Berita

Penyusunan Spesifikasi dan Harga Perkiraan Sendiri, Datangkan Narasumber Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 04 September 2015 Last Updated on Friday, 04 September 2015 Published Date Written by Super User

Sebagai salah satu instansi pemerintah yang  sering melaksanakan pengadaan barang/jasa bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

PPPPTK BOE Malang laksanakan Diklat Penyusunan Spesifikasi dan Harga Perkiraan Sendiri, dipandu  2 Narasumber (Dosen) Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta. M.Tabrani Djamar, ST.,M.M dan  Drs. Tedy Tavianto, Amd.Graf.

DIklat dilaksanakan 3 s.d. 5 September 2015, diikuti 20 peserta merupakan pegawai PPPPTK BOE Malang yang terlibat langsung dalam proses pengadaan barang dan jasa. Materi pelatihan  disajikan  30 jam meliputi Pretest dan Building Learning Commitment (BLC), Ketentuan dan Pengertian Spesifikasi dan HPS, Hubungan Total Biaya Kepemilikan dengan HPS, Penyusunan Spesifikasi, Penyusunan HPS, Praktek dan Simulasi dan Test Akhir.

Narasumber dalam keterangannya menjelaskan berbagi hal seperti menentukan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owners Estimate (OE) adalah harga barang dan/atau jasa yang dihitung dan ditetapkan secara keahlian dan berdasarkan data (survei) yang dapat dipertanggung jawabkan. Nilai total HPS bersifat terbuka dan bukan rahasia kecuali rincian HPS per item kegiatan/pekerjaan. Riwayat HPS harus didokumentasikan secara baik dengan memperhitungkan keuntungan dan biaya overhead yang dianggap wajar.  HPS ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“ Namun demikian bila PPK tidak memiliki kecakapan atau kompeten, atau tidak memiliki waktu dalam penyusunan HPS maka dapat meminta bantuan/jasa dari konsultan untuk membuatkan/menyusun HPS” jelas M.Tabrani Djamar, ST.,M.M
 

Hasil diklat diharapkan semua peserta mampu menyusun spesifikasi dan HPS bidang percetakan sesuai peraturan yang berlaku. (Selamat dan sukses…mengimplementasikan dalam tugas…). (ade/hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG