Berita

KERIS

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 15 March 2016 Last Updated on Tuesday, 15 March 2016 Published Date Written by Super User

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit.

Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan,[1] sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.

Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.[2]

 

 

Keris Berdiri Tanpa Sandaran Warangka dikenal dengan keris berdiri sendiri. Jika dipikir secara logika mana ada keris berdiri sendiri! :D  Keris berdiri tentunya ada yang mendirikannya, baik itu anda sebagai pemiliknya atau bangsa jin/khodam yang menghuni keris tersebut.
Keris Berdiri Tanpa Sandaran Warangka atau keris berdiri tanpa bersadar dengan warangka kerisnya yang dikenal dengan keris berdiri ada 3 macam golongan.
1. Keris Berdiri Unsur Magis: Keris ini tentu terkait adanya peranan jin atau khodam penghuninya, sehingga keris begitu dicabut dari warangkanya ditaruh dan diperitahkan tuannya akan segera berdiri. Keris tipe ini tergolong sangat langka, dari pengalaman yang saya lihat dan saya tanyakan pada pemiliknya keris ini memang dihuni golongan jin dan setiap setahun sekali minta diberikan darah ayam cemani katanya. Keris yang berdiri di dorong biar jatuh ternyata hanya miring dan setelah didiamkan berdiri tegak kembali, sungguh ajaib dan diluar akal logika.
2. Keris Berdiri Unsur Magic atau Sulap: Keris ini tentunya adanya unsur permainan sulap, bahkan keris tipe ini hampir sama dengan tipe diatas, namun menggunakan trik yang luar biasa. Keris berdiri dengan trik ini cukup melakukan seting menggunakan beberapa alat seperti ITR yaitu benang yang lembut untuk mengikatnya agar bisa berdiri diatas media apapun baik kaca,keramik, dsb. Namun ada juga yang menggunakan medan magnet agar keris bisa berdiri. Banyak trik yang digunakan pada unsur sulap ini untuk membuat keris berdiri bahkan bisa terbang atau menari-nari sesuai perintah sang pesulap.
3. Keris Berdiri Unsur Keseimbangan Material: Keris ini termasuk sebuah maha karya seni tinggi karena pembuatan keris materialnya benar-benar diperhatikan titik keseimbangannya. Keris jenis ini termasuk kategori keris ageman. Keris berdiri jenis ini ada dua tipe yang bisa dijumpai. Antara lain:
a. Keris yang berdiri bersandar dekat pada warangkanya. Keris ini mutlak karena unsur keseimbangan dan banyak dijumpai pada setiap keris ageman. Dengan ketelatenan/ketekunan, kesabaran, jika anda latih asal ketenangan batin anda mampu maka keris bisa anda dirikan dekat warangkanya.
b. Keris yang berdiri tanpa bersandar pada warangkanya. Keris ini juga mutlak unsur keseimbangan, keris tipe ini ada yang berdiri tegak didikan faktor keseimbangan peksinya (peksi tentu tumpul dan rata., ada juga keris yang berdiri tegak didirikan faktor keseimbangan pada ujungnya(ujung lancipnya). Keris berdiri ini ada yang memiliki satu kelebihan tersebut dan ada yang memiliki kedua kelebihan tersebut. Berminat dengan keris ini bisa hubungi saya via email jika anda berkeinginan untuk memilikinya.

Keris Berdiri Tanpa Sandaran Warangka bisa didirikan diatas kaca,keramik pada lantai, dsb. Keris berdiri ini tidak ada unsur dan trik/rekayasa bahkan tidak ada unsur jin/khodam. Mahar logis tidak ratusan juta bahkan sampai milyaran. saya rasa mahar jutaan (5jt-10jt)cukup terjangkau oleh siapapun anda jika mau memiliki koleksi Keris Berdiri. Berminat untuk meminang sebagai koleksi 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG