Berita

5 Langkah Mudah Pengisian E-Filling (SPT Tahunan) di PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 26 March 2015 Last Updated on Thursday, 26 March 2015 Published Date Written by Super User

(25/3) Menyambut ‘gawe besar’ Direktorat Jenderal Pajak (DJP), yaitu pelaporan SPT Tahunan,

serta untuk mensosialisasikan peraturan perpajakan yang baru kepada masyarakat, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang mengadakan kegiatan “Sosialisasi e-Filing untuk PNS PPPPTK BOE Malang” yang dipandegani unit kepegawaian Rabu, 25 Maret 2015

Acara yang dibagi dalam  dua tahap ini diikuti sekitar 250 PNS PPPPTK BOE Malang bertempat di Ruang SGB Arjuna, PPPPTK BOE Malang, Jl Teluk Mandar. Turut hadir dalam kesempatan ini Kabid Prog.Info Dr. Kasiman serta Kabag. Umum  Drs. Suprayitno beserta segenap jajaran manajemen PPPPTK BOE Malang dan dari pihak narasumber dihadiri oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi beserta Tim Sosialisasi KPP Pratama Malang.

Tahap pertama dimulai Pukul 08.00 – 10.30, dibuka dengan pemberian sambutan Kabid Prog. Info PPPPTK BOE.sedangkan tahap kedua sambutan disampaikan Kabag Umum. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari KPP Pratama Malang yaitu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi. Dalam paparannya beliau menyatakan hanya perlu lima langkah dalam pengisian e-filling. “dua langkah pertama hanya dilakukan pada awal pendaftaran” ujarnya.

Selain memaparkan materi mengenai kewajiban perpajakan bendahara pemerintah, desain baru formulir SPT Tahunan PPh OP 1770 S dan 1770 SS, SKB PPh Pasal 21, 22 dan 23, e-filing sebagai media pelaporan SPT Tahunan, narasumber juga menyampaikan tata cara penghitungan dan pengisian bukti potong PPh 1721 A2. Hal ini mengingat 1721 A2 merupakan bukti pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 bagi pegawai negeri sipil, anggota TNI/POLRI, pejabat negara, dan pensiunannya yang akan digunakan untuk pengisian SPT Tahunan. Sehingga, akurat atau tidaknya bukti potong PPh 1721 A2 akan menentukan akurat atau tidaknya isi SPT Tahunan yang akan dilaporkan.

Sosialisasi SPT menggunakan E-Filling hari ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi peserta khususnya para karyawan dan widyaiswara PPPPTK BOE Malang untuk mengetahui secara detail apa yang di maksud dengan E-FILLING tanpa harus repot dan mengantri berjam-jam dikantor pajak. Diharapkan pengisian e-Filling selesai pada tanggal 31 maret 2015. “Denda akan kami berlakukan apabila tidak menyampikan (SPT) sampai pada tanggal 31 maret 2015 pukul 23.59” tandas Kepala Seksi Pengawasan KPP Pratama Malang."Penyampaian SPT tahun ini agak berbeda khususnya  suami istri yang sama-sama bekerja, pilih MT, untuk yang suami atau istri saja yang bekerja pilih KK, tentunya dengan penghasilan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku" Fuadi menambahkan

Peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini. Beberapa kali para peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. Selain didukung materi-materi yang menarik, kecakapan  narasumber juga menjadi daya tarik dalam acara ini. Setelah beberapa jam berlangsung, sosialisasi ini ditutup pada pukul 12.00 oleh panitia. (MJD/HMY)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG