Berita

Ramadhan 1437 H Dimaknai Menunjukkan Prestasi Kinerja dan Kesalehan Individual Serta Sosial Dalam Menuai Derajat Takwa

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 14 June 2016 Last Updated on Thursday, 16 June 2016 Published Date Written by Super User

 Awal ditetapkannya bulan suci Ramadhann 1437 H,6/06/2016, oleh Pemerintah (Kementerian Agama RI)

mendorong Pengurus Forum Aktifitas Islam PPPPTK BOE Malang dengan mengagendakan beberapa kegiatan untuk menghidupkan syiar islam dan peduli pada sesama. Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari para pegawai dilingkungan institusi.

Selain itu, Ramadhan juga berarti ‘mengasah’ karena masyarakat Jahiliyah pada bulan itu mengasah alat-alat perang (pedang, golok, dan sebagainya) untuk menghadapi perang pada bulan berikutnya. Dengan demikian, Ramadhan dapat dimaknai sebagai bulan untuk ‘mengasah’ jiwa, ‘mengasah’ ketajaman pikiran dan kejernihan hati, sehingga dapat ‘membakar’ sifat-sifat tercela dan ‘lemak-lemak dosa’ yang ada dalam diri kita.

Kegiatan di bulan suci Ramadhan 1437 H, seakan menjadi ritual wajib seluruh umat islam, diisi dengan beberapa agenda kegiatan positif ,buka puasa bersama yang dapat diikuti oleh umum , shalat tarawih, tadaus Alquran, khultum dzuhur dengan para ustad dilingkungan internal, pondok romadhlon, peringatan nuzulul quran, Zakat,infaq, Shodaqoh yang akan disalurkan sesuai tutunan syariah, Diklat pengurusan jenasah, shalat Id dilapangan depan institusi, dan sebagai akhir ramadhan diinstitusi digelar Halal-bihalal yang diikuti seluruh pegawai secara langsung pada saat presensi pagi.

Jadi, Ramadhan adalah bulan yang sangat sarat makna yang kesemuanya bermuara kepada kemenangan, yaitu: kemenangan Muslim yang berpuasa dalam melawan hawa nafsu, egositas, keserakahan, dan ketidakjujuran. Sebagai bulan jihad, Ramadhan harus dimaknai dengan menunjukkan prestasi kinerja, kesalehan individual serta sosial dan momentum menuai derajat takwa.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG