Berita

PNS Siap-siap Terima Sanksi Jika SKP Tak Tercapai

Print
Category: BERITA
Created on Saturday, 05 March 2016 Last Updated on Sunday, 06 March 2016 Published Date Written by Super User

Sabtu,5/02/2016 pk.07.00 WIB, di Aula Mitreka Satata PPPPTK BOE Malang, berlangsung sosialisasi Pelatihan e-SKP online

dibuka secara resmi oleh  Bp.Dr. Sumarno (Kepala Pusat ), Dalam sambutan pengarahan dihadapan 140 perwakilan pegawai (Widyaiswara, Struktural dan Fungsional tertentu) di unit kerja dilingkungan  PPPPTK BOE Malang, bahwa setiap pegawai akan memiliki kontrak kerja setiap tahunnya, melalui pengisian e-SKP. Jadi masing-masing pegawai memiliki target pekerjaan yang jelas selama satu tahun untuk di selesaikan.

SKP adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Penilaian SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara realisasi kerja dengan target dari aspek kuantitas, kualitas, waktu dan/atau biaya.

“ Penilaian prestasi kerja dilakukan dengan cara menggabungkan 60% Penilaian SKP dan 40% Penilaian Perilaku Kerja. Penilaian perilaku kerja dilakukan dengan cara pengamatan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan”Ujar Bp Dr Sumarno menegaskan.

Pengisian e-SKP online dilaporkan dan dibawah koordinasi langsung Kasubbag. Tatalasana & Kepegawaian Bp. Drs.Sukirman, SST, MT dan dipaparkan oleh narasumber dari biro Kepegawaian Jakarta, Mas Rifki, masih muda dan energik, yang merupakan pengembang aplikasi e-skp.

Bp.Sukirman dalam penyampaian laporan menjelaskan bahwa sosialisasi pengisian sasaran kinerja pegawai diadakan sebagai tindak lanjut dari program pemerintah pusat, yaitu  reformasi birokrasi. Selain itu pengisian secara online dijadikan tolak ukur bagi setiap pegawai untuk meneriman tunjangan kinerja pegawai dan tujuan pengisian e-SKP ini diantaranya untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam melaksanakan tugasnya.

“ Diharapkan dengan program pengisian e-SKP secara online ini dapat mempermudah kerja para PNS baik pusat maupun daerah dan terlaksananya reformasi birokrasi.”Pak Sukirman menegaskan.

Dalam teknis paparannya, Mas Rifki menjelaskan Kebijakan pemerintah tentang penilaian Prestasi kerja PNS (PP46/2011 & Perka BKN 1/2013 jenjang Karier PNS, Teknis Penyusunan e-SKP, Teknis Penilaian e -SKP, Teknis Penilaian Perilaku Kerja, Bagaimana menentukan target kuantitas dalam pekerjaan yang tidak bisa diprediksi atau output dari orang lain?, menilai kualitas dalam suatu pekerjaan / kegiatan, menyusun SKP untuk jabatan fungsional umum, dan Fungsional tertentu. “ Setiap pegawai bisa mengisi SKP melalui situs www.skp.sdm.kemdikbud.go.id. dengan login dan password yang ada”ujarnya. “ setiap pegawai harus sudah terdaftar di kepegawaian pusat dan sudah diberi password ke masing-masing pegawai agar bisa masuk dan mengisi SKP” Rifki menambahkan.

Beberapa pertanyaan silih berganti dari para Widyaiswara cukup banyak warnai suasana pengisian e-SKP, diantaranya jenjang jabatan Widyaiswara Madya yang belum terakomodir dalam aplikasi e-SKP,“input bapak dan Ibu widyaiswara PPPPTK BOE Malang dan seluruh UPT di lingkungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan ini akan menjadi perbaikan aplikasi e-SKP dan sudah dibicarakan di biro kepegawaian, “tentunya format e-SKP ini masih banyak kekurangannya, terimakasih atas koreksinya sebagai bahan masukan kami,” Kata Rifki. Garis besarnya pengisian e-SKP kali ini, berbeda dengan  sebelumnya yang harus mengupload bukti-bukti phisik ke server pusat, namun cukup memasukkan uraian pekerjaan yang dilakukan setiap bulan dan cukup ditunnjukan ke atasan sebagai bukti pegawai telah melaksanakan tugas. 

Suasana menjadi hangat dan dinamis saling diskusi dan argumentasi, sehangat kopi dan makan siang, yang siap dinikmati bersama kudapan ala kadarnya, sudah disiapkan panitia. Hingga sore hari, kegiatan berjalan lancar dan baik ditutup oleh Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG