Berita

SOSIALISASI BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PPPPTK BOE MALAN

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 06 May 2015 Last Updated on Monday, 11 May 2015 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang menggelar acara bertajuk Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)  dilaksanakan Kamis, 30 April 2015

di Aula Mitreka Satata PPPPTK BOE Malang. Dalam acara tersebut hadir seluruh pegawai potensial pengelolaan BLU yaitu seluruh widyaiswara, manajemen, bagian perencanaan dan anggaran serta perwakilan staf terkait di PPPPTK BOE Malang.

Acara dibuka oleh Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang, Bapak Suwarno. Bapak Suwarno menyampaikan gambaran umum kegiatan di PPPPTK BOE Malang. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa payung hukum kegiatan di luar tupoksi sudah ada sampai tahun 2005. “Tahun 2005 ada pergantian dari Dikdasmen menjadi Dirjen PMPTK  sehingga ada beberapa peraturan yang berganti, salah satunya hilangnya payung hukum kegiatan diluar tupoksi” Ujar Suwarno.

“Setiap tahun PPPPTK BOE Malang selalu mengusulkan payung hukum yang baru, namun belum mendapat jawaban” Tambahnya. Sampai tahun 2011 akhirnya mendapat peringatan dari BPK, Projas ditutup sementara terutama di bagian produksi. “Kita harap unit projas apabila bisa dihidupkan lagi digunakan sebagai alat bukan tujuan, alat yang dimaksud sebagai pengembangan SDM, inovasi, keuangan dan program. Rencananya PPPPTK BOE Malang menjadi pilot project BLU untuk lingkup dirjen pendidik dan tenaga kependidikan. Sosialisasi ini dalam rangka untuk menampung aspirasi atau pendapat para pegawai tentang BLU itu sendiri. 

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan presentasi oleh dua  narasumber dari Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU (PPK-BLU), Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Narasumber dan materi yang disampaikan adalah Bapak Zulkifli tentang Kelembagaan dan Penetapan Satker BLU, Implementasi Pola Keuangan BLU, dan Pertanggungjawaban laporan Keuangan BLU.

Acara diakhiri dengan tanya jawab yang mampu menghidupkan suasana di antara seluruh peserta acara, sehingga peserta sosialisasi banyak bertanya terkait pelaksanaan pengelolaan keuangan BLU di unit kerjanya masing-masing. Dari pelaksanaan rakor ini, terdapat beberapa hal yang berhasil dicapai, yaitu adanya kesamaan persepsi bahwa tujuan BLU adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, selama good governance dapat dijaga maka implementasi BLU tidak perlu dikhawatirkan. Acara ini diharapkan dapat menjalin  hubungan kerja formal dan informal yang semakin baik dan pada gilirannya pengelolaan keuangan BLU makin berkualitas.  Bila memungkinkan akan diagendakan kegiatan workshop terlebih dahulu dilingkungan internal" Bp.Suwarno mengahkiri kegiatan tersebut. (Humas)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG