Berita

MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN WIRECAST BAGI GURU SD KOTA MALANG

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 18 June 2015 Last Updated on Friday, 19 June 2015 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang, Seiring dengan kemajuan teknologi pada abad ini, kemajuan di bidang pendidikan pun harus ditingkatkan.

Banyak upaya yang telah dilakukan untuk membuat sistem pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas. Tetapi upaya tersebut kerap kali belum efektif dan kurang memghemat waktu. saat ini masih banyak ditemukan kurang interaktifnya tata cara penyampaian materi oleh guru kepada murid, sehingga membuat murid  tersebut cepat mengalami kejenuhan/kebosanan dalam belajar. Jika sebuah pembelajaran dikemas secara menarik, tentunya akan memudahkan proses belajar bagi para penggunanya. Tentunya cara belajar menggunakan Wirecast merupakan salah satu metoda yang patut untuk diuji cobakan disekolah-sekolah walaupun teknologi ini sudah jauh didepan.

 

Wirecast adalah software yang memungkinkan orang-orang untuk menyiarkan pertunjukan secara live. Wirecast adalah software dimana kita dapat membuat video pembelajaran interaktif di dalamnya. Bahan-bahan pembuatan media yang sudah ada diproses dengan wirecast. Fitur-fitur dapat dipelajari dengan mudah. Presentasi dapat menjadi lebih menarik dengan menggunakan software ini. Diharapkan guru-guru disekolah dapat memanfaatkan software ini maka PPPPTK BOE Malang menjembatani melaksanakan diklat bagi Guru SD kota Malang.

Diklat ini diharapkan menjadi salah satu kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas guru. Peningkatan kualitas guru menjadi salah satu faktor yang penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini adalah salah satu  upaya Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) bagi Guru SD Kota Malang. PPPPTK BOE Malang memfasilitasi  dalam hal sumberdaya manusia, sertifikasi, sarana dan prasaran seperti peralatan yang dibutuhkan; camera beserta peralatan pendukungnya, headphone, blue/green screen bila diperlukan, controller/PC, peralatan kabel pendukung  tidak lupa Software Wirecast serta jaringan internet bila diperlukan untuk live., i. Sedangkan fasilitas lain yang berupa konsumsi, akomodasi dan transportasi menjadi tanggungjawab peserta diklat atau sekolah.

Diklat wirecast yang sudah berjalan adalah sebagai berikut :

NO

JUDUL DIKLAT

JUMLAH PESERTA

TANGGAL PELAKSANAAN

JML JAM

MULAI

SELESAI

1

PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN WIRECAST

29

09-May-15

13-Jun-15

35

2

APLIKASI EDMODO DAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN WIRECAST

32

13-May-15

17-Jun-15

35

3

APLIKASI EDMODO DAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN WIRECAST

31

20-May-15

27-Jun-15

35

 

Selain wirecast PPPPTK BOE Malang menyelenggarakan diklat sebagai berikut :

NO

JUDUL DIKLAT

JUMLAH PESERTA

TANGGAL PELAKSANAAN

JML JAM

MULAI

SELESAI

1

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

26

15-Jun-15

17-Jun-15

30

 

Diklat berjalan dengan lancar, diharapkan semakin banyak guru yang tertarik untuk mengembangkan profesinya secara terus menerus melalui “Diklat Guru Mandiri” yang dilaksanakan di PPPPTK BOE Malang.  Semoga PPPPTK BOE Malang sebagai pusat pengembangan dan pemberdayaan guru semakin dirasakan kehadirannya di Indonesia.(ade/hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG