Yanto merupakan salah satu fresh graduate dari SMK yang merupakan pegawai dari PT. TMMIN. Setelah melakukan proses seleksi yang panjang didapati Rifky Yanto mampu mengalahkan fresh graduate PT.TMMIN yang lain untuk lanjut ke kompetisi Sao Paulo Brazil 2015. 

Dalam berlatih pula Rifky Yanto didukung dengan peralatan yang sangat memadai. Ruang pelatihan didesain sesuai dengan bentuk ruangan di lokasi perlombaan. Di sisi depan dari ruang pelatihan ada ruang khusus untuk pendalaman materi competitor dengan bentuk classroom. Competitor diharuskan mengikuti praktek dan pendalaman materi selama pelatihan. Kombinasi pelatihan yang baik dan terukur membawa Bapak Agung Satriawan sebagai experts dari tahun 2007 sampai 2013 mendapatkan peringkat pertama expert yang bekerja dengan baik dilihat dari hasil perolehan medali (TS).

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG