Berita

Widyaiswara PPPPTK BOE Perdalam Ilmu Tematik di PPPPTK IPA Bandung

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 15 December 2015 Last Updated on Tuesday, 15 December 2015 Published Date Written by Super User

Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik

dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.

Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran Berpusat pada peserta didik, Bersifat fleksibel, Pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik, Menggunakan prinsip belajar yang menyenangkan, Pembelajaran peserta didik aktif.

Selasa, 8 s.d 13/12/2015,  19 Widyaiswara PPPPTK BOE Malang perdalam TOT Tematik di PPPPTK  IPA Bandung, Dalam kegiatan tersebut 1 hari peserta  melakukan study banding di SD Gentra Masedah Bandung.

Narasumber  Kepala sekolah SDN di wilayah Bandung dengan 2 pengajar  dari PPPPTK IPA Bandung, Banyak hal menarik yang diperoleh ketika para Widyaiswara (WI) PPPPTK BOE Malang melakukan pengamatan dari kelas 1, 3 dan kelas 5.Hasil  pengamatan di kelas para peserta melakukan diskusi perencanaan termatik dengan para guru.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut melalui beragam pendekatan diantaranya saintifik, agar pendidik dapat menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan karakteristik anak usia SD. Widyaiswara/Instruktur atau guru dalam Pembelajaran Tematik sebagai fasilitator, pelatih, penasehat dan perantara untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, kreasi dan inovasi dari siswa.

Pembelajaran tematik terpadu dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai model pembelajaran. Secara pedagogis pembelajaran tematik berdasarkan pada eksplorasi terhadap pengetahuan dan nilai-nilai yang dibelajarkan melalui tema sehingga peserta didik memiliki pemahaman yang utuh. Peserta didik diposisikan sebagai pengeksplorasi sehingga mampu menemukan hubungan-hubungan dan pola-pola yang ada di dunia nyata dalam konteks yang relevan. Pembelajaran tematik dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai kemampuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh melalui proses pembelajaran tematik terpadu ke dalam konteks dunia nyata yang di bawa kedalam proses pembelajaran secara kreatif.

Dalam dunia pendidikan pada umumnya dan dalam pembelajaran pada khususnya, keteladanan sangat diperlukan dan memiliki makna yang sangat tinggi. Keberhasilan pada dunia pendidikan, khususnya keberhasilan pembelajaran yang dilakukan seorang guru salah satunya juga ditentukan oleh seberapa besar keteladanan yang diberikan pendidik dan tenaga kependidikan. (hmy)

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG